7 Desain Rumah Unik di Dunia, Bikin Terheran-heran!

7 Desain Rumah Unik di Dunia, Bikin Terheran-heran!
Sumber : Envato

Dunia ini dihuni oleh orang-orang yang kreatif. Tak sedikit pula dari mereka yang terlampau kreatif. Buktinya, banyak sekali rumah unik di dunia ini yang bisa bikin siapa pun menggelengkan kepala. Ada yang seluruh dindingnya terbuat dari kaca, ada yang bentuknya terbalik, dan masih banyak lagi.

7 Desain Rumah Paling Unik di Dunia

Kalau Anda kebetulan butuh inspirasi desain, di bawah ini ada beberapa rumah dengan arsitektur paling unik di dunia. Siapa tahu rumah-rumah eksentrik berikut ini bisa memberi Anda ide segar dalam mendesain hunian.

1. The Toilet House – Korea Selatan

Desain Rumah Unik di Dunia
Sumber : Terkinni

Bila Anda sedang mencari rumah tinggal, pastinya Anda tidak mau kan tinggal di toilet? Tapi tidak dengan pemilik sekaligus perancang rumah toilet di Korea Selatan, yakni Sim Jae-deok. Sim membangun rumah ini pada 2007 dan kemudian menjadi pendiri Asosiasi Toilet Dunia (World Toilet Association).

Tujuan didirikannya organisasi tersebut adalah untuk mengupayakan dunia yang lebih bersih dan sehat. Sim menekankan bahwa kebersihan dimulai dari toilet yang bersih. Dia juga mengatakan bahwa kebersihan yang buruk dapat menyebabkan epidemi yang merenggut hampir dua juta jiwa setiap tahunnya.

Pemikiran unik dibalik pembangunan rumah ini tak menutup fasilitas mewah di dalamnya. Ada dua kamar tidur, tiga kamar mandi, dan dua kamar tamu yang semuanya didesain dengan megah. Setelah wafatnya Sim pada 2009, bangunan tersebut difungsikan sebagai galeri seni untuk mengenang visi Sim tentang kebersihan.

2. The Upside Down House  – Polandia

Desain Rumah Unik di Dunia
Sumber : Zakopane

Bangunan unik di dunia yang selanjutnya datang dari Polandia, yakni The Upside Down House atau rumah terbalik. Sebenarnya di Jerman juga ada satu bangunan seperti ini. Tapi kali ini kita akan membahas yang ada di Polandia.

Dibangun oleh arsitek Daniel Czapiewski, konstruksi rumah ini dibuat terbalik 180 derajat. Bukan hanya struktur bangunannya saja yang terbalik, perabotan di dalamnya juga dibuat terbalik. Sebab itu, pembangunannya memakan waktu hingga empat kali lebih lama dibanding rumah konvensional. Para pekerjanya pun sempat mengalami disorientasi arah saat membangunnya.

Bukan tanpa alasan mengapa rumah ini dibuat terbalik. Kabarnya, desain unik rumah ini adalah representasi berakhirnya kekuasaan partai komunis di Polandia. Selain itu juga menggambarkan ketimpangan sosial saat komunis masih berkuasa di Polandia.

3. Keret House – Polandia

Desain Rumah Unik di Dunia
Sumber : Metalocus

Masih di Polandia, ada satu rumah unik sederhana yang terlampau sederhana. Keret House adalah rumah tersempit di dunia karena luasnya hanya 152 cm. Letaknya diapit oleh dua gedung besar di kawasan Warsawa, Polandia.

Keret House merupakan buah pikiran arsitek Jakub Szczesny. Lewat rumah ini, dia mencoba menyampaikan visinya mengenai penghematan ruang dalam suatu hunian residensial di area perkotaan.

Meskipun sempit, rumah ini cukup nyaman untuk ditempati orang-orang yang tidak memiliki fobia ruang sempit. Fasilitas di dalamnya sama seperti rumah biasa. Ada kamar tidur, kamar mandi, ruang bersantai, dan dapur yang terbagi ke dalam beberapa lantai. Rumah ini juga tidak memiliki jendela dan mengandalkan kaca semi transparan sebagai sistem pencahayaan alami.

4. Antilia – India

Desain Rumah Unik di Dunia
Sumber : Okezone

Antilia adalah rumah dengan desain unik dan termahal di dunia. Rumah ini dihuni oleh Mukesh Ambani dan keluarganya. Dia adalah orang terkaya di India dan juga terkaya ke-9 di dunia versi majalah Forbes.

