Trik Mudah Menghitung Dana Darurat

Trik-Mudah-Menghitung-Dana-Darurat

Seperti yang kita tahu, dana darurat merupakan pos keuangan penting yang tidak dapat ditawar-tawar lagi keberadaannya. Dana ini semacam pertolongan pertama jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan terhadap keuangan kita. Misalnya saja jika suatu hari membutuhkan perawatan rumah sakit, persalinan, biaya pendidikan tak terduga, dan banyak lagi.

“Lantas berapa jumlah dana darurat yang harus dipenuhi?”

Jawaban atas pertanyaan ini cukup variatif, tergantung parameter apa yang menjadi patokan. Namun kali ini kita akan membahas besaran dana darurat yang harus disediakan berdasar beban finansial.

  1. Single dan belum memiliki tanggungan

Jika #TemanSyariah adalah single happy yang belum memiliki tanggungan, idealnya jumlah dana darurat jumlahnya 6 kali pengeluaran bulanan.

  1. Menikah dan belum ada kehadiran buah hati

Pada tahap ini, jumlah dana darurat adalah 9 kali dari total pengeluaran tiap bulannya. Kalau dana darurat sudah tercukupi, tak perlu terlalu worry pada kondisi keuangan yang tak pasti bersama pasangan.

  1. Menikah dan telah memiliki keturunan

Ini merupakan life stage dengan alokasi dana darurat terbesar. Belum lagi jika jumlah buah hati lebih dari satu. Maka, agar mampu menghadapi rintangan keuangan kedepan, ada baiknya dana darurat yang disiapkan 12 kali dari total pengeluaran per bulan.

Jumlah dana darurat akan semakin besar pada tiap tahapannya. Semakin banyak anggota keluarga yang menjadi tanggungan, maka semakin besar pula nominal dana darurat yang harus dipenuhi. Apalagi sembari menafkahi keluarga inti, juga mencukupi kebutuhan orang tua. Wah, makin banyak lagi nih dana darurat yang diperlukan.

Karena jumlah dana yang tidak sedikit, maka kamu harus mengumpulkan dana secara rutin pada rekening khusus dan pantang digunakan kecuali dalam kondisi sangat mendesak.

Nah, agar dana darurat segera terkumpul, kita juga bisa memproduktifkan aset menggunakan uang dingin setiap bulannya. Tak hanya sekedar terkumpul saja, namun harus dipastikan dari sumber yang sesuai prinsip syariah, agar aset berkah, hati juga tentram.

Salah satu caranya, kamu bisa memproduktifkan aset di danasyariah.id. Dengan imbal hasil setara 15-20%, insyaAllah dana darurat akan cepat terkumpul dan #TemanSyariah tak perlu terlalu khawatir dirundung ketidakpastian di masa depan. Yuk, bergabung dengan ratusan ribu pendana halal lainnya!

Leave a Reply