Ide-ide Desain yang Menarik untuk Renovasi Rumah Anda

Ide-ide Desain yang Menarik untuk Renovasi Rumah Anda
Sumber : Pexels

Terkadang tampilan dan suasana rumah perlu diubah agar penghuninya tetap nyaman menempatinya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan renovasi interior maupun eksterior rumah. Nah, kalau Anda butuh ide desain renovasi rumah, kami sudah merangkum beberapa ide yang bisa dijadikan inspirasi. Langsung saja, simak selengkapnya di bawah ini.

Tahap Sebelum Renovasi Rumah 

ide Desain Renovasi Rumah
Sumber : Pexels

Sebelum menyimak ide-ide desain renovasi rumah, Anda harus tahu tahap-tahap dalam merenovasi rumah. Berikut di antaranya:

1. Pra-desain

Tahap pertama adalah pra-desain atau perencanaan renovasi. Bila tinggal bersama keluarga, diskusikan terlebih dahulu dengan mereka tentang rencana perbaikan rumah. Dengan begitu mereka tahu apa saja yang akan direnovasi, bisa memberikan saran, dan mengetahui budget yang harus dikeluarkan.

2. Pertimbangkan untuk merekrut jasa ahli

Mayoritas orang menggunakan jasa ahli, seperti jasa tukang borongan atau desainer interior untuk melakukan renovasi. Tujuannya tak lain untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dan sesuai keinginan. Di samping itu Anda bisa mengestimasi biaya renovasi dengan mudah.

3. Persiapan renovasi

Setelah Anda menandatangani kerja sama dengan penyedia jasa renovasi, barulah dilakukan sejumlah persiapan. Hal ini mencakup pengadaan material yang dibutuhkan dan menyusun rencana kerja, bagian mana yang harus direnovasi terlebih dahulu. Di sini, Anda hanya perlu mengawasi kinerja mereka secara berkala.

4. Proses Renovasi

Proses renovasi dimulai dengan membongkar sejumlah titik yang sudah ditentukan sebelumnya. Tukang umumnya akan memilih material yang masih bisa dan tidak bisa digunakan kembali. Bila struktur bangunan harus diperbaiki, maka bagian inilah yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Barulah setelah itu mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan desain dan estetika rumah. 

10 Ide Desain yang Ciamik untuk Renovasi Rumah

ide Desain Renovasi Rumah
Sumber : Pexels

Bagaimana, sudah paham kan apa saja yang termasuk dalam tahap renovasi? Sekarang saatnya mengulik sejumlah ide desain renovasi rumah yang dapat Anda jadikan referensi. Yuk, simak!

1. Ubah pola lantai atau ubin

Bosan dengan tampilan lantai yang itu-itu aja? Berarti sudah saatnya Anda mengubah tampilan lantai rumah Anda. Ada banyak inspirasi desain yang bisa disesuaikan dengan konsep keinginan Anda.

Mau yang klasik dan simpel? Lantai dengan aksen kayu adalah pilihan yang tepat. Di sini Anda tak perlu sampai harus merombak lantai. Cukup dengan memasang parket atau vinyl, lantai akan langsung terlihat cantik.

Kalau mau yang sleek dan modern, kombinasi keramik hitam dan putih bisa Anda pertimbangkan. Agar semakin sleek, buat pola seperti papan catur yang dikelilingi dengan keramik putih bermotif.

2. Ganti cat dinding dengan warna baru

Siapa bilang renovasi rumah itu mahal? Anda bisa mengubah tampilan rumah hanya dengan memperbarui warna cat dinding. Di samping itu, Anda juga tak perlu repot-repot mengeluarkan dana untuk menggunakan jasa tukang. Sebab, Anda bisa melakukannya sendiri saat punya waktu longgar.

Warna cat yang dipilih bisa disesuaikan dengan konsep yang Anda inginkan. Mau rumah terlihat minimalis dan modern? Pilih warna netral, seperti putih, krem, dan abu-abu. Ketiga pilihan warna ini juga cocok untuk digunakan pada tipe desain lainnya, seperti klasik atau industrial. Selain itu warna netral dapat membuat rumah tampak lebih luas dan bersih.

