Tren Desain Interior 2023: Inspirasi Gaya Interior untuk Hunian Impian

Tren Desain Interior 2023: Inspirasi Gaya Interior untuk Hunian Impian

Sama seperti banyak hal lainnya, tren desain interior rutin mengalami perubahan. Untuk tren desain interior 2023, banyak desainer menganggap mayoritas orang akan lebih fokus ke hunian yang membuat pikiran rileks.

Menilik tahun sebelumnya, desain interior didominasi dengan gaya minimalis dan pilihan warna-warna kalem. Lantas, bagaimana dengan tren penataan ruang 2023? Meski setengah tahun lagi sudah memasuki tahun 2024, tren desain interior di tahun ini masih cocok buat kamu jadikan inspirasi. 

Tren Desain Interior yang Populer di Tahun 2023

Tren Desain Interior

Tak hanya interior rumah tapak saja, kalau kamu mau upgrade tampilan kos atau apartemen jadi lebih ciamik, gaya penataan ruang tahun 2023 berikut bisa kamu jadikan referensi. Yuk, simak!

1. Penggunaan furnitur dari sustainable material

Tren desain interior yang makin populer di tahun 2023 adalah penggunaan sustainable material atau material berkelanjutan. Material dalam hal ini bukan hanya material untuk furnitur dan perabot rumah, tetapi juga bahan bangunan konstruksi rumah.

Pada tahun 2023 ini, banyak orang makin peduli dengan dampak buruk perubahan iklim. Salah satu cara untuk menekan dampak perubahan iklim adalah dengan memilih furnitur dan perabot rumah dari material berkelanjutan. Beberapa material yang banyak digunakan antara lain bambu, rotan, gabus (cork), dan material ramah lingkungan lainnya.

Mayoritas dari material sustainable tersebut memiliki warna cokelat alami. Jadi, bila diaplikasikan dengan apik sebagai dekorasi ruangan, maka material tersebut bisa membuat penghuninya lebih rileks. 

2. Warna-warna alam terus mendominasi

Warna earth tone atau alam sudah populer sejak 2022. Nah, warna-warna tersebut ternyata masih diminati masyarakat hingga tahun ini. Namun kali ini, warna hijau dengan berbagai tone lah yang sedang digandrungi banyak pemilik rumah, terutama hijau sage.

Bila diaplikasikan dengan apik, warna hijau sage bisa membuat ruangan di rumah memiliki suasana yang tenang dan adem. Di samping itu, palet warna hijau ini dapat dikombinasikan dengan banyak warna netral maupun non-netral. Di antaranya putih, hitam, jingga tua, dan emas. 

Oh iya, warna hijau sage bisa diaplikasikan di semua ruang, termasuk kamar tidur, dapur, hingga ruang tamu. Pasalnya, warna yang bahkan populer sebagai warna busana ini membuat ruangan memiliki nuansa yang menenangkan.

3. Desain interior dengan micro luxury

Tren desain interior 2023 yang selanjutnya adalah micro luxury atau penambahan sedikit aksen mewah pada penataan ruang. Tak sedikit orang yang suka dengan interior glamor, terlebih bila konsep desain tersebut bisa direalisasikan dengan budget yang nggak bikin kantong bolong.

Sesuai namanya, micro luxury merupakan pemberian sedikit sentuhan mewah di sejumlah ruangan tertentu. Contohnya di ruang makan, dapur, kamar mandi, dan kamar tidur. Tren desain ini memang bisa membuat ruangan terlihat lebih menarik. Dengan catatan, proses desain dilakukan dengan mempertimbangkan banyak elemen visual.

Kalau kamu tertarik dengan konsep micro luxury, upayakan untuk fokus menggunakan satu elemen saja. Misalnya untuk kamar mandi, kamu bisa menggunakan keran atau jenis dekorasi lainnya dengan gabungan warna emas, biru atau ungu tua.

4. Perpaduan interior Jepang dan Skandinavia

Tahun 2023 merupakan tahun ketika desain interior Jepang dan Skandinavia saling berpadu untuk menyuguhkan suasana ruang yang unik dan menarik. Perpaduan dua gaya interior ini disebut dengan gaya Japandi (Jepang dan Skandinavia).

