10 Ide Renovasi Rumah untuk Menyambut Tahun Baru

10 Ide Renovasi Rumah untuk Menyambut Tahun Baru

Tahun baru identik dengan momen untuk memulai lembaran hidup yang baru dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Momen ini juga kerap digunakan untuk merancang resolusi-resolusi besar dalam hidup. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk lingkungan sekitar atau tempat tinggal. Sebab itu, tahun baru banyak dimanfaatkan masyarakat untuk merenovasi hunian.

Kamu pun juga bisa memanfaatkan momen ini untuk memperbaiki atau memperindah tampilan hunian kamu. Lagi pula, renovasi rumah tak harus besar-besaran. Kamu bisa mengubah beberapa bagian tertentu yang memang perlu diubah untuk menciptakan suasana baru pada hunian tercinta kamu.

10 Inspirasi Renovasi Rumah untuk Menyambut Tahun Baru

Renovasi Rumah

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah inspirasi renovasi rumah untuk menyambut tahun baru dengan lebih semarak.

1. Ubah interior menjadi open plan

Biasanya, renovasi rumah mencakup pemanfaatan lahan nganggur atau pengoptimalan lahan yang ada di rumah. Bila kamu memiliki lahan yang terbatas, otomatis kamu harus lebih kreatif dalam mengoptimalkan lahan yang ada. 

Salah satu rekomendasi yang layak untuk dipertimbangkan adalah mengubah interior rumah menjadi open plan. Maksud dari konsep ini adalah menghilangkan sekat-sekat yang sebelumnya membatasi satu ruang dengan ruang yang lainnya. 

Misalnya, jika sebelumnya dapur dan ruang makan disekat, coba hilangkan sekat tersebut dan ganti dengan kitchen island agar terlihat lebih lapang. Selain ruang makan dan dapur, konsep terbuka juga bisa diterapkan pada ruang keluarga dengan ruang tamu atau rumah makan dengan ruang keluarga.

2. Gunakan wallpaper baru 

Menciptakan suasana baru adalah salah satu tujuan melakukan renovasi rumah. Selain dengan merombak total desain interior rumah, masih ada cara lain yang lebih praktis dan terjangkau untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan memasang wallpaper baru sesuai dengan desain interior rumah.

Cara ini sangat direkomendasikan, terutama bila sebelumnya dinding rumah kamu hanya menggunakan cat warna biasa. Bila sebelumnya sudah memakai wallpaper, tak ada salahnya untuk menggantinya dengan yang baru. Pastikan wallpaper memiliki motif dan warna yang selaras dengan desain renovasi yang kamu kehendaki.

3. Gunakan backsplash baru untuk ubah tampilan dapur

Dapur termasuk salah satu area yang tak boleh dilewatkan dalam proses perbaikan rumah. Biasanya, pemilik rumah merenovasi bagian dinding, lantai, hingga kabinet. Namun masih ada satu lagi bagian yang juga wajib untuk direnovasi, yakni backsplash atau area pemisah antara kabinet atas dan bawah.

Backsplash berguna untuk melindungi dinding area dapur dari kotoran, seperti cipratan minyak dan air. Dengan memperbaiki bagian backsplash, dapur akan terlihat lebih enak dipandang dari sebelumnya. Untuk desainnya sendiri, kamu bisa sesuaikan dengan konsep renovasi yang kamu inginkan.

4. Pakai perabot colorful untuk dinding netral

Bosan dengan tampilan rumah yang terlalu netral? Coba beranikan diri untuk bermain-main dengan perabot warna-warni. Misalnya untuk area dinding yang berwarna netral, berikan sentuhan-sentuhan colorful melalui hiasan dinding atau furnitur seperti meja dan kursi.

Sebagai contoh pada area ruang tamu, kamu bisa memperbarui warna dinding di ruangan ini dengan warna putih. Selanjutnya pada kusen jendela (bila ada), cat dengan warna yang lebih mencolok, misalnya biru. Lalu pada pemilihan furnitur, misalnya sofa, pilih warna yang senada dengan warna kusen jendela tadi.

