Ini Tren Desain Rumah yang Bakal Populer di 2024

Ini Tren Desain Rumah yang Bakal Populer di 2024

Tahun 2024 baru saja bergulir dan banyak perbincangan seputar properti yang menjadi sorotan utama, salah satunya terkait tren desain rumah. Hampir setiap tahun selalu ada tren baru dalam mendesain rumah. Hal ini tentunya menjadi topik menarik bagi calon maupun para pemilik rumah yang ingin memberikan sentuhan baru pada hunian mereka. Kira-kira seperti apa ya tren desain rumah di tahun 2024 ini?

Mengapa Tren Desain Rumah Selalu Berubah-ubah?

Tren Desain Rumah

Perubahan tren desain properti, khususnya rumah, merupakan hasil dari dinamika dunia arsitektur yang melibatkan sejumlah faktor. Adapun faktor yang dimaksud adalah:

1. Perkembangan gaya hidup

Perkembangan gaya hidup memainkan peran penting dalam mengubah preferensi konsumen terhadap desain hunian. Perubahan cara hidup masyarakat, seperti meningkatnya kesadaran akan keberlanjutan lingkungan dan kesehatan pribadi, mendorong munculnya tren desain hunian yang ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan penghuni rumah.

2. Kemajuan teknologi

Perkembangan teknologi yang makin tak terbendung juga berkontribusi terhadap perubahan tren desain properti. Perkembangan ini ditandai dengan munculnya inovasi dalam material konstruksi, peralatan konstruksi, dan berbagai macam teknologi canggih. Semunya memengaruhi cara pemilik rumah dalam mendesain eksterior maupun interior rumah mereka. Sebagai contoh, tren smart home menjadi tren desain rumah yang mengintegrasikan teknologi pintar untuk meningkatkan efisiensi energi di dalam hunian.

3. Perubahan kebutuhan masyarakat

Berubahnya kebutuhan masyarakat juga memicu pergeseran tren desain hunian. Sebagai contoh, pandemi COVID-19 telah mengubah cara masyarakat bekerja dan beraktivitas di dalam rumah. Hal ini mendorong munculnya tren untuk menciptakan ruangan khusus untuk bekerja di rumah.

Tren Desain Rumah yang Diprediksi Populer di 2024

Tren Desain Rumah

Pada 2024 ini, tampaknya tren desain rumah akan lebih mengarah ke konsep yang lebih ramah lingkungan. Kira-kira seperti apa tren desain rumah yang bakal populer di tahun ini? Melansir dari laman Decorilla, berikut prediksi tren desain rumah di 2024:

1. Rumah ramah lingkungan menjadi gaya hidup

Salah satu tren desain properti yang makin menonjol adalah fokus pada gaya hidup ramah lingkungan. Tak sedikit pemilik rumah, khususnya mereka yang tinggal di kota-kota besar, menyadari dampak lingkungan terhadap pilihan desain rumah mereka.

Pada dasarnya, penerapan konsep hijau pada properti tak hanya mencakup soal penggunaan material yang lebih ramah lingkungan. Konsep ini juga melibatkan penggunaan teknologi ramah lingkungan, seperti panel surya dan sistem untuk mengumpulkan air hujan. Konsep hijau juga tak hanya menciptakan desain rumah yang secara estetika ramah terhadap lingkungan, tetapi juga sebagai perwujudan dari tanggung jawab masyarakat terhadap lingkungan.

2. Penggunaan ubin bermotif makin masif

Pada tahun 2024 ini, tampaknya tren desain properti akan diwarnai dengan masifnya penggunaan ubin bermotif. Para pemilik rumah mungkin tak hanya berani dalam memilih ubin dengan pola mencolok, tetapi mereka juga akan menggunakan ubin bermotif dramatis untuk memberikan karakter unik pada ruangan tertentu di dalam rumah. Dengan menggunakan ubin bermotif, interior rumah akan terlihat lebih artistik dan hal ini bisa menjadi elemen utama dalam menciptakan ruangan yang penuh dengan gaya.

