Siapkan Dana Pensiun Sedari Dini, untuk Masa Tua yang Lebih Sakinah

Siapkan-Dana-Pensiun-Sedari-Dini,-untuk-Masa-Tua-yang-Lebih-Sakinah

Bagi sebagian dari kita, terutama generasi milenial, mengumpulkan dana pensiun merupakan topik diskusi terlampau jauh. Padahal, prinsip dasar dari masa pensiun adalah semakin dini, semakin baik. Dengan perencanaan yang lebih dini, kita jadi punya banyak waktu untuk mempersiapkan dana, pilihan yang ada pun cenderung beragam dan dapat dieksplorasi secara fleksibel. Sebaliknya, semakin lama kita menunda pilihan dan waktu yang tersedia akan semakin terbatas. Padahal, kita selalu ingin masa tua yang sakinah (tentram) dan tidak ingin terbebani urusan finansial. 

Tenang saja, berikut kami rangkum beberapa langkah untuk mempersiapkan dana pensiun. So, buat #TemanSyariah yang masih merasa belum perlu maupun yang sudah ada niatan, nggak salahnya baca artikel ini sampai selesai!

Langkah 1

Ketahui mengapa kita memerlukan dana pensiun.

Secara alamiah, seiring bertambahnya usia kita maka tubuh kita akan semakin rentan terhadap berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh yang mulai melemah di usia tua.

Dengan demikian, kita tentu memiliki keterbutuhan terhadap perawatan medis yang lebih besar dibandingkan saat kita muda dan sehat. Padahal, dilansir dari Mercer Marsh Benefits (2019), biaya medis di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 11% per tahunnya. 

Selain alasan kesehatan, #TemanSyariah perlu mengetahui, bahwa kebutuhan hidup bisa saja meningkat. Padahal, di saat yang sama, keluarga terdekat juga sedang memiliki kebutuhan hidup yang tinggi. 

Langkah 2

Cari tahu apa saja yang kita butuhkan saat pensiun.

Coba kita hitung kebutuhan bulanan kita saat ini saja. Nilainya berapa persen dari pendapatan kita setiap bulannya? Bagaimana jika kebutuhan itu nilainya makin meningkat (mengingat inflasi dan keterbutuhan masa lansia), sedangkan saat pensiun kita tidak lagi produktif untuk bekerja atau berpendapatan. 

Langkah 3

Setelah kita menghitung biaya hidup di masa pensiun, kita harus menuliskan rencana sumber pembiayaannya. Langkah inilah yang memerlukan persiapan sedini mungkin. 

Bagi para pekerja yang dana pensiunnya dijamin oleh perusahaan, jangan senang dulu. Perusahaan belum tentu menghitung kebutuhan pensiun yang telah kita rencanakan berdasarkan data-data masa kini. Oleh karenanya, kita memerlukan perhitungan yang matang sejak awal.

Pada langkah ini, memproduktifkan aset dan memiliki arus kas pasif di masa tua sangat dibutuhkan.

Kedua cara untuk memenuhi sumber pembiayaan ini dapat dilakukan sekaligus hanya dengan satu langkah: memulai pendanaan di Dana Syariah. Dengan imbal hasil setara 15-20% per tahun, kita bisa mempersiapkan dana pensiun dengan aman dan berkah. Hal ini dikarenakan sistemnya yang halal dan terbebas dari gharar, maisir, serta riba. Selain itu, melakukan pendanaan pada proyek properti di Dana Syariah dapat kita lakukan sampai lansia. Arus kas pasif lancar, masa tua jadi lebih sakinah. 

Leave a Reply