Ide Renovasi Terjangkau untuk Eksterior Rumah

Ide Renovasi Terjangkau untuk Eksterior Rumah

Rumah adalah tempat yang merepresentasikan kepribadian penghuninya. Dari semua bagian rumah, eksterior memegang peran penting dalam memberikan kesan pertama kepada siapa pun yang mengunjunginya. Seiring berjalannya waktu, kondisi eksterior rumah tentu akan mengalami penurunan dan renovasi pun harus dilakukan.

Hanya saja, renovasi bagian luar rumah kerap dianggap sebagai proyek yang membutuhkan banyak anggaran. Namun, jangan khawatir, ada banyak ide kreatif yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan tampilan eksterior rumah dengan bujet terbatas. Penasaran apa saja idenya? Simak terus ulasan berikut.

Pentingnya Merenovasi Eksterior Rumah

Renovasi Eksterior Rumah

Sebelum mengulas berbagai tips atau ide kreatif untuk merenovasi eksterior rumah, kita pahami terlebih dahulu alasan di balik renovasi tersebut. Pada dasarnya, merenovasi bagian luar rumah memiliki peranan penting dalam menciptakan kesan pertama yang baik. Di sisi lain, renovasi juga dapat menghadirkan suasana baru dan meningkatkan nilai estetika serta properti dari rumah tersebut. Berikut adalah sejumlah alasan mengapa eksterior rumah perlu direnovasi:

1. Menciptakan kesan pertama yang menarik

Bagian luar rumah adalah aspek pertama dari rumahmu yang dilihat oleh tamu atau siapa pun yang melewatinya. Rumah yang tampilan luarnya menarik dan tampak terawat dapat menciptakan kesan pertama yang positif, meningkatkan rasa bangga sebagai pemilik hunian, dan menciptakan aura positif di sekitar lingkungan luar rumah.

2. Meningkatkan fungsi dan kenyamanan rumah

Eksterior rumah yang telah diperbarui dapat meningkatkan kenyamanan bagi penghuninya. Jenis-jenis renovasi, seperti memperluas teras, menambah fasilitas taman, mengecat ulang tembok luar, dan lain sebagainya, dapat meningkatkan kenyamanan dan fungsi area eksterior rumah. Contohnya untuk bersantai bersama keluarga atau beraktivitas di luar rumah, seperti berkebun, olahraga, dan lain-lain.

3. Meningkatkan nilai jual properti

Renovasi bagian luar rumah merupakan salah satu bentuk investasi pada properti. Pasalnya, eksterior yang terawat dan menarik bisa meningkatkan nilai appraisal atau nilai jual properti pada hunian bila kamu memutuskan untuk menjualnya di masa mendatang. 

4. Menciptakan lingkungan yang lebih menyenangkan

Renovasi eksterior rumah tak hanya memberikan manfaat pada penghuninya saja, tetapi juga pada lingkungan sekitar. Bagian luar rumah yang dirawat dengan baik membuat lingkungan sekelilingnya tampak lebih indah, rapi, dan harmonis. Pasalnya, tetangga sekitar rumah bisa saja terinspirasi untuk melakukan hal serupa pada eksterior rumah mereka.

5. Menciptakan ruang untuk berkreasi

Renovasi bagian luar rumah bisa menjadi salah satu media untuk menunjukkan kreativitas kamu. Kamu bisa mendesain ulang fasad rumah, menghadirkan elemen-elemen dekoratif pada dinding, membuat taman atau kolam yang menarik, dan lain sebagainya. Semua ide kreatif ini bisa menjadi media untuk menunjukkan kepribadian kamu yang sebenarnya.

Tips Merenovasi Eksterior Rumah dengan Anggaran Terbatas

Renovasi Eksterior Rumah

Merenovasi eksterior rumah tak selalu memerlukan biaya yang besar. Tergantung tingkat kerusakan bagian luar rumah dan juga perencanaan yang baik, kamu dapat meningkatkan tampilan luar rumah dengan anggaran terbatas. Nah, berikut adalah beberapa tips dan ide untuk merenovasi eksterior rumah tanpa harus menguras kantong.

