Begini Tata Ruang Kerja yang Tepat untuk Pekerja Kreatif

Begini Tata Ruang Kerja yang Tepat untuk Pekerja Kreatif

Pandemi COVID-19 telah mengubah sebagian besar aspek kehidupan masyarakat modern, termasuk dalam hal bekerja. Salah satu perubahan yang mencolok adalah diterapkannya sistem work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Kendati sistem kerja seperti ini sudah ada bahkan sebelum pandemi, mayoritas masyarakat Indonesia baru mengetahuinya selama pandemi.

Bekerja di rumah banyak digeluti oleh pekerja kreatif, yakni mereka yang bekerja sebagai penulis konten, editor video, desainer grafis, dan yang serupa. Mereka sering kali mengalami kesulitan dalam menciptakan inspirasi saat bekerja dari rumah. Oleh sebab itu, penting bagi mereka untuk memiliki ruang kerja yang tepat untuk membantu mereka tetap produktif.

Pentingnya Punya Ruang Kerja di Rumah

Tata Ruang Kerja

Bagi yang baru menjajal sistem kerja dari rumah, mungkin masih bertanya-tanya, apa sih pentingnya punya ruang kerja di rumah. Berikut jawabannya:

1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Bekerja dari rumah memang bisa menghemat ongkos transportasi. Namun bekerja dari rumah juga banyak tantangannya, salah satunya adalah sulit untuk fokus dan konsentrasi. Terlebih bila area bekerja digabung dengan area tamu atau mungkin dekat dapur, jelas akan ada banyak gangguan yang bisa memecah konsentrasi.

Dengan memiliki ruang khusus untuk bekerja, kamu bisa menciptakan area kerja yang bebas dari gangguan. Alhasil, kamu pun bisa lebih fokus pada pekerjaan, menjadi lebih produktif, dan dapat menyelesaikan tugas dengan optimal.

2. Membantu diri menjadi lebih produktif

Memiliki ruangan khusus untuk kerja dan ruangan tersebut tertata dengan rapi, bisa memberikan banyak manfaat termasuk meningkatkan produktivitas. Dengan memiliki ruangan kerja yang rapi, kamu juga bisa menjangkau semua perlengkapan kerja secara mudah. Hal itu pada akhirnya dapat membantumu untuk menyelesaikan pekerja secara optimal.

Di sisi lain, memiliki ruang kerja sendiri bisa menciptakan rasa tanggung jawab yang lebih besar terhadap tugas-tugasmu. Dengan begitu, kamu bisa tetap fokus dan menghindari gangguan-gangguan yang bisa membuatmu jadi tidak produktif.

3. Membuat hasil pekerjaan lebih berkualitas

Kualitas pekerjaan merupakan faktor yang sangat penting dalam dunia kerja, terlepas dari jenis pekerjaannya. Membuat ruang kerja yang nyaman dan rapi dapat membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan yang lebih berkualitas.

Ketika kamu memiliki ruang kerja yang sengaja didesain sedemikian rupa, kamu akan merasa lebih nyaman dan mudah untuk memotivasi diri dan merangsang kreativitas. Pasalnya, pekerjaan yang dilakukan dalam suasana yang nyaman memiliki kualitas yang lebih baik. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang bekerja di industri kreatif.

4. Memiliki waktu untuk keluarga

Bekerja dari rumah biasanya membuat orang tidak bisa memisahkan waktu kapan harus bekerja dan berkumpul bersama keluarga. Umumnya, WFH menghapus batas-batas antara keduanya sehingga sulit bagi pekerja untuk menciptakan work life balance.

Namun dengan memiliki ruang kerja yang terpisah, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan secara lebih efisien. Dengan kata lain, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga tanpa harus teringat-ingat dengan beban pekerjaan.

5. Meningkatkan kualitas kesehatan

Kesehatan mental dan fisik adalah aspek penting dalam kehidupan setiap manusia. Saat bekerja dari rumah, kesehatan fisik dan mental sering kali harus menjadi korban karena kurangnya aktivitas fisik, asupan cahaya matahari, salah posisi duduk, dan lain sebagainya. Hal ini justru akan menimbulkan kondisi kesehatan yang tak terduga.