3. Ubah ukuran jendela untuk sirkulasi udara

Mengubah ukuran dan model jendela dapat menjadi salah satu ide desain renovasi rumah yang menarik. Pasalnya, jendela adalah komponen bangunan rumah yang dapat memengaruhi tingkat sirkulasi di dalam rumah. Selain mengubah ukurannya, Anda juga bisa mengubah model jendela agar tampilan rumah berbeda dari sebelumnya. 

4. Ubah sistem pencahayaan rumah

Ide desain renovasi yang satu ini lebih mengarah ke interior rumah. Pasalnya, peletakan lampu yang tidak tepat dapat membuat suasana rumah terasa suram. Untuk itu, Anda harus menggantinya tapi tidak cukup sampai disitu saja. Pertimbangkan juga sisi estetika lampu, seperti menggunakan lampu gantung, lampu dekorasi atau lampu baca untuk area kamar.

5. Ganti meja makan menjadi mini bar

Area ruang makan sempit dan sudah tidak bisa diperluas lagi? Mini bar dapat menjadi alternatif yang pas. Furnitur ini bisa digabung dengan kabinet dapur. Jadi, area dapur dan ruang makan menjadi saju sehingga lebih hemat tempat.

6. Gabung ruang tamu dan ruang keluarga

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah keterbatasan rumah adalah dengan menggabungkan satu ruang dengan ruang lainnya. Salah satu yang bisa Anda gabung adalah ruang tamu dan ruang keluarga.

Kalau ada tembok penyekat, robohkan tembok. Lalu, dekorasi ruang dengan furnitur multifungsi, seperti sofa yang bisa digunakan untuk tamu maupun bersantai. Jangan lupa untuk diperbarui cat dindingnya agar semakin fresh.

7. Pakai bahan multipleks untuk ruang kerja

Untuk meningkatkan produktivitas, Anda bisa mengubah ruang kerja menjadi lebih nyaman. Tak perlu dirombak secara besar-besaran. Gunakan saja furnitur dengan bahan multipleks sebagai meja kerja dan lemari untuk menyimpan berkas-berkas kerja. Selain harganya yang terjangkau, furnitur multipleks memiliki tampilan yang estetik sehingga cocok untuk hunian masa kini.

8. Untuk rumah bertingkat, manfaatkan area di bawah tangga

Mau punya interior rumah dengan desain minimalis tapi tetap nyaman? Berarti Anda harus memaksimalkan fungsi dari masing-masing ruangan di rumah Anda. Hindari pula menumpuk pernak-pernik di satu area agar tidak sumpek.

Kalau Anda memiliki rumah bertingkat, coba manfaatkan ruang kosong di bawah tangga. Anda bisa menyulapnya menjadi tempat penyimpanan barang dengan memasang kabinet. Bisa juga dipasang lemari bertingkat untuk meletakkan tanaman-tanaman dalam pot kecil.

Hal ini bisa Anda jadikan ide renovasi yang unik. Sebab, Anda mengubah area dalam rumah yang umumnya tidak memiliki fungsi spesifik menjadi sesuatu yang bermanfaat. 

9. Percantik ruangan dengan vegetasi

Salah satu tujuan dari merenovasi rumah adalah untuk membuat tempat tinggal terkesan lebih indah dan baru. Cara termudah untuk mewujudkannya adalah dengan membawa vegetasi atau tanaman di dalam rumah.

Kehadiran tanaman dapat meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah. Ruangan juga menjadi terlihat lebih segar berkat adanya warna-warna hijau dari tanaman. Oh iya, ide satu ini dapat Anda terapkan bila sudah selesai merenovasi struktur bangunan.

10. Gunakan furnitur multifungsi

Memperbarui tampilan rumah dapat dilakukan dengan mengganti perabotan. Salah satunya dengan menggunakan furnitur multifungsi. Sebagai contoh, sofa bed yang bisa digunakan untuk tempat duduk sekaligus ranjang.

Contoh lainnya adalah dengan menggunakan meja lipat. Meja semacam ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti bekerja, makan, dan lain sebagainya. Bisa juga membeli kitchen set sederhana yang sekaligus dapat digunakan sebagai meja makan.

Demikian beberapa ide desain renovasi rumah yang dapat dijadikan inspirasi untuk mempercantik hunian Anda. Memperbaiki rumah umumnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, lakukanlah secara bertahap dan utamakan bagian-bagian rumah yang paling krusial terlebih dahulu.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply