Cara Mengatur Ruang Kerja dengan Teknologi dan Furnitur Modern

Cara Mengatur Ruang Kerja dengan Teknologi dan Furnitur Modern

Tren kantor modern dengan segala teknologinya, telah menggeser kantor-kantor yang umumnya diisi dengan banyak kubikel. Kini, ruang kerja di gedung perkantoran modern memiliki desain minimalis dan ruang terbuka. Jika diperhatikan, desain ruang kerja seperti ini tidak cuma enak dipandang, tetapi juga memberikan beberapa manfaat, seperti meningkatkan kreativitas dan produktivitas.

Nah, buat kamu yang bekerja dari rumah dan sering kali merasa kesulitan untuk berkonsentrasi, mungkin kamu harus upgrade ruang kerjamu agar bisa jadi lebih produktif. Salah satu cara yang bisa kamu terapkan adalah dengan menerapkan konsep kantor modern dengan segala teknologi dan furnitur modern.

Mengatur Ruang Kerja di Era Digital

Cara Mengatur Ruang Kerja

Banyak waktu, pikiran, dan tenaga dituangkan untuk mendesain kantor dengan desain modern. Ini karena desain ruang kerja dapat memengaruhi produktivitas dan performa pekerja secara keseluruhan.

Mengingat banyak perusahaan menerapkan model kerja WFH (work from home/kerja dari rumah) atau hybrid (WFH dan di kantor), maka setiap pekerja seyogianya memiliki ruang kerja di rumah. Berikut beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam mengatur ruang kerja di era modern seperti sekarang:

1. Konsentrasi dan fokus

Kerja dari rumah tidak menjamin kamu bisa selalu fokus menyelesaikan pekerjaan. Namun, ruang kerjamu harus bisa menjamin kamu tetap bisa fokus di rumah meskipun banyak distraksi. Dengan kata lain, kamu harus memiliki ruang khusus untuk bekerja dan bebas dari berbagai distraksi.

2. Kreativitas

Ruang kerja yang membosankan bisa menghambat proses penciptaan ide-ide kreatif. Meskipun ruang kerja dengan desain kontemporer mengutamakan konsep minimalis dan mengutamakan area kerja yang bersih dan rapi, tak ada salahnya lho untuk menambahkan sedikit warna cerah. Hal ini dapat membantu memunculkan kreativitas dan meningkatkan mood untuk bekerja.

3. Produktivitas

Ruang kerja memang harus indah, tetapi itu saja tidak cukup. Ruang kerja juga harus bisa membuat pemiliknya termotivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaan. Sebagai contoh, meja kerja yang penuh dengan berkas atau tumpahan kopi dapat mengurangi produktivitas. Sebab, kondisi area yang kotor dan tidak rapi seolah memberi sinyal ke otak bahwa masih ada yang harus dikerjakan dan ini membuat orang merasa cemas.

4. Profesionalitas

Kamu memang tidak akan mengundang klien atau rekan kerja ke ruang kerja kamu. Kendati demikian, kamu tetap harus membuat ruang kerja terlihat profesional. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa seperti di rumah, melainkan di tempat kerja. Ini secara tidak langsung bisa mendorongmu untuk lebih produktif.

5. Gunakan teknologi

Perangkat teknologi tentunya juga dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan di rumah. Pilih perangkat yang memang benar-benar dibutuhkan dan jangan terlalu banyak. Ini agar ruangan tidak terkesan terlalu penuh dan malah mengganggu konsentrasi.

Cara Mengatur Ruang Kerja dengan Furnitur Modern dan Teknologi

Cara Mengatur Ruang Kerja

Membuat ruang kerja dengan desain modern sebenarnya susah-susah gampang. Kamu hanya perlu anggaran cukup dan konsep jelas mau dibuat seperti apa ruang kerja kamu. Sebagai referensi, di bawah ini ada sejumlah cara mengatur ruang kerja dengan menggunakan furnitur modern dan teknologi. Yuk, simak!

1. Penggunaan furnitur dengan teknologi pengisian daya

Salah satu langkah pertama dalam mewujudkan ruang kerja yang modern adalah dengan mempertimbangkan penggunaan furnitur. Furnitur di sini bukan furnitur biasa, melainkan furnitur yang dilengkapi dengan fitur untuk mengisi daya.

