Beli Rumah Tanpa Riba? Tentu Bisa dengan Cara Mudah Ini!

Beli-Rumah-Tanpa-Riba

Beli rumah tanpa riba memang banyak diminati karena sesuai dengan ajaran agama Islam. Pembelian rumah ini tentunya untuk mengamalkan ajaran dari agama agar menjauhi riba dalam setiap melakukan kegiatan transaksi. Maka dari itu cara membeli rumah harus diketahui dan dipahami secara jelas.

Langkah beli rumah tanpa riba

  1. Beli Rumah Melalui Sistem Tunai Secara Bertahap

Sebagai developer memang sangat penting untuk menyediakan penawaran pada sistem pembayaran bagi pembeli. Beberapa cara yang dapat dipilih yakni tunai bertahap, tunai dan juga kredit melalui layanan perbankan. Pembeli bisa memilih tunai bertahap dengan sistem yang sangat mudah.

Sistem pembayaran ini memiliki jangka waktu yang bervariasi mulai 12 bulan sampai 60 bulan. Akan tetapi dalam hal ini tergantung dari kebijakan layanan pihak developer. Jika ingin membeli rumah dengan sistem cicilan maka bisa memilih pembayaran sistem tunai bertahap.

  1. Beli Rumah Secara Tunai

Apabila pembeli rumah tidak menginginkan pembelian dengan sistem kredit yang berasal dari bank konvensional. Maka dengan begitu bisa memilih pembelian rumah yang dapat dilakukan secara tunai. Dalam pemilihan inilah tentu akan memberatkan bagi pihak pembeli jika budget tidak mencukupi.

Namun pembelian rumah secara tunai ini tetap bisa dilakukan dengan menabung. Cara mendapatkan tabungan bisa dari beberapa pekerjaan dengan pemasukan tetap setiap bulan, pekerjaan sampingan, kegiatan investasi hingga menjalankan sebuah bisnis.

Sisihkan uang yang didapatkan untuk menabung dan jadikan sebagai investasi tiap bulan. Hal ini dilakukan guna mendapatkan rumah impian dengan pembayaran sistem tunai. Jika pembelian rumah di kompleks perumahan biasanya akan menawarkan harga yang sangat terjangkau.

  1. Beli Rumah dengan KPR Syariah

Cara beli rumah tanpa riba yang dilakukan secara tunai memang bisa menjadi pilihan menarik. Akan tetapi jika memberatkan maka bisa memilih KPR Syariah. Pasalnya sekarang ini sudah sangat banyak pilihan bank syariah yang tersedia baik itu bank pemerintah ataupun swasta.

KPR Syariah bisa membuat pembeli rumah bebas dari riba karena semua prosesnya menggun akan dasar syariat Islam. Meskipun demikian masih banyak di antara kalangan masyarakat yang menganggap bahwa bank syariah masih mengusung unsur riba.

  1. Mempunyai Rencana pada Keuangan

Memiliki rumah tidak cukup hanya dengan membelinya saja namun perlu adanya perencanaan pada keuangan yang dimiliki. Dalam hal ini harus melakukan pembagian pada setiap pengeluaran setiap bulan secara detail dan terperinci. Sehingga terbagi secara lebih jelas kegunaan keuangan yang dimiliki.

Pastikan pembeli membuat perencanaan keuangan tidak hanya jangka pendek saja, namun juga jangka menengah dan jangka panjang. Sebagai pembeli harus memiliki sikap disiplin guna menerapkan perencanaan keuangan. Dengan demikian tidak akan menemukan kesulitan untuk membeli rumah.

  1. Membiasakan untuk Menabung

Jika pembeli ini ingin membeli rumah secara tunai maka harus menabung terlebih dahulu. Biasakan untuk setiap bulan menyisihkan uang sebanyak 30 persen. Namun bisa 35 persen sampai 40 persen akan jauh lebih bagus. Terlebih jika pekerjaan yang dilakukan sebagai pegawai tetap di perusahaan ataupun PNS.

Dalam hal ini bisa memberi patokan target untuk menabung guna membeli rumah impian. Sehingga nanti akan mendapatkan rumah hunian sesuai dengan keinginan dalam jangka waktu tertentu.

  1. Mempunyai Pekerjaan Sampingan

Tips beli rumah tanpa riba yang dilakukan secara tunai harus mempunyai pekerjaan sampingan jika pekerjaan utama memang tidak mencukupi. Banyak sekali pilihan pekerjaan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulan.

  1. Murabahah

Cara membeli rumah tanpa riba dengan menggunakan transaksi jual beli menggunakan sistem pembayaran yang bisa ditangguhkan. Dalam hal ini bisa dengan melakukan cicilan secara berkala ataupun ditangguhkan untuk dilunasi pada akhir periode.

Namun biasanya pembayaran cicilan ini berguna untuk menjaga kesehatan pada kondisi keuangan. Pihak dari developer harus memberitahukan pada pembeli terkait informasi harga pokok pada objek penjualannya.

  1. Istishna

Panduan beli rumah tanpa riba bisa dengan istishna sebagai transaksi jual beli dengan sistem pesanan. Pada cara yang satu ini pihak pembeli akan melakukan pemesanan pada sebuah rumah agar dibuatkan baginya. Sistem pembayarannya bisa dilunasi ataupun secara bertahap.

Nah, hal dari langkah membeli rumah tanpa riba diatas, Mana nih yang #TemanSyariah mau pilih?

Danasyariah melalui program Dana Rumah hadir agar semua orang bisa punya rumah.  Teman Syariah bisa mengakses kepemilikan rumah dengan down payment (DP) hingga 0% serta angsuran yang relatif lebih ringan. Informasi lebih lanjut mengenai Dana Rumah bisa diakses melalui Customer Care Danasyariah di 0822 5000 5050. Terima kasih😄🙏

Leave a Reply