5. Tata ulang pencahayaan ruangan

Pencahayaan adalah salah satu aspek yang memengaruhi suasana di dalam rumah. Cukup dengan mengganti pencahayaan, kamu sudah bisa mengubah suasana ruangan rumah kamu. Misalnya degan memasak lampu tempel pada dinding untuk membuat rumah makin cantik.

Bukan hanya lampu saja, kamu juga bisa menambah pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah. Misalnya, kamu bisa menambah jendela minimalis atau atap transparan agar sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Kuncinya adalah pencahayaan alami di dalam ruangan tidak boleh terlalu banyak ataupun kurang.

6. Tata ulang peletakan furnitur

Kalau furnitur di rumah sudah terlihat usang, jangan langsung buru-buru diganti. Coba perbaiki terlebih dahulu atau mungkin dicat kembali agar terlihat seperti baru lagi. Kamu bisa juga mengubah fungsinya agar tetap berguna, misalnya meja kopi menjadi meja untuk meletakkan dekorasi.

Selain itu, kamu juga bisa menata ulang peletakan furnitur di dalam rumah. Hal ini bisa kamu terapkan pada ruang tamu, ruang keluarga, kamar, maupun ruang kerja. Dengan cara ini, suasana rumah akan terasa seperti baru meskipun sebenarnya tak ada yang diubah dari isinya.

7. Masukkan tanaman ke dalam rumah

Ide selanjutnya untuk memperindah rumah dalam rangka menyambut tahun baru adalah dengan meletakkan tanaman pot di dalam rumah. Kamu bisa memilih tanaman dalam pot atau tanaman yang khusus untuk di dalam rumah. Sebab, tanaman seperti ini tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari maupun air sehingga perawatannya mudah.

Kamu bisa meletakkan tanaman di beberapa titik, seperti ruang keluarga dan ruang tamu. Kamu bisa juga loh membawa vegetasi kecil ke dalam kamar tidur, misalnya saja kaktus mini dalam pot. Dengan cara ini, ruangan akan terlihat makin segar karena adanya warna hijau di dalam rumah.

8. Pajang karya seni di dinding

Mau tahu cara mudah dan murah untuk memperbarui suasana rumah? Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan memajang karya seni atau mungkin foto paling berkesan dalam hidupmu. Kamu bisa memasangnya di ruang tamu, ruang keluarga, ruang kerja, dan kamar tidur.

Agar pajangan dinding terlihat lebih menarik dan berestetika, pastikan jangan memasang pajangan terlalu tinggi, setidaknya 1,5-1,7 meter dari lantai. Selanjutnya, pilih bingkai yang selaras dengan konsep interior di dalam rumah. Ketiga, susun karya seni atau foto dengan teratur dan tidak terlalu berdekatan.

9. Cat ulang eksterior rumah

Selain merenovasi bagian dalam rumah, jangan lupa juga untuk memperbarui tampilan luar rumah karena kesan pertama adalah segalanya. Kamu bisa mengecat pintu atau mungkin dinding luar dengan warna yang sesuai dengan konsep yang ingin kamu wujudkan. Misalnya, kamu ingin merenovasi rumah dengan konsep minimalis, maka ganti cat eksterior rumah dengan warna-warna netral seperti putih dan krem.

10. Ubah gaya tirai

Punya bujet terbatas untuk memperbarui tampilan rumah? Coba mulai dari hal-hal kecil seperti mengganti gorden atau tirai rumah, khususnya di ruang tamu. Kamu bisa mengganti tirai dengan warna yang sesuai dengan desain interior rumah, boleh lebih gelap atau mungkin lebih terang dari tirai sebelumnya.

Kamu juga bisa mengganti jenis kain tirai yang kamu gunakan. Salah satu jenis kain tirai yang cukup direkomendasikan adalah venetian blinds karena dianggap mampu mengendalikan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah dan desainnya juga elegan.

Nah, itulah beberapa inspirasi renovasi rumah untuk menyambut tahun baru. Momen pergantian tahun memang sudah berlalu, tetapi tidak ada kata terlambat untuk menciptakan suasana baru dengan merenovasi hunian kamu.

Leave a Reply