7 Ide Desain Interior untuk Rumah Kecil, Dijamin Keren!

7 Ide Desain Interior untuk Rumah Kecil, Dijamin Keren!
Sumber : Envato

Memiliki hunian kecil tak seharusnya menjadi alasan untuk tidak mendesain interior rumah agar menjadi lebih apik. Nggak harus sampai menyewa jasa desainer, didesain sendiri dengan modal mencari inspirasi di internet pun sudah lebih dari cukup. Beberapa inspirasi untuk mendesain interior rumah juga bisa kamu temukan pada ulasan berikut ini.

Mengapa Interior Rumah Harus Didesain?

Ide Desain Interior
Sumber : Pexels

Mendesain interior rumah bisa membawa banyak manfaat untuk penghuninya. Tak hanya dari sisi fungsional, tetapi hal itu juga memiliki efek emosional. Desain interior yang sedap dipandang bisa memancarkan energi positif dan membuat hati lebih bahagia. Selain itu, masih ada alasan lain mengapa interior rumah perlu didesain, di antaranya:

1. Membantu menciptakan hunian sehat

Melansir laman Kotaku dari Kementerian PUPR, rumah sehat adalah rumah yang dapat digunakan sebagai tempat berlindung, beristirahat, dan membina keluarga sehingga bisa menumbuhkan kehidupan yang sehat secara fisik, jiwa, dan sosial. 

Nah, untuk menciptakan hunian sehat, interior rumah perlu ditata dengan memperhatikan sejumlah komponen, seperti sirkulasi udara dan pencahayaan. Perlu diketahui bahwa rumah minim pencahayaan, khususnya dari sinar matahari, bisa membuat penghuninya mudah stres

2. Membuat ruangan lebih tertata

Fungsi utama dari desain interior adalah membuat hunian lebih tertata. Semua perabotan rumah harus ditata sesuai dengan desain yang sudah ditentukan. Cara menatanya juga harus disesuaikan dengan ukuran, warna tembok dan lantai, dan pencahayaan ruangan. Dengan begitu, ruangan terasa lebih teratur dan tidak mempersulit pergerakan penghuninya.

3. Membuat ruangan terkesan nyaman

Rumah dengan interior indah dapat membuat penghuninya betah dan nyaman di dalamnya. Ini karena setiap komponen di dalam rumah tersebut ditata secara terstruktur dan tak ada satu pun komponen yang berserakan. Dengan begitu, penghuni rumah juga menjadi lebih produktif dalam berkegiatan di dalam rumah.

4. Menciptakan hunian bebas stres

Seperti yang disebutkan pada poin pertama, rumah kurang pencahayaan bisa membuat penghuninya mudah stres. Sebab, rumah akan terlihat gelap dan terasa lembap bila tidak mendapat pencahayaan langsung dari sinar matahari. Nah, inilah pentingnya mendesain interior rumah.

Mulai dari pencahayaan, sirkulasi udara, hingga peletakan perabot, semua diatur dengan memperhatikan banyak pertimbangan. Dengan begitu, rumah bisa menjadi tempat yang super nyaman bagi penghuninya. Apalagi yang sering beraktivitas di luar rumah, suntuk dan stres pasti langsung hilang begitu tiba di rumah.

7 Inspirasi Desain Interior untuk Rumah Mungil 

Ide Desain Interior
Sumber : Pexels

Setelah mengetahui alasan mengapa mendesain interior rumah itu penting, sekarang saatnya untuk mencari inspirasi desain. Di bawah ini, sudah ada beberapa ide desain interior untuk hunian kecil. Jadi, langsung saja yuk simak!

1. Pasang cermin di ruang tengah

Ada banyak cara untuk membuat interior rumah kecil terasa lebih luas dan tidak sesak. Salah satunya adalah dengan menggunakan cermin besar. Cermin ini bisa kamu pasang di ruang tamu, ruang keluarga, atau bahkan kamar pribadi.

Selain bisa digunakan sebagaimana fungsi dasarnya, cermin juga bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan. Kalau mau dipakai sebagai ornamen, jangan asal memilih cermin. Perhatikan bentuk cermin dan piguranya.

Misalnya, ruangan kamu memiliki konsep minimalis modern, maka gunakan cermin yang bentuknya sederhana dengan atau tanpa pigura. Kalau konsepnya klasik, pilih cermin dengan bingkai kayu ukiran agar feel klasiknya makin terasa.

