Danasyariah: Partner Terbaik untuk Pendanaan Proyek Properti

23-0-Envato-min-300×200

Di tengah industri properti yang terus berkembang, mencari sumber pendanaan yang tepercaya dan efisien menjadi tantangan sendiri bagi para pelaku industri properti, khususnya pengembang. Dalam hal ini, Danasyariah hadir sebagai solusi yang menjanjikan untuk kebutuhan pendanaan proyek-proyek properti menggunakan pendekatan syariah yang kian diminati masyarakat.

Apa Itu Danasyariah?

Danasyariah

Danasyariah merupakan platform fintech  peer-to-peer (P2P) lending yang berbasis syariah, khususnya dalam pembiayaan properti. Seperti P2P lending pada umumnya, Danasyariah mempertemukan pendana (lender) dan peminjam dana (borrower) yang membutuhkan pembiayaan untuk kepemilikan properti, pembangunan dan renovasi, serta pembiayaan proyek konstruksi.

Menggunakan prinsip-prinsip syariah, Danasyariah menawarkan solusi pendanaan yang tak hanya menguntungkan secara finansial tetapi juga selaras dengan nilai-nilai dalam agama Islam. Danasyariah beroperasi dengan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini memberikan jaminan keamanan dan legalitas bagi semua pihak yang terlibat dalam transaksi pendanaan.

Mengingat platform Danasyariah menggunakan pendekatan syariah, maka tidak ada sistem bunga. Danasyariah justru menggunakan sistem margin keuntungan yang sebelumnya sudah ditetapkan sesuai dengan kesepakatan antara penerima pendanaan dan pendana.

Keunggulan Danasyariah

Danasyariah

Menjadi pendana di Danasyariah bisa menjadi langkah praktis untuk melakukan investasi dengan aman dan halal. Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi pendana di Danasyariah, berikut ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan.

1. Imbal hasil menarik

Danasyariah menawarkan imbal hasil yang kompetitif bagi para pendana. Imbal hasil yang diberikan bisa berkisar antara 12% hingga 18% per tahun, tergantung pada jenis proyek yang dipilih. Keuntungan ini berasal dari margin penjualan properti melalui akad syariah, yakni murabahah yang diterapkan dalam transaksi.

2. Proses yang transparan dan aman

Sebagai platform yang berizin dan diawasi oleh OJK, Danasyariah memastikan semua transaksi berjalan secara transparan dan aman. Semua data dan informasi terkait proyek pendanaan bisa diakses oleh pendana sehingga mereka bisa membuat keputusan pendanaan sesuai dengan informasi yang disampaikan.

3. Penekanan pada prinsip syariah

Semua kegiatan operasional Danasyariah dijalankan dengan prinsip-prinsip syariah, yakni menghindari riba, gharar atau ketidakpastian, dan spekulasi. Hal ini membuat Danasyariah bisa menjadi pilihan yang sesuai bagi mereka yang ingin menerapkan halal lifestyle dalam aspek finansial.

4. Diversifikasi pendanaan

Danasyariah juga menawarkan berbagai jenis proyek properti untuk didanai, mulai dari pembangunan perumahan, gedung komersial, dan lain sebagainya. Pendana bisa memilih proyek yang sesuai dengan preferensi dan profil risiko mereka masing-masing.

Proses Pendanaan Proyek Properti di Danasyariah

Danasyariah

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi pendana di Danasyariah, prosesnya relatif mudah. Simak tahapan-tahapannya berikut ini.

1. Pendaftaran dan verifikasi

Langkah pertama untuk menjadi pendana ataupun peminjam di Danasyariah adalah dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pengguna perlu mengisi data diri dan dokumen lain yang diperlukan untuk proses verifikasi. Proses ini ditujukan untuk memastikan bahwa semua pengguna yang terlibat adalah pihak yang dapat dipercaya.

2. Pemilihan proyek

Setelah berhasil terdaftar, calon pendana bisa melihat berbagai proyek properti yang ditampilkan melalui situs web Danasyariah. Setiap proyek dilengkapi dengan informasi lengkap, termasuk rencana penggunaan dana, perkiraan imbal hasil, dan jangka waktu pendanaan.

3. Penandatangan akad

Danasyariah menggunakan akad syariah dalam semua transaksi. Setelah pendana memilih proyek yang akan didanai, mereka akan menandatangani akad murabahah untuk mengatur margin keuntungan dan jangka waktu dana dikembalikan oleh penerima pendanaan.

4. Penyaluran dana

Setelah akad disetujui dan ditandatangani, pendana bisa menyalurkan dana melalui Danasyariah dan akan disalurkan kepada peminjam. Dan ini digunakan sesuai dengan rencana yang sebelumnya sudah disepakati dalam akad.

5. Pengawasan dan pengembalian dana

Danasyariah melakukan pengawasan terhadap semua proyek yang didanai. Tujuannya adalah untuk memastikan dana yang diberikan digunakan sesuai dengan rencana. Pendana selanjutnya akan menerima pengembalian dana sekaligus imbal hasilnya sesuai dengan jadwal yang telah disepakati dalam akad.

Mengapa Memilih Danasyariah

Danasyariah

Sejak berdiri hingga akhir tahun 2023, Danasyariah berhasil menyalurkan pendanaan properti mencapai Rp2,73 triliun. Angka fantastis ini berasal dari pendana yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air, yakni mencapai lebih dari 108 ribu pendana.

Total pendanaan tersebut sudah disalurkan ke lebih dari 8.000 penerima yang terdiri dari nasabah individu (pembiayaan pemilikan properti) dan badan hukum di bidang properti. Lebih lanjut, ada sekitar 1.513 penerima pendanaan aktif dan 655 penerima pendanaan dengan kondisi tertentu.

Selama 2023, Danasyariah berhasil menggelontorkan dana mencapai lebih dari Rp1,6 triliun. Dibandingkan dengan tahun 2022, terdapat peningkatan yang cukup signifikan, yakni sekitar Rp4 triliun.

Lebih lanjut, fintech syariah yang satu ini masih memiliki TKB90 di atas 90%. Artinya, tak terjadi kenaikan pada pembiayaan bermasalah di tengah tingginya tingkat penyaluran dana. Memang, masih ada beberapa pihak yang tidak lancar dalam membayar angsuran tetapi jumlahnya tidak begitu signifikan.

Danasyariah sendiri aktif dalam mengantisipasi risiko naiknya jumlah Non-Performing Financing (NPF) pada pembiayaan properti, seperti kepemilikan rumah pertama. Hal ini ditujukan agar operasional Danasyariah tetap berjalan di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti.

Jadi, Danasyariah hadir sebagai partner terbaik dalam pendanaan proyek properti dengan pendekatan sesuai dengan hukum syariah. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, Danasyariah menjadi solusi yang aman, transparan, dan halal bagi para pendana dan peminjam. Dengan memilih Danasyariah, pendana tidak hanya menjadi pendana proyek properti yang menjanjikan tetapi turut berpartisipasi dalam sistem keuangan yang beretika dan adil.

Leave a Reply