Inspirasi Renovasi Rumah Kekinian dengan Budget Minimalis

Inspirasi Renovasi Rumah Kekinian dengan Budget Minimalis
Sumber : Envato

Bosan dengan tampilan rumah yang sudah mulai ketinggalan zaman? Mungkin sudah saatnya Anda melakukan renovasi. Memang, biayanya tidak sedikit tapi bukan berarti harus dijadikan penghalang. Banyak lho inspirasi renovasi rumah kekinian yang bisa Anda wujudkan dengan biaya yang ramah di dompet. Mau tahu seperti apa ide renovasinya? Simak terus!

Ide Renovasi Rumah Kekinian dengan Budget Terbatas

Inspirasi Renovasi Rumah Kekinian
Sumber : Envato

Kunci utama merenovasi rumah dengan biaya terbatas adalah mengeksplorasi kreativitas Anda.  Sebagai referensi, berikut ada beberapa ide yang bisa Anda gunakan untuk merenovasi hunian Anda.

1. Berikan warna baru

Rumah yang catnya mulai memudar dan usang memang bisa membuat suasana terasa kurang nyaman. Agar suasana menjadi lebih hidup, Anda bisa melakukan renovasi kecil-kecilan. Caranya dengan mengecat ulang setiap ruangan yang ada di rumah. Kalau biayanya terbatas, cukup warnai ulang ruangan yang warnanya memang sudah memudar.

Mau tampilan rumah terlihat lebih kekinian? Pilih cat warna monokrom, seperti putih, hitam, dan abu-abu. Ketiga warna tersebut kerap digunakan pada hunian-hunian dengan konsep minimalis atau Industrial. Supaya terlihat ada harmoninya, perhatikan warna-warna furnitur dan perabot lainnya sebelum memilih warna cat. 

2. Ubah pencahayaan rumah

Interior rumah terasa suram meski sudah dicat ulang menggunakan warna cerah? Mungkin Anda hanya perlu mengubah sistem pencahayaan saat melakukan renovasi rumah. Tak muluk-muluk harus menambah jendela baru. Cukup dengan mengubah jenis lampu yang Anda gunakan, suasana rumah akan langsung terasa lebih hidup.

Ada banyak jenis lampu yang bisa Anda pilih, mulai dari spotlight, lampu gantung, hingga lampu dekorasi. Semuanya bisa dikombinasikan sesuai selera dan gaya interior ruang yang akan Anda ubah pencahayaannya. 

Jangan lupa juga untuk memperhatikan warna cahaya lampunya. Pastikan warnanya sesuai dengan jenis atmosfer ruangan yang Anda inginkan. Posisi lampu juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan fungsinya. Misal, lampu gantung untuk ruang keluarga dan lampu baca untuk kamar tidur.

3. Tambah material desain

Bagi Anda yang baru saja membeli rumah bekas, tentu perlu yang namanya melakukan renovasi. Salah satu inspirasi renovasi rumah untuk membuat interior lebih berkarakter adalah dengan menambah material pada dinding rumah. Misalnya dengan memasang batu bata ekspos, veneer batu alam,  atau wallpaper.

Lantai keramik terlihat membosankan? Coba tambahkan parket kayu agar kesan visualnya lebih menonjol. Selain itu, Anda juga bisa lho menambahkan elemen yang fungsional, seperti kabinet dinding untuk area dapur. Mau yang tinggal beli tanpa harus repot-repot menyewa jasa tukang? Anda bisa menambahkan karpet bulu untuk ruang keluarga atau kamar tidur.

4. Tambahkan ruang terbuka hijau

Salah satu tujuan renovasi adalah untuk membuat suasana rumah lebih segar dan nyaman sehingga siapa pun betah beraktivitas di dalamnya. Dengan menghadirkan vegetasi di dalam rumah, hunian akan terasa jauh lebih segar. 

Selain di dalam rumah, area eksterior juga bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan ruang terbuka hijau. Tak harus besar, optimalkan saja luas area yang ada. Selanjutnya, pilih jenis tanaman sesuai selera. Tanaman hias pembawa hoki seperti aneka sukulen dan pohon uang juga bisa Anda jadikan pilihan. 

5. Pertimbangkan gaya industrial

Mau renovasi rumah agar hunian terlihat lebih kekinian? Mungkin gaya industrial bisa menjadi pilihan yang ideal. Konsep ini bisa Anda wujudkan dengan beragam cara. Misalnya dengan membuka keramik lantai dan membiarkan lantai beton menjadi elemen utama. Bisa juga dengan menghapus plester tembok untuk mengekspos dinding bata.

Merenovasi rumah dengan konsep industrial tak hanya murah meriah, tapi juga membuat desain rumah terlihat lebih unik. Nah, ide renovasi ini bisa Anda terapkan pada ruang kerja atau dinding di area keluarga.

6. Kembali ke elemen dasar rumah

Mau merenovasi rumah tapi bingung mau desain yang seperti apa? Agar lebih mudah dan tentunya tidak memakan banyak biaya, coba kembalikan beberapa elemen dasar pada hunian Anda.

Ide renovasi rumah ini bisa Anda wujudkan dengan mengaplikasikan warna-warna dasar, baik pada dinding, lantai, maupun perabot. Gaya yang umum ini sifatnya abadi sehingga bisa membuat suasana rumah terasa selalu seperti baru. Selain itu, juga bisa membantu Anda menghemat pengeluaran karena tak perlu melakukan renovasi lagi di kemudian hari.

7. Renovasi lewat furnitur

Mayoritas orang melakukan renovasi agar hunian mereka tidak terlihat ketinggalan zaman. Oleh sebab itu, furnitur juga menjadi bagian penting yang harus diperhatikan dalam merenovasi rumah.

Dalam memilih furnitur, Anda harus menyesuaikannya dengan gaya interior atau eksterior rumah. Kalau Anda ingin mengusung konsep minimalis, pilihlah furnitur dengan warna dasar dan tidak memiliki terlalu banyak ornamen.

Bagaimana, sudah punya rencana untuk melakukan renovasi rumah? Daftar di atas bisa Anda jadikan inspirasi untuk mewujudkan hunian impian. Bila rumah yang ingin direnovasi masih dalam tahap pelunasan pembelian tetapi terhalang masalah dana, Anda bisa mengandalkan Dana Syariah.

Lewat Dana Syariah, Anda bisa mengajukan pembiayaan kepemilikan rumah impian dengan mudah dan aman. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut!

Leave a Reply