10 Ide Dekorasi Kamar Aesthetic, Ga Pakai Mahal!

Kamar tidur merupakan tempat di mana kamu menghabiskan banyak waktu untuk bersantai, beristirahat, bahkan berkarya. Memiliki kamar yang nyaman dan indah tentunya dapat meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati kamu sehari-hari. Itulah sebabnya kamar juga butuh didekorasi.

Meskipun anggarannya terbatas, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki kamar yang aesthetic. Dengan sedikit menggunakan kreativitas dan ide-ide cerdas, kamu bisa mengubah kamar kesayangan kamu menjadi ruang yang nyaman dan indah tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

10 Ide Dekorasi Kamar Aesthetic yang Low Budget

dekorasi kamar

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa rumah khususnya kamar harus dihias? Melansir laman Serpong Natura City, dekorasi ruangan di dalam rumah lebih dari sekadar estetika semata. Dekorasi yang indah dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan penghuni. Sebab, penghuni memiliki kebebasan untuk menentukan warna, tekstur, hingga perabotan yang dikehendaki atau sesuai dengan konsep interior yang diinginkan.

Selain itu, dekorasi juga membantu meningkatkan kualitas tidur. Misalnya saja untuk kamar, penggunaan warna yang kalem dan peletakan pernak-pernik kamar yang rapi bisa membuat kamar lebih nyaman.

Untuk mendekorasi kamar agar terlihat lebih aesthetic dan nyaman, ada banyak sekali ide dekorasi yang bisa kamu terapkan. Bagi kamu yang anggarannya terbatas, berikut ini beberapa ide dekorasi kamar aesthetic.

1. Gunakan pencahayaan yang lembut

Pencahayaan merupakan salah satu elemen paling penting untuk bisa menciptakan suasana aesthetic di kamar kamu. Gunakan lampu tidur kecil atau lampu gantung dengan cahaya lembut karena bisa memberikan efek yang romantis dan menenangkan.

Kamu bisa meletakkan lampu tidur kecil di nakas minimalis di dekat kasur untuk menciptakan kesan hangat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fairy lights atau LED string yang ditempatkan di sekitar tempat tidur atau di dinding untuk memberikan sentuhan magis pada kamar kesayangan kamu.

2. Pilih warna monokrom

Pemilihan warna adalah hal krusial dalam dekorasi ruangan, termasuk kamar. Untuk menciptakan kesan aesthetic, pilihlah warna monokrom seperti hitam, putih, dan abu-abu. Warna-warna ini bisa membuat kamar memiliki kesan modern dan elegan.

Warna monokrom juga bisa membuat ruangan terkesan lebih luas sehingga cocok untuk kamar yang kecil. Pemilihan warna ini bisa diterapkan pada sprei, gorden, maupun aksesori kamar lainnya.

3. Pajang foto atau karya seni

Memajang foto maupun karya seni dengan bingkai merupakan cara sederhana dan murah untuk mendekorasi kamar. Pilih beberapa foto atau karya seni lukisan maupun poster favorit kamu dan letakkan dalam bingkai dengan desain minimalis.

Atur bingkai-bingkai ini dalam pola tertentu untuk menciptakan tampilan yang indah. Pastikan pula warna bingkai dan foto selaras dengan warna cat tembok. Misalnya bila dinding kamar berwarna putih, gunakan bingkai berwarna hitam.

4. Gunakan karpet dengan pola

Ide dekorasi selanjutnya adalah menggunakan karpet dengan pola. Karpet ini bisa menjadi focal point di dalam kamar kamu. Pilih karpet dengan warna, desain, maupun pola yang sesuai dengan konsep kamar yang kamu kehendaki.

Kamu bisa meletakkan karpet ini di samping tempat tidur maupun area kosong lainnya untuk membuat kamar terkesan nyaman dan aesthetic. Karpet juga bisa memberikan kenyamanan tambahan, terlebih bila lantai kamar kamu terbuat dari keramik atau kayu.