Lantas, apa yang spesial dari gaya Japandi ini? Gaya interior Skandinavia dan Jepang sama-sama memiliki konsep minimalis, sederhana, dan berfokus pada fungsi. Tren Japandi ini didominasi dengan akses-aksen alami, seperti sliding door dari kayu, tatami, dan lain sebagainya. Buat kamu pecinta desain minimalis, Japandi cocok buat kamu dan juga cocok untuk mewujudkan interior rumah yang sustainable.

5. Gaya interior dengan mengutamakan kesehatan penghuninya

Semenjak pandemi COVID-19, masyarakat makin peduli akan pentingnya kesehatan. Kesehatan tak hanya dipengaruhi oleh apa yang masuk ke dalam tubuh kita, tapi juga dari lingkungan tempat tinggal kita. Sebab itu, tren hunian sehat banyak ditawarkan oleh para pengembang. Kamu pun juga bisa menciptakannya sendiri, yakni dengan mengubah interior rumah.

Lagi pula, di luar rumah kamu sudah menghadapi banyak hal yang bisa bikin stres dan rumah seyogianya bisa menjadi tempat untuk menghapus semua lelah. Jadi, desain interior rumah penting untuk diperhatikan dan kalau bisa dibuat senyaman mungkin. Banyak cara yang bisa kamu lakukan, misalnya dengan membuat setiap sekat ruang lebih tebal sehingga suara dari luar tidak masuk ke dalam.

Hal itu bisa dilakukan juga dengan memberikan pencahayaan yang cukup sehingga rumah tidak terasa suram. Jangan salah, kurang dan kelebihan pencahayaan bisa memicu stres, lho. Jadi, upayakan agar pencahayaan di dalam rumah tetap cukup, ya. 

Tak hanya pencahayaan, sirkulasi udara di dalam rumah juga wajib diperhatikan. Rumah yang sumpek jelas bukan rumah yang nyaman untuk ditinggali. Untuk itu, kamu bisa menempatkan beberapa tanaman pot di dalam rumah atau kalau memungkinkan kamu bisa membuat taman kecil di dalam rumah.

6. Penggunaan furnitur dengan fungsi ganda

Dalam desain interior tahun 2023, penggunaan furnitur dengan fungsi ganda menjadi favorit banyak pemilik hunian yang memiliki ruang terbatas. Furnitur semacam ini juga menjadi incaran generasi milenial yang notabennya lebih menyukai hunian minimalis.

Dengan menggunakan furnitur multifungsi, ruangan yang sempit menjadi terlihat lebih longgar dan terlihat inovatif. Ada banyak jenis furnitur dengan fungsi ganda yang bisa kamu pilih. Di antaranya meja kopi yang digabung sebagai meja makan, rak buku yang berfungsi sebatas pembatas ruangan, sofa yang di bawahnya ada tempat penyimpanan, dan masih banyak lagi.

7. Ruangan tanpa sekat

Satu lagi tren desain interior yang populer di 2023, yakni ruangan tanpa sekat atau biasa dikenal dengan sebutan open space. Dahulu, mayoritas rumah memiliki bagian dalam yang banyak dibatasi oleh sekat dari tembok. Seiring dengan berubahnya tren, dinding pembatas pun diubah dengan jendela besar dengan kaca transparan atau dibiarkan kosong.

Konsep open space ini membuat sirkulasi udara dan pencahayaan di dalam ruangan menjadi lebih bagus. Di samping itu ruangan juga terkesan lebih luas dan terbuka. Konsep open space bisa kamu terapkan di hampir semua ruang, kecuali kamar tidur dan kamar mandi. Salah satu pilihan yang populer adalah menghapus sekat antara ruang keluarga dengan ruang makan atau dapur.

Itulah tren desain interior yang populer pada tahun 2023. Ketujuh tren di atas menawarkan ide dan inspirasi yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan hunian dengan interior yang indah, fungsional, dan tentunya sesuai dengan gaya hidup kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat merancang interior hunian kamu!

Leave a Reply