Kabarnya, pembangunan rumah ini menghabiskan biaya sekitar 1-2 miliar dolar AS. Fantastis sekali kan? Secara keseluruhan, rumah ini memiliki luas 400.000 meter persegi dengan 27 lantai. Enam lantai paling atas ditujukan sebagai area residensial pribadi. Sementara sisanya untuk area kuil, ruang tamu, salon, dan bahkan bioskop pribadi yang bisa menampung 50 orang.

Namun kabarnya, desain rumah ini tidak memiliki keberuntungan yang baik jika dilihat dari vastu shastra (prinsip arsitektur tradisional India). Dalam vastu shastra, rumah yang baik adalah rumah yang menghadap ke arah matahari terbit. Sayangnya, antilia tidak memiliki cukup jendela di sisi timurnya.

5. House NA – Jepang

Desain Rumah Unik di Dunia
Sumber : Kompas

Pernah membayangkan bagaimana rasanya tinggal di rumah transparan? Pasti merasa risih karena apa pun yang kita lakukan pasti bisa dilihat oleh orang di jalan. House NA atau rumah transparan ini berada di Tokyo, Jepang.

Memiliki luas 85 meter persegi, rumah ini dirancang oleh arsitek Sou Fujimoto. Seluruh dindingnya terbuat dari kaca, termasuk penyekat setiap ruangan di dalamnya. Desain rumah ini terinspirasi dari gaya hidup nenek moyang zaman dahulu yang hidup di pohon. Sebab itu, rumah ini dibuat tembus pandang agar cahaya matahari bisa sepenuhnya masuk ke dalam rumah.

Hanya saja, rumah ini tidak dapat memberikan privasi penuh bagi penghuninya. Meskipun begitu, desain rumah ini patut diapresiasi karena terlihat sangat estetis. Selain itu juga terlihat sleek dan modern.

6. The Wooden House – Slovenia

Desain Rumah Unik di Dunia
Sumber : ArchDaily

Butuh inspirasi rumah kayu cantik dan unik? The Wooden House dapat Anda jadikan referensi menarik. Dirancang oleh Studio Pikaplus pada 2014-2015, rumah kayu ini dapat dijumpai di Slovenia. 

Meskipun bagian luarnya dilapisi dengan semacam logam hitam, bagian dalamnya sepenuhnya terbuat dari kayu ringan yang halus. Sama seperti rumah sederhana pada umumnya, The Wooden House memiliki dua kamar tidur, satu dapur dengan bentuk U, ruang tamu, dan ruang makan. 

Hampir semua perabot di dalamnya juga terbuat dari kayu. Contohnya seperti kabinet, countertop, dan rak-rak di dapur. Lebih lanjut, rumah ini memiliki dua lantai dan ada tangga kayu untuk menuju ke lantai atas.

7. Water Tower – Belgia

Desain Rumah Unik di Dunia
Sumber : Youtube

Banyak arsitek di seluruh dunia yang menyulap tower air bekas menjadi rumah layak huni. Salah satunya berada di Belgia yang dikenal dengan sebutan Chateau d’eau. Mungkin Anda bertanya-tanya, kok bisa ya tower air diubah menjadi rumah? Ide restorasi tower air berusia lebih dari 60 tahun ini berasal dari pemikiran kreatif arsitek Mauro Brigham.

Bersama tim arsiteknya, Brigham merenovasi tower setinggi 30 meter ini menjadi hunian modern super mewah. Menariknya, rumah tower ini layak disebut sebagai smart home. Pasalnya, rumah ini dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih, seperti sistem audio, pengatur suhu, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa dikendalikan secara otomatis.

Rumah ini memiliki beberapa lantai yang dapat diakses melalui tangga spiral di tengahnya. Tak jauh berbeda dari rumah mewah pada umumnya, rumah tower ini memiliki beberapa kamar, area keluarga, dapur modular, dan masih banyak lagi.

Itu tadi tujuh rumah unik di dunia. Masing-masing hunian di atas memiliki filosofi dan alasan tersendiri mengapa dirancang sedemikian rupa. Jadi, apakah Anda sudah punya filosofi tertentu untuk membangun hunian pribadi Anda?

Leave a Reply