Baru Beli Rumah? Ini 7 Tips Memilih Furnitur Murah Bujet

Baru Beli Rumah? Ini 7 Tips Memilih Furnitur Murah Bujet
Sumber : Pexels

Bagi yang baru saja memiliki rumah sendiri untuk yang pertama kalinya, pasti sudah tidak sabar untuk segera menempatinya. Namun sebelum itu, kamu harus mempersiapkan furnitur apa saja untuk mengisi rumah kamu. Sebab, perabotan adalah bagian penting yang dapat mempercantik hunian. Di samping itu juga dapat menunjang aktivitas para penghuni rumah.

Dalam memilih furnitur, jelas tak boleh asal pilih. Harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kamu. Pasalnya, harga furnitur relatif tinggi dan harga mahal belum tentu sebanding dengan kualitasnya. Untuk itu, simak terus artikel kali ini untuk tahu bagaimana caranya mendapatkan furnitur murah.

7 Tips Membeli Furnitur Murah dan Berkualitas

Tips Memilih Furnitur
Sumber : Pexels

Pilihan furnitur sangatlah bervariasi, baik dari segi model, bahan dasar hingga warna. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan furnitur murah tapi tetap berkualitas.

1. Tentukan berapa bujet untuk beli furnitur

Pada dasarnya, furnitur adalah salah satu bentuk pengeluaran terbesar dalam sebuah hunian. Agar kantong tidak jebol, disarankan untuk menentukan berapa anggaran yang mau kamu gunakan untuk furnitur. Tentukan pula berapa jenis furnitur yang ingin kamu beli. Usahakan untuk tidak membeli lebih banyak furnitur dari yang sudah kamu rencanakan.

Setiap jenis furnitur harus ada batas anggarannya. Alasannya tentu agar dompet tidak jebol. Lalu, bagaimana kalau anggarannya terbatas dan malah dapat furnitur ‘murahan’? Eits, hal ini tidak selalu mutlak, ya. Ada banyak kok pilihan furnitur terjangkau dengan kualitas yang dapat diandalkan.

Sebagai contoh, kamu ingin membeli meja makan berbahan kayu asli karena durabilitasnya yang tinggi. Bisa saja lho kamu memilih meja dari kayu jati. Hanya saja, kayu jati adalah kayu premium yang tentu saja sepadan dengan harganya. 

Sebagai alternatif, kamu bisa memilih meja berbahan kayu mahoni, trembesi, mindi atau merbau. Kelima jenis kayu ini membuat furnitur tampak lebih premium dengan harga yang lebih terjangkau dari kayu jati.

2. Catat furnitur apa saja yang dibutuhkan

Tips selanjutnya dalam memilih furnitur murah adalah dengan mencatat apa saja yang kamu butuhkan. Jangan membeli furnitur karena keinginan semata. Hindari pula membeli furnitur yang fungsinya tidak begitu signifikan. Ingat, furnitur itu mahal dan akan sangat disayangkan bila furnitur yang sudah kamu beli tidak benar-benar digunakan.

Untuk itu, coba daftar semua jenis perkakas yang benar-benar dibutuhkan dalam suatu hunian. Misalnya saja, sofa untuk ruang tamu atau keluarga jelas lebih penting dibanding coffee table. Kemudian tempat tidur untuk bagian kamar utama pastinya juga menjadi jenis furnitur yang paling penting.

Jika furnitur pokok sudah terbeli semuanya baru kemudian membeli perabotan sekunder. Jangan langsung membeli semuanya, ya. Lakukan secara bertahap dengan menggunakan skala prioritas agar tidak mengganggu keuangan kamu.

3. Lakukan riset harga barang

Sudah punya daftar perabot yang mau kamu beli? Jangan buru-buru langsung ke toko furnitur atau beli di marketplace. Lakukan survei harga terlebih dahulu agar mendapatkan furnitur dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin.

Untuk melakukan survei harga, kamu bisa mencari-cari informasi melalui internet. Gunakan situs-situs marketplace juga untuk mencari referensi harga dari setiap merek. Semakin premium suatu merek furnitur, tentu semakin mahal. 

