Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Agen Perumahan Terpercaya

Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Agen Perumahan Terpercaya
Sumber : Envato

Membeli rumah impian tak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab itu, banyak orang menggunakan jasa agen properti atau perumahan. Sayangnya, hal ini juga membuka kesempatan bagi agen nakal untuk melakukan penipuan. Untuk menghindari risiko tersebut, wajib bagi Anda untuk mengetahui tips memilih agen perumahan terpercaya berikut ini.

Tips Memilih Agen Perumahan yang Terpercaya

Menggunakan jasa agen perumahan tak hanya memudahkan Anda dalam mendapatkan hunian impian. Asalkan agen tersebut profesional dan berkualitas, Anda juga akan terhindar dari risiko penipuan. 

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah agen tersebut benar-benar berkualitas atau tidak. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih agen dari kantor agen properti profesional

Bisnis agen properti kian menjamur di Indonesia. Menurut data Asosiasi Real Estat Broker Indonesia (AREBI), tercatat ada lebih dari 1.200 kantor agen properti dengan jumlah agen mencapai 25.000 orang per November 2020.

Dari data tersebut, hanya sekitar 401 kantor agen yang sudah mengantongi Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (SIU-P4). Surat ini merupakan izin resmi dari Direktur Bina Usaha dan Pendaftaran Perusahaan di Kemendag untuk melaksanakan kegiatan perantaraan jual beli properti.

Dengan kata lain, masih banyak kantor agen properti yang belum memiliki surat izin usaha. Meskipun beberapa sudah terdaftar di AREBI, bukan berarti Anda bisa langsung memilih agen dari kantor-kantor tersebut. 

Memang, AREBI sudah mendapatkan pengakuan dari pemerintah Indonesia. Namun kantor agen yang sudah memiliki SIU-P4 jelas lebih bisa dipercaya. Pastikan juga jika agen yang akan Anda pilih benar-benar bekerja dan terdaftar di kantor agen tersebut. Informasi seperti ini biasanya bisa Anda temukan lewat situs web milik kantor agen terkait.

2. Cari tahu profil agen

Memilih agen perumahan terpercaya bisa dilihat dari profil online agen tersebut. Anda bisa mengeceknya melalui akun media sosial atau situs web kantor tempat mereka bekerja. Hal ini guna mengetahui rekam jejak agen yang bersangkutan. Termasuk mengetahui listing dan prestasi mereka.

Listing yang dimiliki agen bisa menjadi acuan bahwa agen tersebut mempunyai banyak koneksi dan sudah berpengalaman. Agen-agen di kantor properti yang terpercaya umumnya selalu dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. 

Semua prestasi dari setiap agen biasanya akan diunggah ke akun media sosial dan situs web resmi guna menciptakan transparansi kerja. Nah, lewat kedua platform tersebut, Anda bisa mengetahui tingkat profesionalitas seorang agen. 

Sebagai catatan, jangan hanya mengecek media sosial milik agen saja. Beberapa agen nakal biasanya memasukkan listing agen lain ke akun mereka. Agar lebih yakin, cek pula situs web milik kantor dari agen tersebut. Jika nama agen terkait tidak ada di website, sebaiknya Anda menghindari agen tersebut.

3. Pilih agen yang memahami kebutuhan klien

Agen perumahan terpercaya adalah agen yang mampu memahami kebutuhan klien. Bukan agen profesional namanya jika memaksa klien untuk membeli properti di listing-nya. Sebab, hal tersebut sudah dikategorikan melanggar kode etik profesional agen properti.

Agen yang profesional dan bisa dipercaya adalah agen yang bisa bertindak sebagai konsultan dan problem solver. Bukan memaksa untuk membeli, tetapi membantu Anda mencari properti yang sesuai kebutuhan. Untuk itu, Anda harus lebih proaktif menyampaikan seperti apa hunian impian yang benar-benar diinginkan.

Jika agen tersebut memang profesional, pasti bisa mendengarkan kebutuhan Anda. Namun, jika agen terkait cenderung lebih banyak menyampaikan informasi yang tidak relevan, Anda wajib berhati-hati. 

4. Utamakan agen dengan product knowledge yang baik

Memilih agen perumahan terpercaya tak hanya dilihat dari lisensinya saja, tetapi juga dari kemampuan riilnya. Kemampuan yang dimaksud adalah seberapa luas pengetahuan agen tersebut mengenai jenis properti yang menjadi spesialisasinya. Misalnya Anda berencana mencari perumahan, maka carilah agen properti dengan spesialis perumahan.

Agen perumahan yang profesional pasti memiliki pengetahuan yang mendalam terkait lokasi perumahan, mobilitas, suasana, fasilitas, dan detail lainnya. Tentunya agen tersebut juga dapat menjelaskan semuanya dengan terperinci dan mudah dipahami. Pasalnya, tak semua klien tahu betul apa yang mereka inginkan.

Agen properti profesional juga sudah selayaknya mengetahui tren properti terkini, mulai dari desain hingga fasilitas penunjang. Dengan begitu, Anda sebagai klien bisa mendapatkan pilihan yang beragam dan sesuai dengan kebutuhan tanpa harus melakukan riset sendiri.

5. Minta referensi dari orang terpercaya

Tips terakhir untuk mendapatkan agen perumahan terpercaya adalah dengan meminta referensi dari orang terpercaya. Anda bisa meminta rekomendasi dari kerabat atau teman yang pernah melakukan jual beli properti, khususnya unit di perumahan, lewat agen.

Alangkah baiknya jika Anda meminta rekomendasi ke lebih dari satu orang agar bisa membandingkan mana agen yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari referensi tersebut, Anda akan lebih yakin dengan kredibilitas agen terkait. Sebab, penilaian tersebut berasal dari pengalaman pribadi bukan karena promosi di platform online.

Itu tadi tips memilih agen perumahan terpercaya. Jangan gegabah dalam memilih agen, pastikan Anda sudah menelusuri rekam jejaknya terlebih dahulu sebelum memutuskan. Sekiranya Anda sudah yakin mau beli rumah tapi dana masih kurang, Anda bisa mengajukan pembiayaan ke Dana Syariah.

Bersama Dana Syariah, Anda bisa mendapatkan kemudahaan pembiayaan dengan mudah, berkah, dan aman. Yuk, gabung sekarang!

Leave a Reply