5 Tanda #TemanSyariah sudah Siap Beli Rumah

5 Tanda#temansyariah

Semakin hari, semakin bertambah kompleks pula kebutuhan hidup kita. Misalnya saja, pada masa PSBB ini, keterbutuhan gadget tadinya hanya digunakan untuk hiburan semata, kini dapat dioptimalkan untuk mendukung pekerjaan daring yang setiap hari menanti di balik layar.

Membeli hunian juga merupakan satu dari sekian prioritas yang tadinya nomor sekian dalam hidup. Namun, seiring dengan kebutuhan akan tempat tinggal di usia-usia tertentu beli rumah bukan lagi impian yang tidak bisa direalisasikan.

Coba, cek daftar berikut! Makin banyak tanda ini ada di kamu, artinya kamu sudah siap untuk beli rumah perdana.

  1. Tidak perlu karir yang terlalu cerah, gemilang, dan berkilau. Asal tabunganmu sudah berada di angka aman untuk membayar DP rumah, kamu sudah dinyatakan siap punya hunian. Biasanya, DP rumah memiliki persentase 20% dari keseluruhan harga rumah. Jadi, semisal kamu ingin beli rumah di harga 300 juta, maka DP rumah yang wajib kamu miliki yakni sebesar 60 juta rupiah.
  2. Punya dana darurat. Jangan sampai anganmu untuk beli rumah melupakan pengamananmu terhadap masa depan diri sendiri. Punya dana darurat dengan nilai 4-12 kali pendapatan bulananmu dimaksudkan supaya tetap punya cadangan dana untuk menghadapi kondisi tak terduga. 
  3. Bebas dari hutang atau minimal sudah tidak ada hutang senilai lebih dari 90% pemasukanmu 12 bulan terakhir. Kalau masih ada hutang, fokuskan bayar hutang dulu sembari menabung DP. Karena, beli rumah itu bukan kewajiban, tapi melunasi hutang hukumnya harus. Hehe. 
  4. Sudah mantap memilih pengembang terpercaya atau KPR Syariah yang aman dan terjamin. Sebelum memutuskan beli rumah, lakukan riset secara mendalam sambil menganalisis kondisi keuangan kita. Mau beli rumah secara cash? Lokasinya dimana? Pakai pengembang atau mandiri? Atau mau coba KPR Syariah yang kredibel dengan angsuran yang tidak memberatkan?
  5. Tidak sedang mencicil hal lain. Kalau membeli rumah adalah sebuah prioritas utama, maka ada baiknya bila tidak dibarengi dengan hal-hal lain yang bisa membagi fokus kita. Karena, selain menambah beban keuangan, punya cicilan lain bisa memperburuk kondisi keuangan, lho! Ujung-ujungnya nanti malah hutang. No, jangan sampai! 

Gimana? Sudah berapa nomer yang rasanya #TemanSyariah banget? Yuk, wujudkan istana surga dengan upaya optimal kita. Ikhtiar terbaik selalu mengiringi hasil terbaik, bukan?

Ajukan pembiayaan rumah melalui Dana rumah di Dana Syariah!

Leave a Reply