Tips untuk Memaksimalkan Ruang dengan Furnitur Multifungsi

Tips untuk Memaksimalkan Ruang dengan Furnitur Multifungsi
Sumber : Envato

Masalah utama yang kerap dihadapi oleh pemilik hunian mungil adalah keterbatasan ruang. Tak jarang kita sering bingung saat punya banyak furnitur tetapi bingung mau meletakkannya di mana. Untungnya, ada banyak tips memaksimalkan ruang untuk membuat hunian tampak lebih rapi dan tidak sumpek. Salah satunya dengan menggunakan furnitur multifungsi.

Keuntungan Menggunakan Furnitur Multifungsi

Tips Memaksimalkan Ruang
Sumber : Envato

Punya rumah sempit tetapi banyak perabotan super besar, pasti membuat Anda pusing saat harus menatanya. Bila Anda tak ingin mengalami hal seperti ini, sudah saatnya Anda beralih ke furnitur multifungsi. Mengapa harus furnitur multifungsi? Berikut beberapa alasannya.

1. Lebih praktis dan ringkas

Dengan memiliki furnitur multifungsi, dapat dipastikan kalau Anda bakal bisa memanfaatkan satu perabot untuk banyak kegiatan berbeda. Furnitur ini membuat segalanya terasa lebih ringkas dan praktis.

2. Menghemat ruang

Salah satu cara untuk mengubah ruangan yang sempit terasa longgar adalah tidak membeli terlalu banyak perabotan. Bisa juga Anda menggunakan furnitur multifungsi. Dengan perabotan semacam ini, rumah tidak akan terasa sumpek dan setiap ruangan yang ada dapat dimaksimalkan penggunaannya secara efektif.

3. Desain dan fitur kekinian

Fitur unik, seperti tempat penyimpanan tersembunyi, adalah salah satu kelebihan dari perabotan multifungsi. Dengan adanya fitur semacam ini, ruangan Anda akan terlihat lebih rapi dan tidak berantakan. Di samping itu, desain furnitur multifungsi juga kece dan kekinian sehingga cocok untuk mempercantik hunian.

4. Hemat anggaran

Harga satu set furnitur dengan fungsi ganda atau lebih memang cukup mahal. Biasanya sekitar 500-an ribu hingga jutaan rupiah. Meskipun mahal, sebenarnya Anda bisa menghemat pengeluaran, lho

Bayangkan saja bila Anda harus membeli meja kursi untuk ruang tamu, tempat tidur, meja makan, dan lain sebagainya. Sudah pasti anggarannya lebih mahal dibanding membeli furnitur 3 in 1 atau 2 in 1. Belum lagi rumah hanya akan menjadi sempit.

Cara Memaksimalkan Ruang dengan Furnitur Multifungsi

Tips Memaksimalkan Ruang
Sumber : Envato

Sesuai namanya, furnitur multifungsi adalah jenis perabotan rumah yang hadir dengan lebih dari satu fungsi. Jenis furnitur ini sangat cocok digunakan pada rumah dengan lahan terbatas. Ini lantaran bentuknya dibuat lebih ramping dan minimalis sehingga tidak memakan banyak tempat.

Nah, berikut adalah cara memaksimalkan ruang dengan memanfaatkan furnitur multifungsi.

1. Gabung meja kerja/belajar dengan tempat tidur di atasnya

Hunian mungil tentunya memiliki luas kamar yang mungil pula. Sementara itu, tempat tidur adalah furnitur yang memakan paling banyak tempat di kamar Anda, apalagi jika Anda tinggal di apartemen studio yang umumnya hanya memiliki satu ruang. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengakalinya dengan menggunakan furnitur multifungsi.

Salah satu jenis perabot yang bisa Anda gunakan adalah tempat tidur yang di bawahnya terdapat meja kerja atau belajar. Semacam bunk bed yang tempat tidurnya ada di atas sedangkan bagian bawah digunakan untuk area meja kerja atau menaruh perabot lainnya. Dengan demikian, Anda bisa menghemat sekaligus memaksimalkan ruang yang ada.

Furnitur semacam ini hadir dengan variasi dan desain yang beragam. Ada yang disertai dengan lemari kecil, laci, kabinet untuk menaruh buku atau dokumen, dan sebagainya. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan ruang di hunian Anda.

