Ini 6 Kelebihan Kredit Rumah Syariah Dibanding KPR Konvensional

closeup-view-of-real-estate-agent-giving-house-key-2021-08-28-20-31-28-utc-min

KPR konvensional memang menyediakan solusi mudah untuk memiliki rumah sendiri. Hanya saja, cara ini bukanlah solusi yang tepat kalau kamu ingin beli rumah tanpa riba. Alih-alih KPR konvensional, kamu bisa mempertimbangkan pilihan untuk menggunakan produk yang disebut sebagai kredit rumah syariah. 

Sesuai dengan namanya, rumah KPR syariah merupakan program pembiayaan yang menggunakan prinsip syariah. Cara pengajuan KPR syariah tidak sulit. Kamu bisa mengajukan pembiayaan syariah dengan menggunakan layanan dari bank atau pihak developer secara langsung. 

Kelebihan Kredit Rumah Syariah

Kredit Rumah Syariah
Sumber : Envato

Lalu, mengapa harus mempertimbangkan pilihan pada produk KPR syariah? Alasan utamanya adalah karena produk pembiayaan ini menawarkan berbagai keuntungan dibandingkan KPR konvensional, yaitu: 

1. Bebas Bunga

KPR syariah merupakan program pembiayaan yang tidak menggunakan perhitungan bunga. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan layanan ini ketika ingin beli rumah tanpa riba. Di waktu bersamaan, pihak yang berperan sebagai pemberi pinjaman tetap dapat memperoleh keuntungan dari proses transaksi tersebut. 

Sebagai ganti bunga, sistem KPR syariah menerapkan beberapa pilihan akad. Ada dua akad KPR syariah yang paling sering digunakan dalam program pembiayaan rumah syariah di Indonesia, yaitu: 

  • Jual beli atau murabahah

Akad ini bekerja dengan sistem jual beli. Kamu sebagai pembeli mengajukan pembelian rumah kepada bank dan melakukan pembayaran dengan cara mencicil. Selanjutnya, bank mendapatkan keuntungan dari margin harga jual rumah. 

  • Kepemilikan bertahap atau musyarakah mutanaqisah

Akad beli rumah tanpa riba ini bekerja dengan sistem kepemilikan bersama saat melakukan pembelian. Selanjutnya, kamu perlu melakukan pembayaran kredit supaya rumah tersebut menjadi kepemilikanmu secara penuh.

Baca juga: Beli Rumah Tanpa Riba? Tentu Bisa dengan Cara Mudah Ini!

2. Nilai Angsuran yang Sifatnya Tetap

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu peroleh dari cara pembelian rumah KPR syariah adalah nilai cicilan yang sifatnya flat atau tetap. Jumlah pembayaran cicilan yang perlu kamu setorkan tidak akan mengalami perubahan, sejak awal hingga proses pelunasan. 

3. Tidak Ada Denda Keterlambatan

Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan keuntungan kredit rumah syariah karena tak perlu khawatir denda saat terlambat membayar cicilan. KPR Syariah tidak mengenal sistem denda keterlambatan. Namun, bukan berarti kamu bisa dengan sengaja menunda pembayaran meski memiliki kemampuan untuk membayar. 

Meski begitu, ada ketentuan khusus yang memungkinkan KPR syariah memberlakukan denda bagi orang yang dengan sengaja menunda-nunda pembayaran. Ketentuan ini hanya berlaku pada KPR syariah dengan akad murabahah dan denda keterlambatan tidak dijadikan sebagai sumber pemasukan, tetapi dana sosial. 

4. Kemudahan dalam Merencanakan Keuangan

Kelebihan KPR syariah sebagai cara beli rumah tanpa riba selanjutnya adalah membantu dalam menyusun perencanaan keuangan. Manfaat ini mempunyai keterkaitan dengan sifat cicilan KPR syariah yang flat. Kamu tidak akan menjumpai adanya kenaikan nilai cicilan karena kenaikan suku bunga bank seperti pada KPR konvensional. 

Karena nominal cicilan sifatnya tetap, kamu dapat memperkirakan kemampuan membayar kredit di masa depan dengan lebih mudah. Jadi, pembayaran cicilan tersebut tidak akan mengganggu cashflow keuangan kamu. 

Baca juga: 4 Tips Beli Rumah di Serpong Yang Sesuai Dengan Budget

5. Uang Muka yang Relatif Ringan

Penggunaan KPR syariah memungkinkan kamu untuk memiliki hunian nyaman dengan uang muka yang ringan. Nilai uang muka KPR syariah jauh lebih ringan dibanding KPR konvensional. Kamu bisa mengajukan uang muka sebesar 10%. Sementara itu, KPR konvensional rata-rata memberlakukan pembayaran uang muka senilai 15%. 

6. Bebas Penalti

Ada kalanya kamu ingin segera melunasi seluruh tanggungan utang KPR. Hanya saja, kamu kesulitan melakukannya ketika menggunakan KPR konvensional. Alasannya, pihak bank akan mengenakan penalti yang nominalnya cukup besar, sekitar 1% hingga 2% dari total sisa utang. 

Namun, situasinya akan jauh berbeda kalau kamu menggunakan KPR syariah. Kamu dapat melakukan pengajuan pelunasan tanpa khawatir dengan penalti. Namun, terdapat syarat dan ketentuan yang perlu kamu penuhi terlebih dulu. 

Dengan memperhatikan berbagai kelebihan fasilitas kredit rumah syariah tersebut, kamu jadi tertarik, kan? Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah bersama Dana Syariah. Dengan Dana Syariah, kamu berkesempatan mendapatkan berbagai jenis hunian secara aman, berkah, dan bebas riba.

Kredit Rumah Syariah

Leave a Reply