Kamu juga bisa melakukan survei harga lewat media sosial. Tak sedikit kok toko mebel yang sudah go digital agar calon konsumen bisa mendapatkan informasi produk dengan mudah. Biasanya mereka juga menyertakan nomor kontak yang bisa kamu hubungi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan info lebih lanjut mengenai suatu produk sebelum pergi ke toko terkait.

4. Pilih produk minimalis dan multifungsi

Perabot minimalis umumnya lebih terjangkau karena tidak memiliki terlalu banyak ornamen. Kamu bisa mempertimbangkan jenis furnitur seperti ini untuk mempercantik hunian kamu dengan hemat.

Selain minimalis, pilih juga furnitur yang multifungsi. Sebagai contoh, kabinet dapur yang menyatu dengan meja makan. Contoh lainnya adalah sofa bed yang dapat dijadikan tempat duduk sekaligus ranjang.

Tipe perabot dengan fungsi ganda tak hanya membuat kamu hemat pengeluaran namun juga menghemat ruang. Apalagi kalau kamu tinggal di rumah yang kecil, tentu harus pintar-pintar menata ruang agar terkesan longgar. Untuk itu, coba pertimbangkan untuk menggunakan furnitur multifungsi.

5. Beli furnitur saat ada promo

Cara selanjutnya adalah dengan membeli furnitur saat ada obral atau promo besar-besaran. Kalau kamu cek toko furnitur di marketplace, mereka kerap menawarkan promo terutama pada hari-hari spesial. Dengan cara ini, kamu bakal punya sisa anggaran yang bisa digunakan untuk membeli perabotan sekunder.

Meski ada harga promo, sebagai pembeli kamu tetap harus memastikan bahwa harga yang ditawarkan benar-benar terjangkau. Kamu bisa membandingkannya dengan toko-toko lain melalui internet.

Saat ini tidak sedikit toko furnitur yang bermain dengan cara curang. Kesannya mereka menawarkan harga promo, tapi pada kenyataannya sama sekali tidak ada diskon. Harga yang ditawarkan biasanya adalah harga normal produk yang dinaikkan sebelum seolah-olah didiskon.

6. Beli langsung di toko furnitur

Di era serba digital seperti sekarang ini, hampir semua kebutuhan hidup dapat dibeli melalui internet. Tak terkecuali perabot rumah yang tinggal klik, bayar, dan tunggu barang dikirimkan. Namun kalau kamu mau mendapatkan penawaran terbaik, ada baiknya kamu datang langsung ke toko furnitur.

Kalau beli langsung, umumnya toko akan memberikan berbagai promo menarik. Contohnya kupon pembelian yang dapat digunakan bila nanti kamu mau membeli furnitur lagi. Hal ini tentunya akan sangat membantu kamu untuk menghemat anggaran. 

Di sisi lain, kamu bisa menemukan produk dengan harga kompetitif. Apalagi kalau kamu datang ke toko yang tidak menawarkan harga tetap. Kamu bisa melakukan negosiasi sampai mendapatkan harga yang benar-benar murah.

7. Beli furnitur bekas

Cara terakhir adalah dengan membeli furnitur bekas. Banyak toko-toko furnitur yang menawarkan perabot bekas dengan harga miring dan kualitas boleh diadu. Meski murah, kamu tetap harus cermat saat memilih produk furnitur bekas.

Pastikan tidak ada sedikit pun kerusakan pada produk. Jika memungkinkan, tes kualitas perabot yang mau kamu beli. Jangan sampai menyesal sudah beli karena ternyata produk tersebut tidak berfungsi secara semestinya.

Dengan membeli furnitur bekas, kamu bisa mendapatkan model furnitur yang klasik atau retro. Gaya-gaya furnitur semacam ini sedang ngetren di kalangan rumah tangga milenial. Kalau bingung mau cari perabot bekas di mana, coba cari melalui internet. Siapa tahu kamu menemukan toko yang ternyata tak jauh dari tempat tinggal kamu.

Itu tadi beberapa tips memilih furnitur murah dan berkualitas untuk mempercantik hunian kamu. Ingat, belilah furnitur yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Jangan membeli furnitur hanya karena keinginan. Selain itu, utamakan perabot yang sifatnya pokok dan belilah secara bertahap.

Leave a Reply