5 Tips Menata Apartemen Sempit Menjadi Lebih Luas

Beberapa pekerja atau mahasiswa di kota-kota besar terkadang memilih untuk tinggal di apartemen dibanding indekos di rumah tapak. Namun tinggal di apartemen juga ada kekurangannya, terutama bila luas apartemen yang ditempati terbatas. Terkadang penghuninya bingung mau meletakkan perabotan di mana.

Tak perlu pusing, apartemen yang sempit pada dasarnya bisa ditata ulang agar terlihat lebih luas. Mau tahu bagaimana caranya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Kesalahan Saat Menata Apartemen

Tips Menata Apartemen

Sebelum membahas cara-cara untuk menata ulang apartemen yang sempit agar terlihat lebih luas, penting untuk mengetahui beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat menata ruang sempit.

1. Salah membeli ukuran furnitur

Salah satu kesalahan yang kerap terjadi dalam penataan ruang adalah salah dalam membeli ukuran furnitur. Melansir laman Express, mengisi ruangan dengan furnitur yang terlalu besar atau kecil bisa membuat ruangan terkesan berantakan. Terlebih untuk ruangan yang sempit, furnitur dengan ukuran yang terlalu besar bisa membuat ruangan makin sempit.

2. Terlalu banyak warna

Penggunaan banyak warna dalam satu ruangan juga bisa membuat ruangan terkesan berantakan dan sempit. Jadi, ada baiknya untuk menggunakan satu palet warna yang dapat membuat ruangan terkesan lebih luas.

3. Terlalu banyak barang

Menempatkan terlalu banyak barang di dalam ruangan yang luasnya terbatas tentunya akan membuat ruangan tersebut makin terlihat sempit dan bahkan berantakan. Untuk itu, bagi yang tinggal di apartemen sempit, ada baiknya untuk lebih selektif dalam membawa atau membeli barang.

4. Furnitur tidak ergonomis

Kesalahan selanjutnya yang kerap terjadi saat menata ruang sempit adalah pemilihan furnitur yang kurang ergonomis. Furnitur dengan satu fungsi saja hanya akan membuat ruangan kurang efisien. Untuk itu, pilihlah furnitur yang memiliki fungsi ganda, seperti meja makan bisa merangkap sebagai meja kerja.

5 Tips Mengatur Apartemen Sempit Agar Terlihat Luas

Tips Menata Apartemen

Bagaimana, sudah paham kan apa saja kesalahan dalam menata ruangan yang sempit? Nah, sekarang saatnya untuk mempelajari tips-tips praktis dalam menata apartemen sempit agar terlihat lebih luas.

1. Melakukan decluttering

Decluttering dapat dijelaskan sebagai proses mengorganisasi, mengurangi, dan menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak digunakan dalam suatu lingkungan, seperti ruang kerja, rumah, atau kantor. Tujuan utama dari tindakan ini tentunya adalah untuk menciptakan ruang yang lebih tertata, rapi, dan bisa mengurangi stres karena ruang yang sempit atau berantakan.

Melansir laman Realhomes, cara terbaik untuk menata apartemen yang sempit adalah dengan melakukan decluttering. Keluarkan semua barang yang kamu punya lalu pilih mana yang masih memiliki nilai guna dan mana yang tidak. Pikirkan pula berapa banyak barang yang kamu punya dan bandingkan dengan ukuran apartemen yang kamu tempati saat ini.

Bila ada barang yang sudah tidak layak pakai, kamu bisa membuangnya. Namun bila ada barang yang masih layak pakai, seperti pakaian, buku, dan perabotan, tetapi kamu sudah tidak mau memakainya, kamu bisa menjualnya kembali atau didonasikan.

2. Gunakan furnitur multifungsi

Furnitur multifungsi merupakan solusi ideal buat kamu yang tinggal di apartemen sempit. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan sofa bed yang bisa digunakan sebagai tempat duduk sekaligus tempat tidur. Contoh lainnya adalah meja lipat yang bisa dipakai untuk meja kerja dan meja makan.

Menggunakan furnitur multifungsi yang memiliki fungsi ganda atau lebih tak hanya akan menghemat ruang. Furnitur ini juga bisa menambah kenyamanan ruang dan menciptakan efisiensi dalam penggunaan ruang.

Selain dari contoh yang sudah disebutkan, masih banyak jenis furnitur multifungsi lainnya. Misalnya tempat tidur dengan laci di bawahnya yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti sepatu dan pakaian. Contoh lainnya adalah meja kopi dengan laci yang bisa dipakai untuk menyimpan buku atau pernak-pernik lainnya.

3. Gunakan cermin

Cermin tak hanya digunakan untuk berkaca tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Memasang cermin besar pada dinding atau menggunakan lemari dengan cermin bisa membuat apartemen yang sempit terlihat lebih luas.

Keberadaan cermin juga bisa membuat ruangan tampak lebih terang karena memantulkan cahaya alami maupun buatan. Sebab itu, ruangan menjadi tampak lebih lapang dan tidak sumpek. Kamu juga bisa menempatkan cermin berlawanan dengan jendela agar bisa memantulkan pemandangan di luar dan membuat ruangan terkesan lebih luas.

4. Ciptakan ruang vertikal

Menciptakan ruang vertikal bisa menjadi salah satu cara praktis untuk membuat apartemen sempit terkesan lebih luas. Ruang vertikal di sini adalah meletakkan lemari dengan banyak kompartemen atau memasang rak dinding.

Cara ini dapat membantu kamu menghemat ruang pada lantai dan menciptakan lebih banyak tempat untuk menyimpan barang tanpa harus membuat ruangan terasa makin sempit. Contohnya rak dinding, kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan buku, meletakkan dekorasi, atau menyimpan barang-barang kecil yang selalu kamu butuhkan tetapi sering membuat ruangan terlihat tidak rapi.

Kamu juga bisa memasang rak gantung di area kamar mandi atau dapur. Furnitur ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan peralatan dan perlengkapan dapur atau kamar mandi agar terlihat lebih rapi dan mudah dicari saat dibutuhkan.

5. Meletakkan tanaman hias kecil

Hanya karena apartemen kamu sempit, bukan berarti kamu tidak bisa menambah dekorasi ruangan. Salah satu jenis dekorasi yang cocok untuk ruangan sempit adalah tanaman hias hijau kecil. Kamu bisa meletakkannya di sudut ruangan atau bahkan di atas meja agar ruangan terlihat lebih hidup.

Pilih pula tanaman yang mudah dirawat dan memang cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan yang minim cahaya serta tidak membutuhkan banyak air. Contoh dari tanaman yang dimaksud antara lain kaktus, pothos, atau sukulen. Selain membuat ruangan terasa lebih hidup, tanaman hias di dalam ruangan juga bisa membuat ruangan terlihat lebih sedap dipandang mata sekalipun sempit.

Nah, itulah beberapa tips singkat untuk membuat apartemen sempit terasa lebih luas. Pilihan furnitur yang tepat, penggunaan cermin, optimalisasi ruang vertikal, dan dekorasi dengan tanaman hias bisa membuat ruangan sempit terasa lebih luas dan nyaman untuk ditinggali.

Namun dari semua poin di atas, yang terpenting dalam menata apartemen atau ruangan sempit adalah dengan melakukan decluttering. Decluttering merupakan langkah pertama dan krusial yang dapat membantu kamu mengubah ruangan yang terasa sempit menjadi lebih longgar. Baru setelah itu, kamu bisa menerapkan tips-tips berikutnya dalam menata ruang sempit.

Leave a Reply