Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Perusahaan Konstruksi

Dalam dunia properti, perusahaan konstruksi atau jasa kontraktor memainkan peran yang cukup krusial. Dibandingkan dengan industri lain, bisnis konstruksi juga termasuk paling dinamis, terlebih di negara berkembang seperti Indonesia. Tingkat pembangunan membuat jenis perusahaan ini selalu dibutuhkan masyarakat.

Tidak hanya untuk proyek umum, proyek pribadi seperti membangun hunian impian juga kerap membutuhkan jasa kontraktor. Sayangnya, tidak semua penyedia jasa memberikan pelayanan yang optimal. Sebab itu, penting untuk tahu caranya memilih jasa kontraktor yang tepat. Nah, ini akan kita ulas dalam artikel kali ini. Namun sebelumnya, simak dahulu pengertian dari jasa konstruksi.

Apa Itu Perusahaan Konstruksi?

Sumber : Pixabay

Sesuai namanya, perusahaan konstruksi adalah badan usaha di bidang bangunan, sarana, infrastruktur, serta prasarana fisik yang ditujukan untuk masyarakat, seperti gedung perkantoran, jalan raya, gedung perbelanjaan, dan lain sebagainya. Pengerjaannya pun harus sesuai dengan regulasi, konsep, dan hukum yang berlaku di masing-masing daerah.

Selain mengerjakan infrastruktur umum, jasa kontraktor juga kerap dikontrak oleh perorangan. Umumnya adalah untuk mengerjakan hunian tinggal. Proses kerja sama antara kontraktor dengan klien harus diikat dengan perjanjian yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Di Indonesia, ada sekitar 203.403 jasa kontraktor yang tersebar di seluruh provinsi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilaporkan oleh Katadata, jumlah terbanyak ada di Pulau Jawa, yakni sekitar 77.116 badan usaha.

Melihat angka sebanyak itu, tak heran bila banyak orang yang kerap bingung dalam memilih jasa konstruksi bangunan. Sebenarnya bisa-bisa saja meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat atau mungkin mencari di internet. Akan tetapi, ada banyak faktor krusial yang perlu dipikirkan sendiri dengan matang sebelum menentukan pilihan.

Tips Memilih Perusahaan Konstruksi

Sumber : Pixabay

Agar tidak salah pilih atau bahkan menyesal, berikut ada sejumlah tips singkat dalam memilih kontraktor untuk mewujudkan rumah impian kamu. Yuk, simak!

1. Selidiki kontraktor yang akan dipilih

Pertama dan yang paling utama adalah mencari informasi sedetail-detailnya mengenai kontraktor yang mau kamu gunakan jasanya. Cari tahu sudah berapa banyak proyek yang dikerjakan dan seperti apa jenis proyeknya.

Dalam hal ini, kamu tentunya harus memanfaatkan peran internet. Kontraktor yang tepercaya pasti memiliki eksistensi di internet, seperti media sosial atau memiliki situs bisnis sendiri. Kalau merasa kurang yakin, upayakan untuk datang langsung ke kantornya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui langsung bagaimana kualitas kinerja kontraktor.

Di samping itu, kamu juga bisa bertanya terperinci mengenai sistem layanan yang ditawarkan pihak jasa konstruksi bangunan. Namun, untuk mendapatkan pandangan yang objektif, cari tahu kemampuan kontraktor tersebut melalui orang-orang yang sudah menggunakan jasanya.

Lagi pula, kontraktor yang berkualitas tidak bisa lepas dari testimoni klien. Testimoni ini bisa kamu dapatkan melalui media sosial kontraktor terkait. Umumnya, mereka mencantumkan testimonial untuk membuktikan kualitas hasil pekerjaan mereka.

2. Cek legalitas kontraktor

Saat mencari informasi mengenai kontraktor yang mau kamu rekrut, jangan lupa untuk mengecek legalitasnya. Kontraktor yang kredibel umumnya memiliki situs web resmi yang bisa kamu kunjungi.

Nah, dalam situs tersebut biasanya ditampilkan izin usaha maupun Sertifikat Badan Usaha Konstruksi (SBUK). Adanya izin usaha menunjukkan bahwa kontraktor tersebut sudah memiliki izin resmi dari Pemerintah Daerah di mana perusahaan didirikan. Sementara SBUK diterbitkan oleh OSS RBA lewat Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU).

SBUK merupakan bukti pengakuan atas kualifikasi dan juga klasifikasi kemampuan perusahaan konstruksi terkait. Bila sudah memiliki keduanya, berarti kontraktor tersebut memiliki layanan yang memuaskan dan bisa dipertimbangkan untuk kamu pilih.

