10 Aplikasi Ini Bantu Kamu Mengatur Keuangan di Tahun Baru

10 Aplikasi Ini Bantu Kamu Mengatur Keuangan di Tahun Baru

Tahun baru identik sebagai momentum yang tepat untuk membuat resolusi. Selain membuat resolusi dalam hal karier, percintaan, pendidikan, dan kesehatan, orang umumnya juga membuat resolusi terkait finansial. Nah, guna mewujudkan resolusi keuangan di tahun baru, penting sekali untuk bisa mengatur keuangan pribadi dengan bijaksana.

Untungnya, kita sedang berada di era digital, yakni era di mana perkembangan teknologi sangatlah masif. Kini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi mobile untuk memudahkan proses mengatur keuangan pribadi maupun bisnis.

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Mengelola Keuangan

Mengatur Keuangan

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengelola keuangan di tahun baru.

1. Money Manager Expense & Budget

Money Manager Expense & Budget merupakan salah satu solusi terbaik untuk membantu pencatatan keuangan harian kamu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah mencatat setiap transaksi, membuat laporan pengeluaran, dan menyusun pemasukan, semua disajikan dalam bentuk grafik yang informatif.

Aplikasi iOS dan Android ini tak hanya membantu dalam pengelolaan keuangan harian, mingguan, maupun bulanan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan sehingga hanya kamu saja yang bisa mengaksesnya. Dengan fitur-fitur unggulannya, Money Manager Expense & Budget menjadi aplikasi yang tepat untuk membantu kamu mengelola keuangan dengan lebih efektif dan aman.

2. Money Lover – Spending Manager

Rekomendasi berikutnya adalah Money Lover – Spending Manager, yakni aplikasi pengelola keuangan yang kini menempati peringkat ke-4 dalam kategori top grossing di Play Store. Aplikasi ini membantu  kamu untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran serta mengelompokkannya sesuai dengan tujuan dan sumbernya.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah adanya fitur pengaturan untuk membatasi pengeluaran harian di setiap kategori. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol setiap pengeluaran dan memastikan keuangan kamu tetap terkendali sesuai dengan rencana.

3. Wallet: Budget Expense Tracker

Wallet: Budget Expense Tracker merupakan paket komplit untuk melacak pengeluaran dari berbagai sumber, mulai dari cash hingga platform keuangan digital. Aplikasi ini dibekali dengan fitur untuk mengatur pengeluaran pada masing-masing kategori keuangan sesuai dengan keinginan pengguna.

Wallet juga memberikan fleksibilitas pada pengguna untuk melacak setiap aspek yang ada pada keuangan mereka. Tampilan aplikasinya relatif user-friendly dengan fitur-fitur canggih sehingga bisa dijadikan pilihan tepat untuk mengelola keuangan pribadi secara efektif dan efisien.

4. Sepran: Expense Manager

Rekomendasi aplikasi keuangan selanjutnya adalah Sepran: Expense Manager. Aplikasi smartphone satu ini bisa menjadi solusi tepat karena kemampuannya yang mumpuni untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan secara mudah. Menariknya, aplikasi ini bisa digunakan tanpa harus dikoneksikan dengan internet.

Lebih lanjut, Sepran juga unggul karena menyajikan data dengan visual grafik untuk memudahkan pengguna dalam memahami pola keuangan mereka. Dengan fitur-fiturnya yang intuitif, Sepran dapat dijadikan aplikasi pilihan untuk mengelola keuangan secara lebih mudah dan transparan.

5. Monefy

Monefy hadir sebagai aplikasi solutif untuk membantu mencatat pengeluaran harian. Dilengkapi dengan tampilan user-friendly, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat lebih dari satu akun. Dengan begitu, pengguna bisa mengatur keuangan pribadi dan keluarga dalam akun yang berbeda tetapi dengan satu aplikasi yang sama.

Dengan adanya fleksibilitas tersebut, Monefy tak hanya menjadi aplikasi pengatur keuangan harian yang andal. Aplikasi ini juga mendukung pengguna untuk bisa mengelola dan memahami cash flow mereka secara lebih baik.

6. Mint

Mint merupakan aplikasi yang tak hanya berfungsi sebagai alat pencatatan keuangan harian, melainkan juga sebagai alat untuk mengelola anggaran secara komprehensif. Aplikasi ini dilengkapi dengan notifikasi untuk memberi tahu pengguna apabila pengeluaran mereka sudah mendekati atau justru melebihi anggaran yang sudah ditentukan. Dengan adanya fitur tersebut, Mint menjadi salah satu aplikasi yang efektif untuk menjaga keseimbangan keuangan kamu. 

7. Sribuu: Budget & Money Manager

Sribuu adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu kamu mengatur keuangan pribadi secara lebih rinci. Sebab, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk melacak setiap transaksi sesuai dengan kategorinya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik terkait pola cash flow kamu.

Fitur unggulan lain dari Sribuu adalah dapat diintegrasikan dengan banyak rekening bank sehingga meminimalkan proses pencatatan pemasukan dan pengeluaran secara manual. Dengan integrasi yang canggih, Sribuu menghadirkan pengalaman pengelolaan keuangan yang efisien dan efektif bagi pengguna.

8. Pocket: Apps Keuangan Keluarga

Rekomendasi aplikasi selanjutnya adalah Pocket: Apps Keuangan Keluarga. Aplikasi khusus Android ini menghadirkan solusi terbaik untuk membantu mengelola keuangan pribadi dan keluarga. Dilengkapi dengan fitur-fitur seperti PoCash dan PoSave, setiap transaksi yang terjadi akan dicatat secara otomatis sehingga kamu bisa melacak aktivitas keuangan kamu dengan mudah.

9. Money+

Money+ merupakan aplikasi keuangan yang memiliki tampilan menggemaskan. Selain memfasilitasi pencatatan pengeluaran dengan praktis dan efisien, Money+ juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan aplikasi sesuai dengan preferensi mereka.

Meskipun hanya tersedia untuk pengguna Android, Money+ tetap menjadi pilihan aplikasi pengelolaan keuangan yang menarik dan tentunya fungsional. Dengan menggunakan Money+, kamu bisa mengelola setiap transaksi yang masuk maupun keluar dengan mudah dan praktis.

10. Keuangan Keluarga

Terakhir, ada Keuangan Keluarga, yakni aplikasi buatan developer asli Indonesia. Aplikasi Keuangan Keluarga dapat kamu jadikan pilihan untuk membantu mengelola keuangan rumah tangga untuk mewujudkan resolusi keuangan kamu di tahun baru. Aplikasi ini cukup fleksibel karena dapat digunakan bersama secara real-time oleh dua orang sekaligus.

Dengan fitur laporan finansial yang mudah untuk dipahami, aplikasi ini memudahkan kamu untuk melacak setiap pemasukan dan pengeluaran. Dengan begitu, kamu bisa mengelola keuangan keluarga secara transparan dan efisien. Aplikasi ini bahkan mendapatkan rating di atas 4 di Play Store. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa diakses oleh pengguna Android.

Jadi, itulah rekomendasi aplikasi keuangan untuk mewujudkan resolusi finansial kamu di tahun baru. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kamu. Dengan begitu, mengatur keuangan bukan menjadi tugas yang berat dan pada akhirnya menjadi kebiasaan yang baik. Ingat, mampu mengelola keuangan adalah salah satu kunci mewujudkan kondisi finansial yang sehat dan stabil.

Leave a Reply