Sebab itu, penting juga untuk mendesain ruangan kerja yang dapat dimasuki cahaya matahari langsung secara cukup. Penting juga untuk memilih perlengkapan kerja seperti meja dan kursi yang ergonomis. Lebih lanjut, ruang kerja seyogianya harus terpisah dari kamar tidur agar kamu bisa menciptakan batas waktu kapan saatnya bekerja dan beristirahat.

Tata Ruang Kerja yang Tepat untuk Pekerja Kreatif

Tata Ruang Kerja

Bagaimana, sudah paham kan mengapa butuh ruang kerja terpisah? Buat kamu para pekerja kreatif, berikut adalah tata ruang kerja yang tepat untuk kamu.

1. Kenali kebutuhan ruang kerja

Langkah pertama dalam menata ruang kerja adalah dengan mengenali apa yang kamu butuhkan dalam ruangan kerja. Hal ini bisa ditentukan dari jenis pekerjaan yang kamu lakoni. Apakah kamu bekerja sebagai penulis, desainer grafis, editor video, dan lain sebagainya.

Identifikasi pula jenis-jenis peralatan yang kamu butuhkan saat melakukan pekerjaan. Apakah kamu butuh meja khusus untuk menggambar, lampu meja, komputer, dan lain sebagainya. Daftar semuanya dan sesuaikan kembali dengan luas ruangan.

2. Buat gambaran ruangan

Buat gambaran terkait di mana kamu akan memposisikan barang-barang untuk bekerja. Pastikan meja kerja diletakkan di area yang mendapatkan pencahayaan cukup, seperti dekat jendela. Jangan diletakkan tepat di depan pintu ruangan karena akan membuat kamu cenderung untuk mengecek apa yang ada di luar pintu sehingga sulit untuk berkonsentrasi dan rileks.

3. Pilih tempat untuk menyimpan peralatan kerja

Langkah selanjutnya dalam menata ruang kerja adalah menentukan area khusus untuk menyimpan peralatan kerja. Agar mudah untuk diakses, kategorikan peralatan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Pastikan pula semua perlatan memiliki tempat dan jangan diletakkan di satu wadah agar mudah untuk mencarinya. Selain itu, hanya simpan peralatan yang benar-benar sering kamu gunakan. Bila tidak digunakan, lebih baik disingkirkan dari ruang kerja.

4. Tentukan warna dan dekorasi

Pekerja kreatif selalu membutuhkan inspirasi dan ini bisa didapatkan dari desain ruang kerja yang ditempati. Umumnya, pekerja kreatif bisa mendapatkan inspirasi di ruangan yang tidak menggunakan terlalu banyak warna karena bisa membuat pikiran mereka lebih jernih. Jadi, gunakan satu atau dua warna yang masih berada dalam satu spektrum warna untuk dinding ruangan. Letakkan pula beberapa dekorasi yang kamu sukai dan selaras dengan warna ruangan.

5. Ganti posisi furnitur bila dibutuhkan

Bila kamu termasuk orang yang mudah bosan, jangan ragu untuk mengubah posisi furnitur di dalam ruang kerja. Mengubah posisi furnitur bisa membuat ruangan terasa lebih fresh sehingga motivasi bekerja pun terasa baru lagi.

6. Tumbuhkan pola pikir kreatif

Pekerja kreatif pastinya memiliki pikiran yang kreatif. Agar kamu selalu terinspirasi meskipun jarang keluar dari rumah karena tuntutan pekerjaan, coba buat hal-hal kecil di dalam ruang kerjamu. Contohnya adalah membuat minuman favorit, memutar musik tertentu saat bekerja, dan lain sebagainya.

Dengan mendesain tata ruang kerja yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaanmu, kamu tentunya bisa menciptakan lingkungan yang dapat mendorong produktivitas dan kreativitasmu sebagai pekerja kreatif. Pasalnya, ruang kerja yang nyaman akan dapat membantu kamu menghadapi kesulitan dan mewujudkan kesuksesan dalam pekerjaan.

Leave a Reply