Biaya Bangun Rumah Minimalis Hanya 20 Juta? Apa Bisa?

Tips membangun dan perkiraan biaya bangun rumah minimalis saat ini bisa dibuat seminim mungkin dengan berbagai tips berikut ini!
Biaya-Rumah-bisa-minimalis

Di tengah melonjaknya harga properti, kini biaya bangun rumah minialis Rp20 juta sudah bisa mendapat rumah yang sesuai dengan tipe. Walaupun dana dengan jumlah tersebut cukup terbatas, tetapi Anda masih bisa mewujudkan membangun rumah impian dengan menggunakan beberapa tips. Berikut adalah tips yang harus Anda ketahui.

Tips biaya bangun rumah minimalis 20 juta

  • Tanah ideal

Jika ingin membangun rumah dengan biaya minim, pastikan Anda sudah memiliki tanah yang ideal. Tanah merupakan bagian yang menjadi penentu dari rumah tersebut, apakah mahal atau tidak.

Selain itu, Anda juga harus pintar membuat perhitungan. Apabila luas tanah yang dimiliki tidak terlalu luas, maka bisa menggunakan tipe rumah 21 yang hanya memerlukan luas tanah sebesar 6×10 meter.

Hal terpenting yang harus diingat adalah, semakin luas tipe rumah yang akan dibangun. Maka akan semakin banyak juga material yang akan digunakan. Otomatis dananya pun juga semakin banyak sebab beberapa harga material cukup mahal. 

  • Bangun rumah minimalis

Sebelum membangun rumah, ada baiknya untuk membuat rincian biaya bangun rumah minimalis. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari pembengkakan dana.

Rumah minimalis sangat fleksibel, efisien, dan tidak memerlukan banyak biaya. Sehingga membutuhkan rincian pembangunan agar anggaran yang dikeluarkan sama dengan perhitungan perkiraan. Dengan begitu Anda masih bisa membangun rumah yang aman dan nyaman hanya dengan budget Rp20 juta. 

  • Menggunakan material yang tepat

Dalam membangun sebuah rumah minimalis impian, Anda juga harus teliti dalam memilih material bangunan. Kalau bisa beli material sendiri dan jangan mempercayai tugas tersebut kepada orang lain.

Atau jika tidak mengerti mengenai bahan material terbaik, bisa melakukan konsultasi kepada tukang bangunan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan informasi terkait material yang tepat dan berkualitas, serta dengan harga yang kompetitif.

Atau jika budget yang Anda miliki terlalu pas-pasan, bisa membeli material setengah jadi atau bekas. Tetapi, pastikan jika material tersebut masih berkualitas untuk digunakan. 

  • Bangun secara detail

Biaya bangun rumah minimalis modern saat ini tidak memerlukan banyak budget. Asalkan desain rumah minimalis yang Anda buat benar-benar detail dan rinci.

Selain desain rumah yang detail, material dan volume rumah yang akan digunakan nantinya juga harus dicatat secara detail. Tujuan pencatatan ini tentunya untuk memperhitungkan harga material yang tepat, dengan begitu Anda bisa menghemat biaya untuk keperluan rumah lainnya. 

  • Ikut turun ke lapangan

Dalam proses pembangunan rumah pribadi, sebaiknya Anda juga ikut turun ke lapangan. Selain dapat mempersingkat waktu pembangunan, Anda juga bisa memantau dana-dana yang masuk. Jadinya biaya membangun rumah lebih hemat dan terkendali. 

  • Gunakan jasa tukang

Memang membangun rumah dengan menggunakan jasa kontraktor memiliki banyak keunggulan. Akan tetapi, jika budget yang Anda miliki pas-pasan, lebih baik menggunakan jasa tukang bangunan. Dengan menggunakan jasa tukang bangunan yang profesional, jadinya proses pembangunan rumah minimalis akan lebih hemat dan ekonomis.

Perkiraan biaya membangun rumah minimalis

  1. Biaya jasa tukang

Membangun rumah tentunya menggunakan jasa tukang. Biaya tukang juga memiliki asisten yang membantu tugas-tugasnya saat membangun rumah. Umumnya, biaya kepala tukang berkisar antara Rp100.000 sampai dengan Rp150.000.

Sedangkan biaya untuk asisten tulang, mulai dari Rp75.000 sampai dengan Rp100.000. Untuk lama pengerjaan rumah, Anda bisa membicarakannya dengan kepala tukang langsung. Semakin banyak jasa tukang yang digunakan, maka semakin cepat pula pembangunan rumah selesai.

  1. Luas bangunan

Berapa biaya bangun rumah minimalis? Agar lebih hemat, Anda bisa membangun rumah minimalis 2 lantai. Untuk perhitungan harganya disesuaikan dengan luas bangunan, lalu dikalikan dari harga pembangunan setiap meter persegi. Dengan cara perhitungan tersebut, Anda akan mendapatkan perhitungan hasil biaya yang tepat. 

  1. Biaya lainnya

Biaya lainnya yang dimaksud di sini adalah biaya yang tak terduga atau sering juga disebut dengan biaya berjaga-jaga. Dalam proses pembangunan rumah, penyiapan biaya berjaga-jaga sekitar 10% dari biaya pembangunan rumah secara keseluruhan penting untuk disiapkan.

Nah gimana #TemanSyariah tertarik membangun rumah minimalis? Yuk ajukan pembiayaan untuk renovasi melalui Danasyariah! tersedia tenor hingga maksimal 10 tahun terbuka untuk berbagai kalangan (syarat & ketentuan berlaku). Silahkan tanya-tanya terkait program pembiayaan renovasi melalui Danasyariah, bisa melalui website ataupun mobile apps. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi melalui kana-kanal resmi Danasyariah.  

Leave a Reply