2. Coffee table dengan meja kerja

Sekarang beralih ke ruang keluarga atau ruang tamu yang tentunya juga sempit bila Anda tinggal di hunian tipe 21 hingga 36. Salah satu cara untuk memaksimalkan area utama ini adalah dengan menggunakan coffee table yang merangkap sebagai meja kerja. 

Banyak lho coffee table yang permukaannya dirancang agar dinaikkan dan diturunkan. Jadi, kalau mau kerja, permukaan mejanya tinggal diangkat ke atas. Bila mau digunakan untuk ngopi sambil ngobrol, tinggal diturunkan kembali permukaan mejanya. Praktis banget, kan?

Selain menghemat ruang, furnitur ini juga dapat menjadi tempat penyimpanan. Saat permukaan meja diangkat, pada bagian bawahnya terdapat ruang yang cukup untuk menyimpan barang-barang. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan cemilan untuk kerja, buku, majalan, dan lain sebagainya.

3. Kabinet dapur dengan meja makan

Permasalahan lain pada rumah dengan lahan sempit adalah area dapurnya yang tidak cukup untuk meletakkan meja makan. Namun tenang saja, Anda masih bisa mengakalinya dengan menggunakan kabinet dapur dengan fungsi ganda. Selain digunakan untuk menyimpan perlengkapan dapur, Anda bisa menggunakannya sebagai meja makan.

Agar ruangan terlihat lebih longgar, pilih kabinet dapur dengan model minimalis—terutama yang warnanya netral, seperti putih dan krem. Warna-warna ini dapat membuat dapur tampak lebih lapang, bersih, dan pastinya menawan.

Selain dengan kabinet, Anda juga bisa menggunakan kitchen set yang dilengkapi dengan meja kecil. Biasanya, meja ini bisa ditarik dari kabinet kitchen set. Anda dapat memanfaatkannya sebagai meja makan ataupun area untuk memasak.

4. Sofa bed untuk ruang keluarga/tamu

Tipa memaksimalkan ruang yang selanjutnya adalah menggunakan sofa bed. Furnitur ini dapat menjadi solusi tepat bagi Anda yang memiliki ruang keluarga dengan luas terbatas. Dengan sofa bed, ruang keluarga akan menjadi lebih fungsional.

Sofa bed sendiri adalah jenis sofa dengan fungsi ganda, yakni sebagai tempat duduk sekaligus tempat tidur. Ukurannya relatif ramping dan tidak terlalu berat untuk dipindahkan. Sofa bed dapat Anda gunakan untuk duduk santai di pagi hingga menjelang siang hari. Begitu malam tiba, Anda bisa menyulapnya menjadi ranjang yang nyaman.

Dengan demikian, Anda tak perlu repot bila ada teman atau saudara yang ingin menginap. Cukup sediakan bantal dan selimut, sofa bed sudah bisa menjadi ranjang yang cukup nyaman untuk tidur.

5. Gunakan ranjang lipat dinding

Rekomendasi furnitur multifungsi yang selanjutnya adalah ranjang lipat atau biasa dikenal dengan sebutan murphy bed. Jenis furnitur satu ini dapat menjadi alternatif yang menarik untuk tempat tidur Anda.

Bila Anda mencari referensi murphy bed di internet, Anda bisa melihat kalau sekilas furnitur ini seperti lemari biasa. Namun jika ditarik ke bawah, maka yang terlihat sebenarnya adalah tempat tidur. 

Sama seperti furnitur lainnya, murphy bed juga hadir dengan banyak variasi desain. Ada yang dilengkapi dengan sofa kecil bila ranjangnya dilipat, ada yang memiliki meja belajar, dan ada pula yang memiliki kabinet di kedua sisinya. Anda hanya tinggal menentukan mana yang paling sesuai dengan luas ruangan dan kebutuhan Anda.

Itu tadi sejumlah tips memaksimalkan ruang dengan menggunakan beragam jenis furnitur multifungsi. Dengan perabotan multifungsi, Anda dapat memaksimalkan setiap ruang di hunian mungil Anda sehingga nyaman untuk ditempati.

Leave a Reply