5. Manfaatkan furnitur multifungsi

Pada umumnya, kamar tidur memiliki luas yang terbatas. Untuk menghemat ruang dan anggaran, pilihlah furnitur multifungsi. Furnitur dengan fungsi ganda tak hanya praktis, tetapi juga bisa membuat kamar tetap rapi dan terorganisir. Misalnya, tempat tidur dengan laci penyimpanan di bawahnya, meja kerja yang bisa dilipat, atau rak dinding untuk menyimpan buku dan dekorasi kamar.

6. Tambahkan dekorasi di sudut ruangan

Jangan biarkan sudut kamar kamu kosong. Kamu bisa memanfaatkan sudut ruangan ini untuk menempatkan furnitur maupun dekorasi tambahan. Sebagai contoh, kamu bisa meletakkan kursi kecil dengan bantal empuk, bean bag, meja kecil dengan lampu baca, atau rak untuk menyimpan tanaman hias. Sudut ruangan yang kosong bisa kamu percantik sesuai dengan preferensi agar kamar terlihat lebih hidup dan berkarakter.

7. Tambahkan tanaman hias dalam pot kecil

Melansir laman Alodokter, meletakkan tanaman di dalam ruangan rumah tak hanya menambah kesan visual. Tanaman di dalam rumah juga bisa membantu menangkal polusi udara, menurunkan risiko alergi, mengusir nyamuk, menjadi aromaterapi alami, dan masih banyak lagi.

Kamu pun bisa meletakkan tanaman hias dalam pot di kamar kamu. Bila ruangan kamu terbatas, pilihlah tanaman dalam pot kecil dan letakkan di rak, dekat jendela, atau di mana pun yang kamu kehendaki. Jenis tanamannya pun bisa kamu sesuaikan dengan preferensi tetapi jangan terlalu besar bila kamar kamu sempit.

8. Gunakan seprai dan sarung bantal warna pastel

Warna pastel seperti lavender, peach, dan mint bisa memberikan kesan lembut dan menenangkan di kamar kamu. Kamu bisa menggunakan warna-warna tersebut untuk seprai, sarung bantal, maupun selimut. Warna pastel juga relatif mudah untuk dipadu-padankan dengan dekorasi lain sehingga kamu bisa bebas bereksperimen dengan berbagai konsep.

9. Pakai konsep korean aesthetic

Dekorasi kamar ala Korea akhir-akhir ini memang sedang tren. Ciri khas dari gaya dekorasi ini adalah penggunaan furnitur minimalis dengan warna-warna yang cenderung lembut, seperti putih, abu-abu muda, dan pastel.

Selain itu, konsep korean aesthetic juga identik dengan penambahan elemen dekoratif seperti standing mirror, nakas kayu, serta meja kerja lesehan. Pencahayaan juga memainkan peran krusial dalam konsep ini. Jadi, pastikan kamar kamu memiliki pencahayaan yang cukup untuk bisa menciptakan suasana yang hangat.

10. Gunakan barang-barang DIY

Buat kamu yang suka dengan kegiatan DIY, tak ada salahnya untuk membuat dekorasi kamar sendiri. Selain hemat biaya, kamu juga akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Sebagai contoh, kamu bisa membuat rak dinding dari kayu bekas, lampu hias dari bahan daur ulang, dan lain sebagainya. Banyak sekali tutorial DIY yang bisa kamu dapatkan di internet untuk membantu kamu menciptakan dekorasi kamar yang sesuai preferensi.

Jadi, itulah beberapa ide dekorasi kamar aesthetic dengan anggaran terbatas. Menciptakan kamar yang nyaman dan indah tak perlu harus merogoh kocek terlalu dalam. Dengan ide-ide sederhana dan menggunakan kreativitas, kamu bisa menciptakan kamar yang tak hanya nyaman untuk tidur, tetapi juga nyaman untuk menuangkan ide-ide kreatif kamu.

Leave a Reply