Baca Ciri Khas Rumah Minimalis Modern Populer Sebelum Membangun!

Ingin membangun sebuah rumah minimalis modern yang populer saat ini? Pahami ciri khasnya sebelum benar-benar membangun atau membeli!
Rumah-minimalis-Modren

Beberapa tahun belakangan ini, tren konsep rumah minimalis modern mulai digunakan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, konsep ini memiliki filosofi gaya hidup minimalis melalui kesederhanaan bentuk dan material yang digunakan.

Tak hanya melalui bentuk dan material, ada juga beberapa ciri khas dan karakteristik dari konsep minimalis modern yang harus diketahui. Baca infonya di bawah ini.

Ciri khas rumah minimalis modern yang populer

  1. Sederhana

Rumah dengan konsep minimalis modern menggunakan rancangan yang sederhana, tetapi terlihat efisien. Tak heran jika saat ini rumah minimalis banyak dibangun karena desain minimalis cenderung tidak rumit saat dibangun.

Pada saat proses pembangunan, konsep minimalis akan dirancang dan dibangun dari dalam terlebih dahulu. Setelah itu barulah bagian luarnya, itu pun harus disesuaikan dengan bagian dalam rumah. 

  1. Menggunakan fasad

Penggunaan fasad dalam konsep rumah minimalis modern terbaru merupakan ciri khas dinding eksteriornya. Bukan sekedar hiasan, penggunaan fasad ini nyatanya mampu membuat rumah tampak lebih menonjolkan karakteristik material bahan dan tekstur yang digunakan.

Selain itu, pemilihan warna yang tepat juga sering kali dijadikan pilihan agar fasad bisa kontras dengan cat rumah. 

  1. Minim dekorasi

Berbanding terbalik dengan konsep rumah pada umumnya, konsep minimalis modern cenderung lebih minim. Tidak banyak dekorasi, perabotan, furniture, ataupun hiasan dinding.

Walaupun minim, bukan berarti tidak ada. Konsep minimalis modern biasanya hanya menggunakan sofa dan meja, serta beberapa furniture yang benar-benar penting bagi pemiliknya. 

  1. Menggunakan cahaya alami

Konsep rumah minimalis modern sederhana memang menggunakan banyak cahaya. Akan tetapi cahaya yang digunakan alami, bukan dari lampu. Biasanya rumah dengan konsep minimalis modern memiliki jendela besar yang berfungsi sebagai pencahayaan. Jadinya cahaya matahari bisa masuk dengan leluasa melalui jendela, dan menerangkan rumah.

Selain itu, penggunaan jendela yang besar juga mampu menghemat pendingin ruangan. Sebab pemilik rumah sudah bisa menikmati angin melalui alam langsung. Dengan begitu rumah akan terasa nyaman sekaligus hangat. 

  1. Detail sederhana

Salah satu ciri khas konsep minimalis modern lainnya adalah menggunakan detail sederhana. Penggunaan ini bisa dilihat dari perabot ataupun furniture rumah lainnya. Misalnya gagang pintu yang cenderung polos tanpa tambahan motif apa pun.

Atau biasanya kabinet tanpa gagang pintu banyak juga sering digunakan karena mampu mengurangi polusi visual. Bahkan bahan yang digunakan kabinet pun tidak boleh sembarang pilih. Karena bahan kabinet yang tepat mampu memberikan kesan tak biasa bagi rumah. 

  1. Sesuai selera

Penggunaan material rumah dari konsep minimalis modern disesuaikan dengan selera dari pemilik rumah itu sendiri. Material yang kerap kali digunakan adalah kayu. Penggunaan material kayu pada konsep minimalis modern mampu memberikan kesan sederhana. Selain itu, kayu juga mampu memberikan kesan hangat sekaligus nyaman.

  1. Cladding dan finishing tidak rumit

Rumah minimalis modern 2 lantai identik dengan kesederhanaan. Bisa dilihat dari cladding dan finishing-nya yang cenderung sederhana agar dapat menarik perhatian penampilan rumah.

  1. Menggunakan cat warna fresh

Rumah dengan konsep minimalis modern identik dengan penggunaan warna cat dinding yang fresh dan lembut. Beberapa warna yang sering digunakan adalah coffe brown, abu-abu, biru langit, coral, celery, fuchsia. Serta ivori, kuning, hijau mint, orange, pink pastel, putih, salem, ungu, dan mustard.

Beberapa jenis warna tersebut sering ditemui pada konsep minimalis modern karena mampu memberikan kesan positif. Sekaligus memberikan kehangatan dan ketenangan bagi pemilik rumah.

Tak hanya dinding, pemilihan warna furniture juga harus tepat. Agar tepat, biasanya penggunaan warna furniture pada konsep minimalis modern cenderung menggunakan warna yang lebih gelap dari dinding. Atau bisa disesuaikan saja dengan warna cat dinding agar pas. 

  1. Bentuk rumah geometris

Tak hanya sederhana, ciri khas dari konsep minimalis modern adalah bentuk rumah lebih geometris tanpa ada unsur bangunan yang berlebihan. Konsep minimalis modern lebih mengedepankan garis-garis dan bentuk segitiga yang tegas di setiap sisi.

Jadi tak heran jika rumah konsep minimalis modern saat ini banyak dilirik karena mampu menarik perhatian.

Nah gimana nih? #TemanSyariah tertatik dengan konsep rumah minimalis modern? Yuk ajukan pembiayaan Dana Rumah melalui Danasyariah, tersedia tenor hingga maksimal 10 tahun terbuka untuk berbagai kalangan (syarat & ketentuan berlaku). Silahkan tanya-tanya terkait program pembiayaan renovasi melalui Danasyariah, bisa melalui website ataupun mobile apps. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi melalui kana-kanal resmi Danasyariah.  

Leave a Reply