Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Jasa Interior Profesional

Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Jasa Interior Profesional
Sumber : Envato

Interior rumah mulai terlihat membosankan? Mau renovasi, tetapi belum punya gambaran mau desain seperti apa? Coba pakai jasa desain interior profesional. Memilih desainer interior untuk rumah tinggal bisa dikatakan susah-susah gampang. 

Dibilang gampang karena sekarang sudah banyak orang yang berprofesi sebagai desainer interior. Dikatakan susah karena tidak semua desainer benar-benar mampu memproyeksikan konsep sesuai dengan kebutuhan klien. Untuk itu, penting buat kamu untuk menyimak tips memilih desainer interior berikut ini.

Pahami Tipe Desain yang Kamu Inginkan

jasa desain interior
Sumber : Envato

Langkah pertama dimulai dari diri sendiri. Sudah punya konsep atau belum? Kalau sudah, mungkin kamu sudah mengumpulkan banyak referensi. Dengan memahami desain yang kamu inginkan, kamu akan lebih mudah dalam menemukan desainer yang tepat. Pasalnya, setiap perancang memiliki niche-nya masing-masing.

Namun perlu diketahui bahwa perancang yang kompeten adalah yang bisa menjawab semua preferensi klien. Nah, kalau mau menentukan konsep sendiri, tetapi belum punya referensi, coba cari-cari inspirasi desain dahulu di internet, misal lewat Pinterest. 

Tren Desain Interior 2023

Setiap tahun, tren desain interior umumnya mengalami perubahan. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah gaya interior yang ngetren di tahun 2023.

1. Serba minimalis

Interior rumah minimalis masih menjadi salah satu gaya favorit di 2023. Desain ini berasal dari aliran seni minimalisme yang diterapkan pertama kali oleh Ludwig Mies van der Rohe pada abad ke-20.

Prinsip minimalis ini mengandung sejumlah unsur de Stijl, yakni pergerakan seni yang muncul pada 1917. Unsur yang dimaksud antara lain bentuk geometris dan warna-warna monokrom atau netral.

Bila diterapkan pada interior rumah tinggal, unsur ini memberi kesan modern dan simpel. Bagian dalam rumah juga menjadi lebih efisien, tetapi tetap terlihat estetis tanpa mengorbankan sisi fungsionalitasnya. 

2. Dominasi warna netral

Interior dengan warna netral masih ngetren hingga 2023. Pasalnya, warna netral adalah elemen utama dalam gaya minimalis dan industrial untuk menciptakan kesan sleek dan modern. Di samping itu, warna netral bisa membuat ruangan tampak lebih tenang dan nyaman. 

Tidak hanya diterapkan pada dinding, langit-langit, atau lantai saja, tetapi juga pada pemilihan furnitur dan ornamen lainnya. Beberapa warna netral yang cocok untuk interior adalah putih, hitam, cokelat, krem, abu-abu, taupe, dan beige.

3. Kebun di dalam rumah

Hobi mengoleksi tanaman hias bisa menjadi ide menarik untuk merenovasi interior rumah. Ya, benar, kamu bisa menciptakan vegetasi di dalam rumah sebagai dekorasi. Agar makin menarik, kamu bisa memadukannya dengan warna netral, baik itu pada dinding maupun furnitur. Selain sebagai ornamen, ide ini juga akan membuat ruangan terasa lebih hidup dan menenangkan.

Pilih Desainer dengan Reputasi yang Baik

jasa desain interior
Sumber : Envato

Langkah selanjutnya adalah mencari jasa desain interior. Mau memilih desainer independen atau yang bekerja di bawah naungan perusahaan, keduanya sama-sama membutuhkan pertimbangan. 

Untuk itu, kamu wajib melakukan pengecekan media sosial atau laman resmi milik penyedia jasa desain. Cari tahu bagaimana sistem kerjanya, apakah jelas atau tidak. Kejelasan di sini berkaitan dengan masalah keterbukaan bujet dan kontrak kerja sama. 

Sistem kerja yang transparan menunjukkan bahwa desainer tersebut kredibel dan memiliki reputasi yang bagus. Jika reputasinya bagus, pastinya banyak klien yang sudah menggunakan dan percaya dengan jasa mereka. 

