Punya Rumah Bukan Impian Lagi Berkat 7 Tips KPR Anti Tertolak Ini

Pengaruh Ekonomi Terhadap Pasar Properti Berbasis Syariah
Sumber : Envato

Tahukah kamu? Ternyata pengajuan permintaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bisa mendapat penolakan dari pihak bank. Ada berbagai faktor yang bisa membuat pengajuan KPR ditolak, dimulai dari usia, jumlah penghasilan, jenis pekerjaan, hingga aspek lainnya yang tidak memenuhi syarat pengajuan KPR. Apa saja yang menyebabkan ditolaknya pengajuan KPR? Lalu, bagaimana tips KPR anti tertolak? Simak informasi selengkapnya di bawah ini, ya, guys

Tips KPR Anti Tertolak
Sumber : Envato

Apa Saja yang Menyebabkan Pengajuan KPR Ditolak?

Di bawah ini beberapa faktor penyebab pengajuan KPR ditolak yang perlu kamu ketahui:

  • Nama pemohon KPR sudah termasuk ke dalam blacklist di BI Checking karena adanya riwayat kredit yang buruk di masa lalu. 
  • Penghasilan per bulan relatif kurang untuk dapat melunasi cicilan KPR. 
  • Usia pemohon KPR yang sudah melampaui batas maksimal pada akhir masa tenor. 
  • Pemohon masih memiliki cicilan lain yang belum dilunasi dan jika ditambahkan dengan angsuran KPR akan menghabiskan 30 hingga 40 persen total gaji pemohon.
  • DP (down payment) atau uang muka yang dibayarkan oleh nasabah dinilai kurang. 
  • Status mata pencarian yang tidak memenuhi syarat-syarat pengajuan KPR. Biasanya, pegawai tetap di sebuah perusahaan maupun PNS (Pegawai Negeri Sipil) dapat dengan mudah disetujui permohonan KPR-nya oleh pihak bank. 
  • Terdapatnya kesalahan pada data diri pemohon atau berkas dokumen persyaratan yang tidak lengkap.
  • Lokasi rumah KPR tidak strategis (terlalu jauh dari akses jalanan umum), rawan musibah, dan tidak jauh dari pemakaman atau bantaran sungai. 

Bagaimana caranya agar pengajuan KPR diterima pihak bank? Di bawah ini akan dibahas tujuh tips KPR anti tertolak yang bisa kamu pelajari.

7 Tips KPR Anti Tertolak Ini Bisa Bantu Perbaiki Pengajuan KPR-mu

Jika pengajuan kredit rumahmu pernah ditolak, jangan berkecil hati dahulu. Coba lagi di lain waktu. Untuk itu, pelajari dahulu tujuh tips kpr disetujui bank berikut ini:

1. Evaluasi Diri dan Cari Tahu Mengapa Pengajuan KPR Ditolak Bank

Tips KPR anti tertolak yang pertama adalah mengevaluasi faktor penyebab permohonan KPR ditolak bank. Daripada penasaran, kamu juga bisa menanyakan kepada pihak bank secara langsung alasan mereka menolak permohonanmu. Dengan demikian, kamu bisa memperbaiki apa yang kurang untuk pengajuan KPR berikutnya. 

2. Hilangkan Namamu dari Daftar Blacklist BI

Seluruh transaksi perkreditan setiap nasabah akan masuk ke dalam catatan BI Checking (kini berganti nama menjadi IDI Historis di SLIK OJK). Dengan kata lain, jika kamu mengalami kredit macet atau masih berutang pada suatu bank atau perusahaan pendanaan dan pinjaman legal, namamu akan selalu ada pada daftar blacklist di BI. Sebaiknya lunasi dahulu semua utang yang ada saat ini, dengan begitu namamu akan menjadi bersih dari reputasi buruk di BI.

3. Atur Pengelolaan Utang Sebijak dan Seaman Mungkin

Tips kredit rumah yang dijamin tak akan ditolak bank berikutnya ialah mengelola keuangan dan utang-piutang sebijak mungkin. Usahakan semua cicilan barang seperti ponsel, TV, kendaraan, dan lainnya tetap lancar. Jangan menambah utang cicilan yang baru dan lunasi utang yang sudah menumpuk. Perlu diketahui, porsi utang yang ideal jangan sampai melampaui 30 persen penghasilanmu per bulan. 

4. Pilih Rumah Sesuai Kapasitas Bujet

Jadilah realistis dalam memilih tipe rumah. Artinya, sesuaikan pilihan rumah dengan kapasitas keuanganmu. Jika harga rumah jauh melebihi besaran gajimu per bulan, tentu saja bank akan menolak permohonan KPR-mu.

5. Jangan Mengajukan KPR Kepada Satu Bank Saja

Berikutnya, tips KPR anti tertolak lainnya adalah mengajukan permohonan KPR ke bank lainnya. Namun, sebelumnya, pastikan semua berkas dokumen persyaratan sudah lengkap dan semua utang telah dilunasi. 

6. Cari Cara Alternatif Lain untuk Mendapatkan Hunian

Kamu juga bisa membeli rumah KPR via developer langsung, loh! Skema yang diaplikasikan adalah mengangsur rumah dengan uang tunai atau secara bertahap. Besaran cicilan per bulan dan tenornya biasanya akan ditentukan oleh pihak pengembang. Cara ini biasanya juga lebih murah dibandingkan KPR biasa. Namun, pastikan kamu menemukan developer tepercaya. 

7. Tunggu Waktu Lain yang Tepat untuk Kembali Mengajukan KPR

Saat permohonan KPR ditolak, dunia belum kiamat. Kamu bisa coba lagi sekitar tiga bulan ke depannya. Selagi menunggu waktu untuk mengajukan kembali KPR ke pihak bank, perbaiki reputasi di catatan kredit BI dan lengkapi semua dokumen yang diperlukan.

Semoga tips KPR anti tertolak di atas bermanfaat. Selain mengajukan KPR, membangun sendiri rumah impianmu bisa menjadi alternatif yang bisa dipertimbangkan. Pasalnya, saat ini ada layanan pendanaan pembangunan perumahan syariah dari Dana Syariah yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun rumah idaman, tanpa riba pula!

Tips KPR anti tertolak

Leave a Reply