3. Penggunaan furnitur lengkung

Tren desain properti di 2024 tak hanya mencakup soal struktur bangunan saja, tetapi juga terkait penggunaan furnitur. Tampaknya 2024 akan menjadi tahun di mana furnitur dengan desain melengkung akan menghiasi properti-properti seperti rumah tapak.

Furnitur dengan bentuk melengkung memberikan sentuhan vintage yang tak hanya memberikan nuansa klasik pada ruangan, tetapi juga menjadi daya tarik visual yang sangat unik. Dengan menggunakan furnitur nyentrik ini, suasana rumah akan terlihat berbeda dan lebih mencolok.

4. Perpaduan desain tradisional dan kontemporer

Tren desain rumah yang diprediksi akan muncul di 2024 adalah desain tradisional. Namun ada yang sedikit berbeda dengan desain tradisional kali ini, yakni adanya sentuhan gaya desain kontemporer atau modern.

Pemilik rumah bisa dengan bebas mengeksplorasi keindahan dan kehangatan dari gaya tradisional sambil memasukkan elemen-elemen kontemporer untuk menciptakan ruang yang estetik dan sesuai dengan perkembangan gaya hidup saat ini.

5. Desain biofilik mulai dilirik

Alice Moszczynski, desainer interior yang bekerja untuk Planner 5D, menyampaikan bahwa desain biofilik bakal populer di 2024. Biofilik sendiri merupakan sebuah konsep yang mendukung terciptanya hubungan positif antara alam dan manusia dengan arsitektur. Maksudnya adalah desain rumah kamu dikelilingi dengan aspek-aspek alam seperti dikelilingi dengan banyak tanaman.

Desain ini mampu menciptakan kesan damai dan tenteram karena rumah dikelilingi oleh tanaman yang hijau nan subur. Selain diterapkan pada eksterior rumah, desain biofilik juga dapat diwujudkan di dalam rumah dengan menempatkan tanaman-tanaman pot di sejumlah sudut ruangan.

6. Desain fraktal mulai populer

Tahun 2024 diprediksi akan menjadi tahun di mana desain fraktal banyak digunakan dalam arsitektur hunian. Menurut Debbe Daley, desain fraktal akan banyak ditemukan pada furnitur seperti kabinet, meja, dekorasi klasik, dan lain sebagainya.

Lantas, apa itu desain fraktal? Singkatnya, desain fraktal adalah desain yang berbentuk geometris. Dalam desain ini, bila sejumlah bagian penyusun kerangka dari sebuah bentuk diterapkan dalam skala yang besar, maka akan tampak bagian-bagian yang lebih kecil dan membentuk pola geometris.

7. Warna hangat mendominasi

Selanjutnya dalam tren desain properti di 2024, tampaknya penggunaan warna hangat akan sangat populer pada tahun ini. Alice Moszczynski juga menyampaikan bahwa akan banyak orang yang cenderung memilih warna-warna dengan tone hangat untuk tampilan hunian mereka.

Mengapa warna hangat? Sebab, penggunaan jenis warna ini dapat membuat ruangan memiliki suasana yang nyaman dan menenangkan. Beberapa pilihan warna dengan tone hangat yang kemungkinan besar akan banyak digemari masyarakat adalah cokelat tanah, jingga tua, dan terakota.

8. Pencahayaan alami menjadi prioritas

Terakhir, tren desain rumah 2024 tampaknya akan diwarnai dengan populernya penggunaan pencahayaan alami dalam ruangan. Tren ini muncul karena kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keberlanjutan energi. Sebab itu, penggunaan atap skylight atau jendela besar menjadi solusi tepat untuk memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah.

Pencahayaan alami di sini tak hanya berfungsi sebagai elemen dekoratif, melainkan juga sebagai elemen fungsional yang dapat meningkatkan kesejahteraan penghuni rumah. Sebab dengan pencahayaan alami yang cukup di dalam rumah, hunian akan menjadi lebih terang, nyaman, dan ramah untuk kesehatan dan lingkungan rumah.

Jadi, itulah beberapa tren desain rumah yang diprediksi akan populer di tahun 2024. Dengan memahami tren-tren desain properti, kamu bisa menciptakan suasana rumah yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup dan lingkungan.

Leave a Reply