5 Bisnis Properti yang Cuan di Tahun 2024

5 Bisnis Properti yang Cuan di Tahun 2024

Properti merupakan salah satu industri yang menjadi penggerak perekonomian suatu negara. Tren dalam industri properti juga bisa dibilang tak ada habisnya. Seiring berkembangnya zaman, muncul inovasi-inovasi baru dalam properti yang bisa memberikan keuntungan bagi para pebisnis di bidang ini.

Di tahun 2024, ada beberapa bisnis properti yang diprediksi prospektif di Indonesia. Mau tahu apa saja bisnisnya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Prospek Pasar Properti di 2024

Bisnis Properti

Sebelum membahas soal bisnis properti yang bakal cuan di 2024, mari simak terlebih dahulu bagaimana prospek pasar properti secara keseluruhan pada tahun ini. Banyak ahli berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi yang senantiasa terjaga di tengah carut-marut global membawa harapan positif bagi sektor properti di 2024.

Pasalnya, sebagian besar ekonomi Indonesia dilandasi oleh praktik konsumsi sehingga kegiatan inilah yang harus dijaga. Lebih lanjut, sektor properti adalah salah satu mesin penggerak terbesar bagi pertumbuhan ekonomi negara. Di samping itu, pemilu presiden juga sudah berakhir dan tampaknya tidak begitu memengaruhi pasar properti.

Bila dilihat dari segi produk, properti seperti perkantoran diprediksi akan mengalami peningkatan permintaan. Hal ini didorong oleh adanya konsolidasi perusahaan maupun perpindahan ke bangunan yang lebih baik.

Sementara itu, untuk properti residensial seperti kondominium misalnya, akan mengalami peningkatan pembangunan dari proyek-proyek yang sudah ada. Kemungkinan besar, para developer juga akan fokus memasarkan produk yang sudah jadi.

Tak hanya itu saja, ada lima kota besar di Indonesia yang diprediksi memiliki pertumbuhan properti yang baik. Adapun kota yang dimaksud antara lain adalah Jakarta, Ibu Kota Nusantara (IKN), Surabaya, Tangerang, dan Bali. Dari pengembangan infrastruktur yang terjadi di luar Pulau Jawa, maka pertumbuhan properti juga akan makin pesat.

5 Bisnis Properti yang Cuan di 2024

Bisnis Properti

Pasar properti akan selalu menjadi industri yang mampu menggerakkan perekonomian negara. Pada tahun 2024, ada beberapa bisnis properti yang diprediksi akan menjadi bisnis paling prospektif. Melansir dari laman Aesia Kementerian Keuangan, berikut beberapa bisnis properti yang bakal ngetren di 2024.

1. Jual beli tanah

Tanah merupakan produk properti yang nilainya selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Terlebih bila tanah tersebut berada di kawasan yang strategis, seperti dekat dengan tempat wisata, pusat pendidikan, area perkantoran, pusat kota, dan pusat bisnis.

Para pebisnis bisa memanfaatkan peluang ini dengan melakukan kegiatan jual beli tanah. Bagi pemula, kamu bisa mencari tanah dengan harga yang murah tetapi potensial. Jangan langsung dijual, melainkan tunggu beberapa tahun setidaknya lima tahun untuk mendapatkan imbal hasil. Bisa juga disewakan untuk mendapatkan pemasukan tahunan.

Selain membeli tanah kosong, kamu juga bisa membeli tanah dengan bangunan di atasnya. Selanjutnya, renovasi atau rombak ulang bangunan tersebut sesuai dengan kebutuhan target pasar. Baru setelah itu disewakan atau mungkin dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

2. Multi business loft

Business loft menjadi salah satu bisnis properti yang diprediksi akan cuan di 2024. Bisnis ini menawarkan ruang untuk beragam jenis bisnis dalam satu bangunan. Dengan konsep ini, pemilik properti bisa menawarkan ruang untuk disewakan kepada berbagai tenant.

Selain itu, business loft juga memungkinkan terjadinya kerja sama antara penyewa yang berbeda-beda untuk mengembangkan usaha bersama di satu unit bangunan. Jadi, dengan adanya model bisnis ini, para penyewa bisa saling memberikan dukungan dan memanfaatkan kolaborasi yang ada sehingga dapat menciptakan lingkungan bisnis yang produktif dan kolaboratif. Di sisi lain, beragamnya tenant yang menyewa juga bisa meningkatkan nilai properti business loft secara keseluruhan.

3. Homestay

Homestay merupakan salah satu properti yang banyak ditemukan di kawasan pariwisata. Bisnis satu ini diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di tahun 2024. Pasalnya, properti satu ini bisa menjadi akomodasi alternatif yang lebih menarik dibanding hotel, resor, atau bahkan vila.

Homestay cenderung memiliki harga sewa yang lebih murah dan dapat disewakan secara harian, mingguan, atau bulanan. Cara pemasarannya pun mudah, pemilik hanya perlu mempromosikannya lewat media sosial atau platform travel online. Namun perlu diketahui bahwa bisnis ini akan lebih banyak diminati oleh penyewa bila dibangun di area pariwisata.

4. Co-living

Co-living space adalah konsep tempat tinggal bersama yang diprediksi akan mengalami pertumbuhan di tahun 2024. Konsep ini menawarkan keamanan, kenyamanan, sekaligus rasa kebersamaan bagi seluruh penghuninya. Hampir mirip seperti indekos tetapi berbeda karena co-living space dilengkapi dengan fasilitas bersama, seperti ruang makan, dapur, ruang tamu, ruang kerja, dan lain sebagainya.

Bangunannya sendiri menyerupai rumah pada umumnya dengan banyak kamar di dalamnya. Co-living space umumnya lebih diminati oleh generasi muda, seperti pekerja profesional, mahasiswa, atau digital nomad. Konsep properti ini bisa ditemukan dengan mudah di Bali mengingat banyak turis asing yang bekerja sebagai digital nomad di sana.

Buat kamu yang tertarik dengan bisnis ini, kamu bisa membangun dari nol atau menyewa rumah maupun gedung yang luas. Lalu, bangunan tersebut kamu ubah sedemikian rupa menjadi co-living space dengan desain menarik dan fasilitas yang memadai.

5. Jual beli sewa properti online

Tren yang diprediksi bakal main cuan di 2024 adalah penjualan dan penyewaan properti secara online. Dengan adanya inovasi teknologi dan dinamika perilaku konsumen, transaksi jual beli dan sewa properti secara online makin mudah dan populer. Transaksi properti secara online memberikan kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan bagi penjual, pembeli dan penyewa properti.

Transaksi properti secara online umumnya dilakukan melalui platform digital khusus. Bagi kamu yang ingin menyewakan atau memasarkan properti, sangat direkomendasikan untuk menggunakan platform properti online. Selain praktis, pemasaran lewat platform online dapat memperluas target pasar kamu.

Sementara itu, di sisi perusahaan, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan produk digital dapat memanfaatkan momentum ini untuk menciptakan platform properti online. Meskipun sudah banyak platform properti di Indonesia, tampaknya masih banyak ruang di industri ini yang bisa dieksplorasi.

Nah, itulah beberapa tren bisnis properti yang diprediksi akan prospektif di 2024. Dengan memahami tren-tren di atas, para pelaku bisnis properti bisa menyusun strategi bisnis agar bisa tetap bersaing di pasar properti yang kompetitif.

Leave a Reply