10 Skills yang Dibutuhkan dalam 10 Tahun ke Depan

Perkembangan teknologi dan perubahan dinamika di lingkungan kerja membuat keterampilan yang dibutuhkan oleh industri di masa depan berbeda dengan saat ini. Dengan memahami keterampilan apa saja yang dibutuhkan dan akan relevan setidaknya dalam 10 tahun ke depan sangat penting. Tujuannya tak lain agar generasi saat ini mampu mempersiapkan diri untuk bersaing di pasar kerja yang makin kompetitif.

10 Skills yang Dibutuhkan dalam 10 Tahun ke Depan

Skills

Melansir majalah Forbes, berikut ini adalah sepuluh keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

1. Literasi data

Di era digital seperti sekarang, data merupakan salah satu aset paling berharga, termasuk bagi perusahaan. Literasi data dapat dijelaskan sebagai kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan segala bentuk data secara efektif. Hal ini juga termasuk kemampuan untuk mengakses data yang dibutuhkan, menafsirkan informasi dari data, dan menyampaikan temuan berbasis data kepada orang lain.

Di masa yang akan datang, makin banyak keputusan dalam bisnis yang harus didasarkan pada analisis data. Oleh sebab itu, kemampuan literasi data sangat penting. Di samping itu, literasi data juga mencakup kemampuan pemahaman tentang integritas sekaligus validitas data. Hal ini memungkinkan individu untuk bisa mengevaluasi kualitas data sebelum menggunakannya dalam proses pengambilan keputusan.

2. Literasi digital

Seiring dengan makin meningkatnya penggunaan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan manusia, literasi digital menjadi salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh orang-orang yang masih produktif. Apa yang dimaksud dengan literasi digital di sini adalah kemampuan untuk menggunakan perangkat teknologi, perangkat lunak, dan aplikasi dengan aman dan percaya diri.

Orang yang memiliki literasi digital yang baik mampu melakukan komunikasi dan kolaborasi dengan mudah menggunakan alat digital serta rutin mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Literasi digital juga mencakup pemahaman terkait keamanan siber, etika digital, serta kemampuan untuk menyelesaikan masalah-masalah teknis yang kemungkinan dapat timbul.

3. Critical thinking

Kemampuan untuk berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang sangat diperlukan di dunia kerja seperti sekarang yang relatif penuh dengan informasi. Melansir laman DJKN Kemenkeu, critical thinking atau berpikir kritis merupakan kemampuan untuk berpikir secara jernih dan rasional tentang apa yang harus dikerjakan atau apa yang ingin diyakini sebagai suatu kebenaran.

Dengan memiliki kemampuan berpikir kritis, seseorang bisa mengevaluasi setiap validitas informasi, membedakan mana fakta dan opini, serta mengambil keputusan yang lebih bijak. Keterampilan ini sangat penting dalam menghadapi tantangan yang kompleks dan situasi yang tidak dapat dipastikan. Sebab, hal ini memungkinkan individu untuk membuat penilaian yang bijak berdasarkan logika.

4. Kreativitas

Kreativitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan ide-ide segar dan inovatif. Di masa sekarang dan bahkan hingga masa depan nanti, keterampilan ini akan sangat dibutuhkan karena banyak pekerjaan manual akan diambil alih oleh mesin, seperti AI.

Kemampuan untuk berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan menghasilkan solusi yang bisa dibilang out-of-the-box serta humanis akan sangat berharga di tempat kerja. Sebab, mesin seperti AI tidak bisa sekreatif manusia mengingat AI juga diciptakan oleh manusia.

Kreativitas dalam hal ini mencakup kemampuan untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, membayangkan kemungkinan-kemungkinan baru, dan mengaplikasikan ide-ide baru dalam tindakan nyata. Keterampilan ini pada akhirnya akan membantu individu maupun organisasi untuk terus beradaptasi dan berkembang.

5. Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam 10 tahun ke depan. Kemampuan ini berkaitan dengan keterampilan untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi diri sendiri. Individu dengan kecerdasan emosional yang tinggi mampu berempati, berkomunikasi dengan efektif, dan membangun hubungan positif dengan orang lain.

Keterampilan ini sangat penting untuk mulai dibangun sejak masih kecil. Sebab, keterampilan ini akan sangat berguna dalam menjalani kehidupan pribadi maupun profesional. Dengan memiliki kecerdasan emosional, maka seseorang bisa cepat beradaptasi dengan perubahan, mengendalikan stres, dan memotivasi diri sendiri serta orang lain bila menghadapi kesulitan.

6. Fleksibilitas

Perubahan merupakan hal yang selalu terjadi dalam kehidupan, termasuk dalam dunia kerja. Sebab itu, dibutuhkan fleksibilitas untuk bisa beradaptasi dengan segala bentuk perubahan dan tetap produktif di tengah situasi kerja yang tidak pasti.

Individu yang fleksibel cenderung lebih terbuka terhadap peluang baru dan mampu menghadapi berbagai bentuk tantangan secara positif. Fleksibilitas juga mencakup keterampilan untuk mau mempelajari hal baru dengan cepat, menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan kerja, dan mencari solusi kreatif untuk permasalahan yang muncul.

7. Kolaborasi

Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan saat ini maupun di masa depan. Pada dasarnya, manusia akan selalu bekerja dengan orang lain. Dengan adanya perubahan mode kerja, seperti hybrid atau remote, kemampuan untuk berkolaborasi secara efektif dengan berbagai individu menjadi sangat penting.

Dengan adanya kolaborasi yang baik, maka tim bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan dengan lebih efisien. Kemampuan ini mencakup keterampilan dalam berkomunikasi secara jelas, mendengarkan dengan penuh empati, dan menghargai kontribusi orang lain.

8. Keterampilan kepemimpinan

Kepemimpinan bukan hanya dibutuhkan oleh mereka yang berada di posisi supervisor atau manajerial, tetapi juga bagi setiap individu yang tergabung dalam sebuah organisasi. Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk memberikan motivasi, mengarahkan, sekaligus membimbing orang lain untuk mewujudkan tujuan bersama.

Keterampilan kepemimpinan juga mencakup kemampuan untuk membuat keputusan secara bijak, mengelola permasalahan, dan menciptakan visi yang menginspirasi bagi semua. Di masa depan, kemampuan ini akan sangat dibutuhkan guna menghadapi tantangan kerja yang makin kompleks.

9. Manajemen waktu

Manajemen waktu merupakan kemampuan untuk menggunakan waktu yang ada secara efektif dan efisien. Keterampilan ini sangat penting di masa mendatang karena pekerjaan diprediksi akan makin fleksibel dan otonom. Ini artinya setiap pekerja diharuskan memiliki kemampuan untuk mengatur prioritas, mengelola pekerjaan, dan mewujudkan work-life balance atau keseimbangan antara kehidupan profesional dan pribadi.

10. Kemauan untuk selalu belajar

Kehidupan akan terus berkembang, pun begitu dengan dunia kerja yang akan terus membutuhkan individu yang siap untuk belajar hal baru. Kemauan untuk terus belajar mencakup rasa ingin tahu yang tinggi dan sikap terbuka terhadap segala bentuk masukan, pengetahuan, dan keterampilan baru. Dengan memiliki keinginan untuk selalu belajar, maka individu bisa tetap relevan di bursa kerja dan siap menghadapi dinamika di lingkungan kerja.

Itulah sepuluh keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja dalam 10 tahun ke depan. Dengan mengembangkan keterampilan-keterampilan ini, maka setiap orang bisa menjadi individu yang siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada di dunia kerja di masa depan nanti.

Leave a Reply