3. Pastikan kontraktor kredibel dan memberikan garansi

Membangun rumah tinggal dari nol memiliki banyak risiko. Agar tidak menyesal di kemudian hari, wajib hukumnya untuk memilih kontraktor yang kredibel. Eitss, bukan hanya tepercaya, tetapi juga harus berani memberikan garansi. 

Garansi berguna sebagai jaminan bila terjadi sesuatu pada bangunan yang dikerjakan pihak kontraktor. Misalnya, desain arsitektur rumah tidak sesuai dengan apa yang ada pada blueprint atau jenis konstruksi tidak sesuai dengan jenis bangunan. Untuk itu, tanyakan pada kontraktor terkait mengenai sistem garansi mereka. Jangan sampai memilih yang tidak menawarkan garansi.

Untuk masalah kredibel atau tidaknya suatu perusahaan jasa konstruksi, kamu bisa melihatnya dari layanan dan hasil pekerjaan mereka. Testimoni klien juga memainkan peran penting di sini. Makin banyak klien yang memberikan ulasan positif, makin bisa dipercaya pula kontraktor tersebut.

4. Pahami sistem layanan dan spesialisasinya

Tips berikutnya adalah mempelajari bagaimana layanan kontraktor yang mau kamu pilih. Bisa dibilang bagus bila kontraktor memiliki kontak yang jelas dan mudah dihubungi. Pelayanan juga bisa dilihat dari pekerja lapangan yang diperkerjakan oleh kontraktor terkait. Cari tahu bagaimana cara mereka memantau pekerjaan lapangan.

Pokoknya, jangan mempercayakan proses pembangunan rumah impian kamu dengan kontraktor asal-asalan. Kontraktor yang kompeten pasti sudah bisa memperkirakan kapan proyek akan selesai.

Selain dari layanan yang diberikan, spesialisasi kontraktor juga wajib untuk dipertimbangkan. Spesialiasi yang dimaksud di sini adalah pihak kontraktor tersebut lebih terbiasa menangani proyek seperti apa. 

Sebagai contoh, kamu ingin memiliki hunian dengan arsitektur modern, seperti minimalis atau industrial. Maka kamu disarankan untuk memilih perusahaan jasa konstruksi yang memang ahli dalam gaya arsitektur tersebut. 

5. Pastikan penawaran harganya pas

Setiap kontraktor mematok harga yang berbeda-beda. Agar kamu tidak dirugikan, lakukan survei singkat mengenai harga pasaran kontraktor di daerah di mana kamu mau membangun rumah. Jangan memilih yang mahal, tetapi juga jangan memilih yang terlalu murah. Bila harga yang ditawarkan di bawah rata-rata pasar, kemungkinan hasil pekerjaannya kurang memuaskan. 

Kuncinya adalah harga harus sesuai dengan kualitas dari hasil pekerjaan. Untuk mengetahui wajar atau tidaknya harga yang ditawarkan, kamu bisa mendiskusikan rencana anggaran dan biaya (RAB) dengan perusahaan konstruksi terkait.

Untuk mencegah kecurangan, ada baiknya kamu juga membuat perjanjian di atas kertas, lebih tepatnya Surat Perjanjian Kerja (SPK). Surat ini harus mencantumkan informasi rinci mengenai jumlah jam kerja dan harga yang telah disepakati kedua belah pihak. 

Selain itu juga harus menyertakan meterai 6.000 dan tanda tangan dari kamu selaku klien dan pihak kontraktor. Lebih lanjut, SPK wajib rangkap dua agar kedua belah pihak memilikinya. Surat ini juga berguna untuk mencegah terjadinya keterlambatan proses pengerjaan.

Pokoknya sebagai calon klien, kamu harus menjadi konsumen yang aktif. Luangkan waktu untuk datang langsung ke proyek untuk mengawasi bagaimana kinerja kontraktor. Meskipun pihak kontraktor sudah memiliki orang kepercayaan untuk melakukan supervisi, sebaiknya kamu juga ikut turun langsung.

Demikian tips memilih perusahaan konstruksi untuk mewujudkan hunian impian kamu. Tips di atas tak hanya untuk membangun rumah dari nol, untuk renovasi pun juga bisa. Apalagi buat kamu yang mau beli rumah second, pasti ada bagian-bagian yang mau kamu renovasi.

Kalau sudah mengincar rumah, tetapi dana masih belum cukup, ajukan pembiayaan saja lewat Dana Rumah. Layanan dari Danasyariah ini bisa kamu gunakan untuk membiayai kepemilikan hunian impian dengan skema syariah. Selain itu, layanan ini bisa dimanfaatkan oleh nonkaryawan atau nonfixed income. Menarik kan? Jadi, tunggu apa lagi, yuk ajukan pembiayaan sekarang!

Leave a Reply