Lagi pula, kaum pekerja sekarang hidup di zaman yang sangat bergantung pada perangkat elektronik seperti laptop, tablet, dan smartphone. Oleh sebab itu, memiliki furnitur yang dilengkapi dengan teknologi pengisian daya secara nirkabel sangat membantu.

Contoh dari furnitur ini adalah meja kerja yang memiliki fitur untuk mengisi daya tanpa kabel sehingga memudahkan kamu untuk mengisi ulang baterai segala perangkat elektronik penunjang pekerjaan. Dengan furnitur ini, kamu tak perlu lagi mencari-cari kabel charger. Di samping itu, meja juga akan terlihat lebih rapi dan ini dapat memengaruhi efisiensi kerja kamu.

2. Menggunakan meja dan kursi ergonomis berbasis teknologi

Konsep ergonomi sangat penting dalam mengatur ruang kerja yang nyaman dan dapat membantu produktivitas kerja. Konsep ini dapat ditemukan dalam meja dan kursi kerja. Dengan konsep ini, furnitur menjadi lebih nyaman untuk digunakan dan dapat membantu meminimalkan risiko sakit punggung atau bahu yang kerap dialami para pekerja.

Tak hanya ergonomi dari desain, furnitur untuk ruang kerja umumnya juga dilengkapi dengan teknologi. Contohnya, beberapa meja kerja modern memiliki fitur pengaturan ketinggian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, kalau kamu lelah duduk, kamu bisa mengubah tinggi meja cukup dengan menekan tombol tertentu. Pun begitu dengan kursi kerja, ada lho kursi yang dilengkapi dengan sensor untuk memantau postur duduk penggunanya dan akan memberikan peringatan bila kamu perlu mengubah posisi duduk.

3. Integrasi peralatan elektronik

Dalam mewujudkan ruang kerja dengan desain kontemporer, integrasi peralatan elektronik menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pastikan ruang kerja kamu memiliki colokan listrik yang lokasinya mudah untuk diakses. Pertimbangkan juga untuk menggunakan port USB yang bisa digunakan untuk banyak perangkat sekaligus.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan perangkat smart home. Di antaranya adalah perangkat untuk mengontrol pencahayaan, suhu, dan fasilitas lainnya dalam ruang kerja kamu. Sistem rumah pintar ini akan membuat proses kerja kamu makin efisien sebab semua bisa diatur sesuai preferensi melalui aplikasi di smartphone.

4. Penyimpanan kabel yang efisien

Dalam ruang kerja yang mengusung konsep modern, kabel-kabel perangkat elektronik sering kali menjadi masalah yang sangat mengganggu. Bila tidak dirapikan, kabel-kabel tersebut akan membuat ruang kerja terlihat sangat berantakan dan dapat menghambat produktivitas kerja.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan sejumlah solusi untuk menyimpan kabel secara efisien. Salah satunya dengan menggunakan kabel clip atau kabel organizer untuk menjaga kabel-kabel agar tetap rapi. Di samping itu, penggunaan meja kerja dengan fitur manajemen kabel yang terintegrasi juga bisa membantu kamu untuk menyembunyikan kabel-kabel dengan rapi.

5. Penggunaan meja multifungsi

Tips terakhir dalam mengatur ruang kerja dengan furnitur modern dan teknologi adalah dengan menggunakan meja multifungsi. Misalnya, meja kerja yang bisa digunakan layaknya papan tulis, meja yang dapat dilipat sesuai dengan kebutuhan, atau meja dengan laci penyimpanan tersembunyi.

Penggunaan furnitur multifungsi seperti ini dapat membantu mengoptimalkan penggunaan ruang, khususnya bila luas ruangan terbatas. Jadi, meja multifungsi tidak hanya bisa untuk dipakai bekerja, melainkan juga untuk melakukan hobi-hobi kamu. Di sisi lain, penggunaan furnitur multifungsi juga dapat membantu mengurangi pembelian perabot yang tidak begitu penting.

Itu tadi panduan mengatur ruang kerja dengan menggunakan furnitur modern dan perangkat teknologi. Kamu bisa juga kok menambah aksesoris atau pernak-pernik kesayangan kamu di ruang kerja. Dengan catatan, jangan terlalu banyak ya dan sesuaikan lagi dengan konsep ruangan agar tetap terlihat rapi dan nyaman untuk bekerja.

Leave a Reply