Remote Working: Tren Kerja yang Kian Populer di Indonesia

Perkembangan era digital mengubah hampir semua aspek kehidupan manusia, termasuk dalam proses bekerja. Kini, model kerja remote atau remote working kian menjadi tren yang makin diminati oleh para pekerja di Indonesia. Pada dasarnya, tren kerja ini sudah ada jauh sebelum pandemi COVID-19.

Namun begitu pandemi menyebar, tren kerja remote kian populer pada tahun 2020 hingga sekarang. Pasalnya saat itu banyak sektor industri yang mengharuskan karyawannya untuk bekerja dari rumah guna meminimalkan risiko penyebaran virus. Hingga hari ini, model kerja ini masih banyak diterapkan oleh sejumlah perusahaan di Tanah Air.

Apa Itu Remote Working?

Remote Working

Untuk menjelaskan konsep dari remote working, berikut beberapa definisi dari konsep kerja tersebut menurut beberapa ahli.

1. Tammy Johns dan Lynda Gratton

Dalam jurnal yang ditulis oleh Tammy Johns dan Lynda Gratton “California Management Review”, remote working dijelaskan sebagai penyelenggaraan pekerjaan di mana para karyawan tidak hadir di lokasi fisik organisasi atau tempat kerja. Namun, mereka tetap dapat menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan mereka menggunakan perangkat teknologi komunikasi dan informasi.

2. Carsten Sorensen dan Youngjin Yoo

Dalam penelitian Carsten Sorensen dan Youngjin Yoo yang diterbitkan di Organization Science, kerja remote didefinisikan sebagai gaya kerja di mana para pekerja berinteraksi dengan manajer dan kolega serta menyelesaikan pekerjaan mereka di lokasi yang jauh dari lokasi perusahaan secara fisik.

Dari kedua pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa remote working adalah model kerja di mana para karyawan bisa bekerja di mana saja tanpa harus datang langsung ke kantor. Model kerja ini memungkinkan para karyawan untuk bisa bekerja di berbagai tempat, mulai dari rumah, co-working space, kafe, hingga bahkan saat liburan.

Berbeda dengan model kerja WFH yang hanya bersifat sementara dan pada dasarnya dilakukan di rumah dalam situasi tertentu, working home justru menjadi sistem kerja yang diterapkan dalam durasi cukup lama dan bahkan permanen.

Mengapa Remote Working Makin Populer?

Remote Working

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa remote working makin populer di era digital seperti sekarang. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya, berikut di antaranya:

  • Pesatnya perkembangan teknologi: Kemajuan teknologi, khususnya di bidang komunikasi dan kolaborasi secara online, seperti Google Meet, Slack, dan Zoom mempermudah komunikasi serta koordinasi antar karyawan dari jarak jauh.
  • Efek pandemi COVID-19: Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi merupakan salah satu faktor pendorong banyak industri untuk menerapkan model kerja WFH. Hal ini pada akhirnya membuka mata banyak perusahaan terhadap potensi dan efektivitas dari model kerja remote.
  • Tingginya kebutuhan terhadap fleksibilitas: Generasi milenial dan Z merupakan generasi muda yang sangat mendambakan sistem kerja yang fleksibel. Mereka ingin bisa mengontrol waktu dan tempat kerja sesuai preferensi mereka sendiri. Tujuannya tak lain adalah untuk mewujudkan work-life balance atau keseimbangan antara kehidupan pribadi dan juga profesional.

Lantas, bagaimana peluang kerja remote untuk tahun 2024? Seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap posisi tertentu dalam pekerjaan, seperti asisten virtual, peluang remote working pun terus terbuka lebar. 

Menariknya, peluang untuk bisa kerja secara remote tak hanya datang dari perusahaan dalam negeri saja. Para pekerja remote di Indonesia bahkan tak sedikit yang mendapatkan pekerjaan secara remote dari perusahaan luar negeri. Jenis pekerjaannya pun beragam, mulai dari grafik desain, penulis, asisten virtual, dan masih banyak lagi.

7 Jenis Pekerjaan untuk Remote

Remote Working

Perlu dipahami bahwa tak semua jenis pekerjaan bisa dilakukan secara remote atau dari jarak jauh. Ada banyak pekerjaan yang masih membutuhkan kerja sama dan koordinasi antar tim kerja secara intensif, contohnya adalah pekerjaan di bidang kesehatan, konstruksi, pembangunan, dan lain sebagainya yang harus diawasi secara berkala dan secara langsung.

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai sistem kerja remote, berikut beberapa jenis pekerjaan yang bisa kamu jalani:

1. Pekerjaan yang membutuhkan komputer

Pekerjaan yang banyak melibatkan komputer dan internet merupakan pekerjaan yang sangat cocok dilakukan secara remote. Contoh dari jenis pekerjaan ini adalah customer service online, programmer, dan digital marketing.

2. Pekerjaan kreatif

Pekerjaan di bidang kreatif juga cocok dilakukan dari jarak jauh. Adapun contoh dari pekerjaan ini adalah content creator, copywriter, desain grafis, dan pekerjaan lainnya yang lebih membutuhkan penggunaan banyak ide.

3. Pekerjaan di bidang penyuntingan dan penulisan

Penulis, penerjemah, editor, hingga proofreader adalah jenis-jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote. Tugas-tugas mereka cenderung bisa diselesaikan dari mana saja asalkan memiliki perangkat dengan kemampuan komputer serta akses internet memadai.

4. Pekerjaan di bidang konsultan rekrutmen

Jenis pekerjaan yang berhubungan dengan rekrutmen dan analisis sumber daya manusia juga bisa dilakukan secara remote. Tugas-tugas dari pekerjaan ini umumnya berkaitan dengan wawancara kandidat, mengelola proses rekrutmen secara daring, dan menyusun profil para pelamar kerja.

5. Pekerjaan di bidang konsultan pengembangan bisnis dan strategi

Mereka yang bekerja sebagai konsultan bisnis, pengembang bisnis, dan analis strategi bisnis bisa menyelesaikan pekerjaan mereka secara remote. Mereka bisa melakukan analisis pasar, mengembangkan rencana pengembangan bisnis, dan merancang strategi usaha dari jarak jauh menggunakan perangkat kolaborasi online.

6. Pekerjaan di bidang keuangan dan pajak

Pekerjaan di bidang keuangan dan pajak seperti ahli pajak, konsultan keuangan, hingga akuntan freelance bisa memberikan layanan pembukuan, pelaporan pajak, hingga perencanaan keuangan pada klien dari jarak jauh.

7. Pekerjaan di bidang analisis dan penelitian

Analis risiko, analis data seperti data scientist, hingga peneliti merupakan jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote. Proses pengumpulan data hingga penyusunan laporan bisa dilakukan dari jarak jauh tanpa harus datang ke kantor.

Jadi, remote working merupakan sistem kerja yang membutuhkan kehadiran langsung para karyawan ke kantor fisik. Model kerja satu ini pada dasarnya sudah ada sebelum pandemi. Namun setelah pandemi dan ditambah dengan pesatnya perkembangan dunia digital, remote working banyak dilakoni oleh para pekerja di Indonesia.

Perlu dijadikan catatan bahwa tak semua jenis pekerjaan bisa dilakukan secara remote. Hanya beberapa pekerjaan seperti yang tertera di atas yang dapat dilakukan dari jarak jauh dengan berbekal komputer dan koneksi internet.

Leave a Reply