Cermati Portfolio-nya

jasa desain interior
Sumber : Envato

Memiliki sistem kerja transparan bukan satu-satunya pertimbangan dalam memilih jasa desain interior. Pokoknya, jangan terburu-buru merekrut desainer. Cari lebih dari satu desainer dan lihat-lihat dulu portfolio dari proyek yang pernah mereka tangani. Dari sini, kamu bisa menilai apakah cara mendesain mereka sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kalau memang berbeda, jangan langsung pindah ke lain desainer. Tanyakan dahulu apakah mereka sanggup mewujudkan desain impian kamu. Umumnya, desainer bekerja berdasarkan permintaan klien. 

Jadi, meskipun belum pernah menggarap desain baru, mereka biasanya akan memberikan contoh konsepnya terlebih dahulu. Tentunya contoh yang dibuat disesuaikan dengan aspirasi kamu. Dengan begitu, kamu sebagai klien bisa mengetahui seperti apa kualitas rancangan mereka nanti.

Bila semua desainer pilihan kamu sama-sama memberikan contoh desain, bandingkan contoh pekerjaan mereka. Lalu, tentukan mana yang sesuai dengan preferensi kamu.

Lihat Testimoni Klien

jasa desain interior
Sumber : Envato

Selanjutnya dalam memilih jasa desain interior adalah mengecek testimoni klien. Baik itu desainer independen atau non-independen, keduanya pasti memiliki eksistensi di media sosial. Terlebih desain interior adalah pekerjaan visual, jadi pasti membutuhkan media sosial untuk menunjukkan portfolio sekaligus promosi.

Lewat media sosial pula, kamu bisa mengetahui bagaimana kepuasan konsumen dari desainer terkait. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk mengetahui tingkat kepercayaan klien-klien sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa menentukan apakah desainer tersebut memiliki kinerja yang cukup meyakinkan.

Pilih Desainer yang Solutif

jasa desain interior
Sumber : Envato

Tidak sedikit pengguna jasa desain interior yang bahkan tak mampu menjelaskan keinginannya sendiri. Nah, kalau kamu seperti ini juga, cobalah untuk mencari perancang yang komunikatif dan solutif. Desainer seperti inilah yang bisa memahami dan menerjemahkan seperti apa sebenarnya desain yang diinginkan klien.

Tidak hanya solutif, tetapi juga harus objektif dalam memberikan saran dan penilaian. Untuk itu, jangan sampai memilih desainer yang hanya iya-iya saja. Sebab, interior rumah bersifat jangka panjang. Tidak sedikit dana yang dibutuhkan untuk mewujudkan tampilan ruangan rumah yang sesuai dengan keinginan.

Desainer yang kompeten akan berusaha untuk memberikan saran dari berbagai sudut pandang. Hal ini juga untuk memudahkan kamu dalam mengambil keputusan. Misalnya, kamu punya hobi memasak dan mau punya dapur lengkap. Hanya saja, area dapur terasa terlalu sempit.

Melihat kondisi tersebut, desainer tentunya tidak akan menyarankan kamu untuk meletakkan kitchen island, melainkan kitchen bar. Sebab, opsi yang terakhir tidak akan memakan terlalu banyak ruang sehingga tidak mengganggu ruang gerak. Dari sini kamu bisa mengetahui kalau desainer tersebut memberikan solusi dengan mempertimbangkan banyak hal.

Selain kelima tips di atas, ada satu tips tambahan dalam menentukan jasa desain interior. Setelah melakukan riset, mempertimbangkan bujet dan aspek lainnya, bulatkan keputusanmu dengan menggunakan naluri.

Kalau kamu memang cocok dengan hasil kinerja sang desainer, tidak perlu menunggu lama. Langsung saja adakan kontrak perjanjian. Jangan menunda-nunda karena bisa jadi bujet yang sudah kamu kumpulkan justru malah terpakai untuk keperluan lain.

Itulah tips dalam memilih jasa interior untuk mewujudkan desain hunian impian kamu. Mau interior rumah minimalis atau industrial, kamu bisa menggunakan tips di atas. Oh, iya, omong-omong soal hunian, kamu bisa lho memiliki rumah impian kamu sekarang melalui Danasyariah. 

Lewat layanan Dana Rumah dari Danasyariah, kamu bisa mengajukan pembiayaan kepemilikan hunian dengan skema syariah dan DP bisa sampai 0%. Menarik banget kan? Tertarik mengajukan? Cek di sini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply