15 Ide Lomba Agustusan 2024, Unik dan Seru!

Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus selalu menjadi momen tahunan yang penuh semangat dan kegembiraan. Bagaimana tidak, 17 Agustus kerap dirayakan dengan berbagai macam lomba untuk memeriahkan suasana, mulai dari lomba-lomba yang umum diadakan seperti makan kerupuk hingga lomba-lomba yang unik seperti menangkap belut. 

Namun, agar perayaan 17 Agustus tahun ini lebih berkesan dan seru, bagaimana jika kamu dan pengurus di tempat kamu tinggal, mencoba lomba-lomba yang unik dan beda dari biasanya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

5 Ide Lomba Agustusan yang Unik

Ide Lomba Agustusan

Banyak dari kamu mungkin penasaran sejak kapan tradisi perlombaan 17 Agustus dimulai. Menurut sejarawan JJ Rizal melalui laman Tempo.co, tradisi lomba dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia sudah ada sejak tahun 1950-an. Perlombaan diadakan oleh seksi pemuda dan wanita sambil berkoordinasi dengan ketua RT atau RW setempat.

Dulu, lomba yang diadakan meliputi permainan seperti tarik tambang, makan kerupuk, dan yang paling seru adalah panjat pinang. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak permainan yang diadakan sebagai lomba 17-an. Nah, berikut ini beberapa ide lomba Agustusan yang unik.

1. Tisu angin

Pada perlombaan satu ini, peserta harus menjaga tisu agar tetap melayang dengan cara meniupnya sambil berjalan hingga garis finish. Tentu saja, bila tisu jatuh ke tanah, maka peserta dianggap gugur. Lomba ini sangat melatih kesabaran dan juga ketelitian serta bisa dijadikan ide lomba Agustusan di mana saja.

2. Tiup bola pingpong

Sama-sama meniup, tetapi kali ini yang ditiup adalah bola pingpong. Peserta harus memasukkan bola pingpong ke gawang dengan cara meniupnya. Namun, permainan ini harus diadakan di dalam ruangan yang minim angin agar tidak ada peserta yang dirugikan atau bermain curang.

3. Topi kerucut

Ide perlombaan yang satu ini mengharuskan para peserta untuk mengambil objek tertentu. Namun, mereka harus memakai topi kerucut yang membuat pandangan mereka terbatas. Perlombaan ini seru karena pasti ada peserta yang keliru dalam mengambil objek yang dimaksud.

4. Make up dengan mata tertutup

Lomba satu ini juga bisa menjadi lomba 17 Agustus yang seru. Lomba ini memerlukan dua orang, yakni perias dan yang dirias. Orang yang menjadi perias akan merias wajah orang yang dirias dengan mata tertutup. Proses penilaian bisa ditentukan berdasarkan kerapian dan keindahan hasil tata rias.

5. Memindahkan kacang hijau memakai sumpit

Lomba yang berikut ini bisa menjadi ide lomba Agustusan yang simpel dan seru. Peserta harus memindahkan kacang hijau satu biji per satu biji ke wadah lain dengan waktu yang sudah ditentukan. Peserta dengan jumlah kacang hijau paling banyak akan menjadi pemenangnya.

5 Ide Lomba Agustusan di Kampung

Ide Lomba Agustusan

Berikut ini ide lomba Agustusan yang bisa dilakukan di kampung. Kamu bisa menggunakan beberapa ide dalam artikel berikut sebagai inspirasi untuk mengadakan lomba di RT atau RW setempat.

1. Melepaskan karet dari wajah

Ide lomba yang satu ini mungkin belum banyak dilakukan. Nah, kamu bisa menerapkannya di lomba tahun ini. Jadi, peserta harus menurunkan karet dari area wajah ke leher tanpa menggunakan tangan. Siapa yang paling cepat, itulah pemenangnya. Lomba ini seru karena para penonton bisa menyaksikan ekspresi wajah para peserta yang lucu saat menurunkan karet.

2. Memindahkan air menggunakan spon

Butuh ide lomba yang seru tetapi tidak memerlukan banyak peralatan? Coba lomba memindahkan air menggunakan spon. Jadi, peserta harus memindahkan air dari satu wadah ke wadah lainnya dengan menggunakan spon dalam waktu tertentu. Pemenangnya adalah peserta yang berhasil memindahkan air terbanyak.

3. Menggiring bola dengan timun

Peserta lomba harus menggiring bola ke gawang menggunakan timun yang diikat dengan tali di bagian pinggang. Jadi, posisi timun menggantung di bawah bagian belakang. Siapa yang paling cepat memasukkan bola ke gawang, itulah pemenangnya. Dijamin lomba ini bakal seru dan mengundang tawa dari para penonton.

4. Menggendong suami

Nah, lomba yang satu ini cocok untuk para orang tua dan dijamin seru. Peserta lombanya adalah pasangan suami istri. Para istri akan menggendong suami dan siapa yang paling cepat sampai ke garis finish, itulah pemenangnya. Apabila lepas di tengah jalan, maka harus mengulang lagi dari garis start.

5. Memasukkan benang ke jarum

Satu lagi lomba Agustusan yang cocok untuk di kampung, yakni memasukkan benang ke jarum. Namun, peserta lombanya bukan perempuan, melainkan bapak-bapak. Siapa yang paling cepat berhasil memasukkan benang ke jarum, tentu saja itulah pemenangnya.

5 Ide Lomba Agustusan di Kantor

Ide Lomba Agustusan

Perayaan Hari Kemerdekaan RI tak hanya diadakan di kampung. Banyak kantor perusahaan maupun instansi yang turut memeriahkan perayaan 17 Agustus dengan mengadakan berbagai macam lomba. Bagi kamu yang butuh ide, berikut beberapa inspirasi lomba 17 Agustusan.

1. Peragaan busana

Ide yang pertama adalah lomba peragaan busana dengan tema 17 Agustus. Seluruh karyawan bisa ikut berpartisipasi dalam lomba ini mengenakan kostum-kostum kreatif dengan tema kemerdekaan. Pihak petinggi perusahaan atau instansi mungkin bisa menjadi jurinya.

2. Musical chairs

Dalam lomba yang satu ini, peserta akan mengelilingi kursi yang jumlahnya terbatas seiring dengan diputarnya musik. Begitu musik berhenti, peserta harus berebut kursi dan pemenangnya adalah peserta yang mampu bertahan hingga akhir. Lomba satu ini dijamin seru dan pasti banyak karyawan yang mau mengikutinya karena tidak membutuhkan pernak-pernik khusus.

3. Estafet sarung

Ide lomba Agustusan berikutnya yang bisa diadakan di kantor adalah lomba balap estafet sarung. Jadi, peserta akan mengenakan sarung dan menghampiri peserta berikutnya dalam kelompok yang sama untuk menyerahkan sarung tersebut tanpa menggunakan tangan.

4. Tebak gambar

Lomba yang satu ini memerlukan banyak peserta dalam bentuk kelompok. Orang terdepan dalam setiap kelompok harus menggambar sesuatu sesuai dengan instruksi. Selanjutnya, peserta berikutnya harus menggambar ulang apa yang digambar peserta sebelumnya dan terus hingga akhir. Peserta terakhir wajib menebak apa benda yang digambar tersebut. Pemenangnya tentu saja adalah kelompok yang berhasil menebaknya dengan benar.

5. Hula hoop

Terakhir, ada lomba hula hoop yang bisa dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5-7 orang. Jadi, setiap kelompok harus bisa memindahkan hula hoop tanpa melepas tangan. Lomba ini sangat seru dan bisa digunakan untuk meningkatkan kerja sama tim.

Itulah beberapa ide lomba Agustusan yang bisa kamu gunakan untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan kali ini agar lebih seru dan berkesan. Dengan lomba-lomba yang unik, seru, dan menarik, baik di kampung maupun di kantor, maka semangat kemerdekaan bisa dirasakan oleh semua orang.

Leave a Reply