1. Memanfaatkan tanaman dan lanskap

Punya sisa lahan di halaman rumah? Kamu bisa lho mengubahnya menjadi lanskap yang menarik dengan menggunakan tanaman. Pilih tanaman hias yang sesuai dengan iklim di daerahmu dan yang memiliki perawatan mudah. Pertimbangkan pula harga tanaman hias yang ingin kamu beli dan jangan sampai melebihi anggaran.

Selain itu, pilih tanaman hias dalam pot atau tanaman dalam bentuk pohon-pohon kecil untuk menambah elemen visual pada lanskap. Jangan ragu untuk berkreasi dengan warna tanaman, tekstur maupun tinggi tanaman untuk menciptakan tampilan yang lebih menawan.

Bila masih ada cukup area, buat jalur setapak menggunakan material alam yang terjangkau, seperti batu. Nah, kalau kurang sreg dengan tanaman, kamu bisa mengubah lanskap tanaman ini menjadi kolam ikan.

2. Menghadirkan warna baru pada dinding luar

Pada dasarnya, merenovasi bagian luar rumah dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti memberikan sentuhan warna baru pada dinding luar. Pilihlah cat khusus eksterior rumah, terutama yang dapat menahan berbagai kondisi cuaca. Dengan begitu, dinding luar tak hanya terlihat lebih fresh, tetapi juga tahan lama.

Untuk warna catnya sendiri bisa kamu sesuaikan kembali dengan konsep yang ingin kamu usung. Misalnya kamu suka desain minimalis, maka pilih cat dengan warna-warna netral, seperti putih, krem, dan abu-abu. Sulit menemukan warna cat yang kamu inginkan? Jangan ragu untuk bereksperimen dengan warna-warna yang ada.

Selain warna cat, perhatikan pula cara pengecatannya. Pasalnya, teknik pengecetan tembok dapat memengaruhi tampilan maupun daya tahan dinding terhadap cuaca ekstrem. Gunakan jasa tukang bila ada bujet tambahan dan kalau tidak, coba cari di internet teknik mengecat yang benar sebelum melakukannya sendiri.

3. Mempercantik pintu depan

Pintu depan adalah salah satu fokus utama pada fasad rumah. Dalam konteks renovasi, mengubah penampilan pintu depan dengan anggaran secukupnya dapat memberikan dampak yang masif terhadap seluruh tampilan luar rumah.

Pertama, kamu bisa merenovasi pintu depan dengan cara mengecatnya menggunakan cat warna atau plitur agar terlihat baru lagi. Kamu juga bisa pegangan pintu dengan model yang lebih unik atau terkini untuk memberikan sentuhan baru.

Kamu juga dapat memasang hiasan pintu, seperti karangan bunga atau elemen dekoratif lainnya yang mencerminkan gaya rumah kamu. Agar pintu tetap terlihat menarik pada malam hari, tambahkan pencahayaan seperti lampu gantung atau lampu dinding di dekat pintu.

4. Inovasi dengan material yang ada

Memanfaatkan material yang sudah ada adalah cara cerdas untuk memperbaiki tampilan eksterior rumah dengan anggaran terbatas. Misalnya, jika rumah kamu memiliki pagar, kamu bisa menambahkan aksen logam atau kayu pada bagian tertentu untuk memberikan tampilan baru.

Kamu juga bisa mengganti atap teras dengan material yang lebih estetis dan awet tanpa mengubah strukturnya. Bila bagian depan rumah ada jalan setapak, kamu bisa memasang batu alam atau material unik lainnya agar terlihat lebih menarik.

5. Memilih pencahayaan untuk eksterior pada malam hari

Pencahayaan memainkan peran penting dalam membuat eksterior rumah tampil lebih menarik pada malam hari. Ada banyak yang bisa kamu lakukan dengan bujet terbatas, seperti memasang lampu di sepanjang jalan masuk ke pintu depan. Lampu temaram yang ditempatkan strategis pada sudut-sudut tertentu dapat memberikan sentuhan dramatis pada eksterior rumah.

Kamu juga bisa memasang lampu dekoratif di area taman atau teras untuk menciptakan kesan visual yang lebih apik. Agar tidak boros listrik, gunakan lampu dengan teknologi LED yang hemat energi.

Jadi, itulah sejumlah ide untuk merenovasi eksterior rumah dengan anggaran terbatas. Merenovasi tampilan luar rumah adalah investasi yang baik untuk penampilan rumah kamu, kenyamanan penghuni maupun nilai properti itu sendiri.

Leave a Reply