Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Bergabung Dengan Pendanaan Fintech

Ternyata ada banyak yang harus dipertimbangkan sebelum bergabung dengan pendanaan fintech, simak selengkapnya di sini.
Yang-Harus-Dipertimbangkan-Sebelum-Bergabung-Dengan-Pendanaan-Fintech

Saat ini pendanaan fintech tentunya sudah menjadi istilah yang banyak didengar orang. Sesuai dengan namanya fintech adalah suatu badan yang membantu usaha untuk mengelola keuangan menjadi lebih baik. Hanya saja dalam pemilihannya memang harus diperhatikan seberapa penting dan untungnya ketika digunakan. 

Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Bergabung Dengan Pendanaan Fintech

  1. Yakinkan dalam diri

Banyak orang yang tidak jadi berinvestasi hanya karena takut dan terlalu banyak mencari informasi. Padahal yang ditekankan adalah harus meyakinkan diri dan memulai sekarang juga. Dalam berinvestasi memang harus memiliki jiwa berani rugi dan siap dapat untung banyak. 

Perlu dipahami untuk memulai tidak harus memiliki dana yang banyak terlebih dahulu. Anda bisa memulai setidaknya dengan uang 100 ribuan saja. Semakin kecil modal tentunya resiko profile yang dihasilkan nanti menjadi lebih ringan. Hal ini sepadan dengan keuntungan yang didapatkan nanti, sama-sama lebih sedikit. 

Untuk pemula investasi atau mendanai usaha dengan jumlah yang kecil bukanlah menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah terlalu banyak berpikir namun minim tindakannya. Sedikit demi sedikit nantinya jumlah yang diinvestasikan bisa ditambah. 

  1. Lakukan riset

Berani investasi dana tentu bukan berarti Anda tidak perlu memiliki bekal khusus dalam p2p fintech. Dalam hal ini pengguna wajib banyak membaca baik melalui internet maupun buku untuk mendapatkan informasi terbaru. Riset yang banyak ini akan menyelamatkan Anda dari penjerumusan investasi yang salah. 

Analisa yang dilakukan harus ketat dan sesuai prosedur yang sudah diberikan. Seperti halnya data usaha yang didanai dan jumlah uang yang akan dikeluarkan nantinya. 

Latar belakang usaha dan hal-hal pendukung lainnya juga harus dipertimbangkan penggunaannya. Sehingga lebih banyak persentase keuntungan yang didapatkan. 

  1. Jangan gunakan tabungan

Banyak yang salah paham tentang tabungan dan investasi. Padahal keduanya bukanlah satu kesatuan yang sama. Perlu dipahami peer to peer financing ini adalah uang untuk masa tua atau dana pensiun. Sehingga proses pencairannya juga membutuhkan waktu yang lebih lama dan sedikit terstruktur. 

Sementara untuk tabungan adalah uang untuk dana darurat dan proses pencairannya cenderung lebih mudah. Hanya saja perlu dipahami untuk pelaksanaannya jangan menggunakan uang tabungan untuk investasi. Anda harus mengambil atau menyisihkan uang lainnya. Tujuannya ketika investasi yang dilakukan gagal masih ada uang tabungan untuk menyangga kebutuhan. 

  1. Sebarkan investasi

Jangan hanya fokus pada satu peminjaman dana usaha saja. Investasi yang baik adalah menyebarkan peminjaman ke banyak peminjam. Dengan begitu logikanya menjadi jika ada satu yang mengembalikan maka masih ada banyak lagi sumber yang mendukung. Tentunya dana yang diinvestasikan jangan semua, tentukan sendiri jumlahnya. 

Dalam hal penggunaan pendanaan fintech memang banyak sekali yang perlu diperhatikan. Karena itulah penting untuk Anda mempelajarinya agar bisa mendapatkan banyak keuntungan ketika menggunakannya. 

Leave a Reply