2. Pilih warna senada untuk kamar tidur

Kamar tidur juga perlu didesain, lho. Sebab, salah satu tujuan dari desain interior adalah untuk memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Sementara itu, kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang harus dibuat nyaman.

Untuk kamar yang sempit, memilih warna senada bisa menjadi cara jitu untuk membuat ruangan terkesan lebih luas. Misalnya mengecat tembok kamar dengan warna krem dan pakai warna yang sama untuk perlengkapan kamar, di antaranya seprai, selimur, gorden, atau karpet kamar.

3. Gabung dapur dengan ruang makan

Pemilik rumah mungil biasanya bingung saat harus mendesain dapur dan ruang makan. Apalagi bagi yang punya hobi masak, sudah pasti butuh dapur yang luas. Namun, tenang saja, kamu bisa kok mewujudkan dapur impian. Caranya dengan menggabungkan area dapur dengan ruang makan.

Kamu bisa menggunakan kitchen set minimalis berbentuk letter L. Lalu tambahkan meja makan ukuran 1 meter dengan kursi duduk sesuai dengan jumlah penghuni rumah. Nah, agar terkesan luas, gunakan warna-warna netral, seperti putih atau krem untuk bagian kitchen set.

4. Gunakan warna yang netral

Kunci utama mendesain interior rumah yang sempit adalah dengan menggunakan warna-warna netral yang senada. Selain membuat ruangan terkesan lebih luas, warna netral juga lebih mudah dipadukan dengan warna-warna perabotan rumah.

Kalau menggunakan warna yang terlalu kontras dan cenderung berbeda-beda, ruangan sempit akan terasa makin sempit. Hal ini perlu dihindari saat kamu mendesain ruangan dengan ukuran kecil.

5. Buat banyak ventilasi (konsep open space)

Inspirasi desain interior rumah mungil yang selanjutnya adalah dengan menambahkan banyak ventilasi. Istilah kerennya adalah membuat konsep open space atau terbuka. Caranya dengan menggabungkan dua atau tiga ruangan sekaligus tanpa sekat.

Sebagai contoh, area dapur dan ruang makan menyatu dengan ruang keluarga. Nah, agar makin terkesan luas, ketiganya harus menggunakan warna netral yang seragam. Contoh lain, kamu bisa menambahkan jendela vertikal besar pada area dapur agar tidak terkesan sumpek. Selain itu, jendela tersebut juga bisa membuat cahaya lebih mudah masuk ke dalam dapur.

6. Gunakan coffee table bundar

Salah satu trik mudah untuk menyiasati ruang tamu atau ruang keluarga yang sempit adalah dengan menggunakan coffee table. Bukan coffee table persegi atau bahkan kotak, tetapi meja yang bentuknya bundar atau bulat. Mengapa harus bundar? Sebab, bentuk bulat dapat membuat ruangan sempit terkesan lebih lapang.

Kamu juga bisa menambahkan bangku minimalis, sofa kecil, atau ottoman. Namun, pastikan juga warna yang kamu pilih senada dengan warna ruangan. Ingat, warna netral adalah warna yang paling cocok untuk ruangan kecil.

7. Buat kamar mandi dengan konsep minimalis

Nah, yang terakhir ini adalah untuk bagian kamar mandi. Umumnya, rumah kecil juga memiliki area kamar mandi yang sempit. Agar tidak makin sumpek, jangan menambah komponen yang memakan banyak ruang, seperti bathtub

Jangan pula menambah wastafel atau bahkan bak mandi. Buat kamar mandi dengan shower set dan gunakan keramik warna netral agar terkesan luas dan bersih. Umumnya, tipe kamar mandi orang Indonesia digabung dengan kloset jongkok atau duduk. Sebagai pengganti bak mandi, gunakan ember biasa karena bisa dipindah-pindahkan dan tidak memakan ruang.

Nah, itulah beberapa inspirasi desain interior yang bisa kamu terapkan untuk mempercantik hunian mungil kamu. Tak perlu harus merogoh kocek untuk merekrut desainer interior. Cukup dengan menggunakan sejumlah inspirasi di atas, kamu bisa menyulap rumah kamu agar menjadi hunian yang nyaman.

Leave a Reply